home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Gejala Kanker Tiroid, Sebagian Sering Dianggap Kondisi Tidak Berbahaya

7 Gejala Kanker Tiroid, Sebagian Sering Dianggap Kondisi Tidak Berbahaya

Penyakit kanker bisa menyerang bagian mana pun pada tubuh Anda, salah satunya pada sel kelenjar tiroid. Nah, kanker bisa muncul pertama kali pada sel folikel, sel C (sel parafollicular), atau pada kasus yang jarang pada sel pendukung (stroma) dan sel sistem kekebalan tubuh (limfosit). Lantas, apa saja gejala yang biasanya umum terjadi pada pasien kanker tiroid? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Gejala kanker tiroid yang perlu Anda waspadai

penyebab kanker tiroid

Kelenjar tiroid berada di bagian depan leher, tepatnya di bawah tulang rawan tiroid atau Anda kenal juga dengan sebutan jakun. Bentuknya mirip kupu-kupu, dengan dua lobus, yakni lobus kanan dan kiri yang dihubungkan dengan kelenjar kecil isthmus.

Sel folikel pada kelenjar tiroid menggunakan yodium dari darah untuk membuat hormon. Kemudian, hormon ini akan tubuh gunakan dalam mengatur metabolisme. Oleh karena itulah, kadar hormonnya harus seimbang.

Jika kadar hormon tiroid terlalu banyak, Anda akan merasakan detak jantung tidak beraturan, sulit tidur, dan berat badan menurun. Di lain sisi, kadar hormon tiroid yang terlalu sedikit bisa membuat Anda merasa lebih mudah lelah, berat badang cenderung naik.

Selain sel folikel, ada juga sel C pada kelenjar tiroid yang berfungsi untuk memproduksi kalsitonin, yakni hormon yang mengontrol tubuh dalam menggunakan kalsium.

Bila kelenjar ini mengalami masalah, misalnya terserang kanker, akan ada gejala yang timbul. Memang pada tahap awal kanker tiroid, kebanyakan orang tidak merasakan gejala yang berarti. Gejalanya baru akan terasa oleh pengidapnya ketika masuk ke tahap lanjut.

Agar lebih jelas, mari bahas satu per satu tanda dan gejala adanya pertumbuhan sel abnormal pada kelenjar tiroid.

1. Muncul benjolan pada leher

Kelenjar tiroid terdapat pada bagian dasar leher Anda. Nah, adanya benjolan pada kelenjar ini sebenarnya tergolong wajar. Namun, 5% dari benjolan yang muncul pada kelenjar tiroid mengindikasikan kanker. Biasanya, benjolan ini lebih sering muncul pada wanita daripada laki-laki.

Benjolan pada leher yang mungkin menjadi tanda atau gejala dari kanker tiroid jika memiliki karakteristik berikut:

  • Terasa keras.
  • Tidak mudah bergerak-gerak.
  • Berubah semakin besar seiring waktu.

Benjolan yang menjadi gejala kanker tiroid ini biasanya tak terasa sakit. Oleh sebab itu, untuk memastikannya, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika muncul benjolan pada leher. Hal ini penting untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda yang sesungguhnya tanpa menduga-duga.

2. Suara serak

Jika Anda sedang serak, suara akan terasa lebih berat, seperti sedang mendesah, atau justru lebih pelan dan rendah. Pada waktu yang bersamaan, tenggorokan terasa gatal saat Anda sedang berbicara dengan suara serak. Nah, hal tersebut bisa saja menjadi gejala kanker tiroid.

Pada dasarnya, suara serak adalah masalah kesehatan yang cukup sering terjadi. Kondisi ini umumnya terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Bahkan, orang yang sedang batuk berdahak biasanya memiliki suara yang lebih serak dari biasanya.

Akan tetapi, jika sedang tidak batuk, dan suara serak lebih dari tiga minggu lamanya, Anda perlu curiga. Segera periksakan kondisi suara ke dokter, karena hal tersebut mungkin salah satu pertanda dari kanker tiroid.

3. Sakit tenggorokan

penyembuhan pengobatan kanker tiroid

Kondisi lain yang patut Anda curigai sebagai gejala kanker tiroid adalah tenggorokan yang terasa sakit. Pada dasarnya, kondisi ini menimbulkan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan. Bahkan, tenggorokan Anda akan semakin terasa sakit saat hendak menelan.

Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus, seperti flu. Namun, jika tenggorokan Anda terasa sakit karena flu, kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Sayangnya, hal tersebut akan berbeda jika sakit tenggorokan yang Anda alami terjadi karena masalah kesehatan lainnya.

Ya, jika mengalami kanker tiroid, rasa sakit pada tenggorokan merupakan salah satu gejala yang perlu menjadi perhatian Anda. Kondisi ini akan semakin parah seiring waktu sehingga Anda akan semakin sulit untuk menelan makanan atau minuman. Segera periksakan ke dokter jika mengalami sakit tenggorokan yang tak kunjung pulih.

4. Sakit leher

Saat leher terasa sakit, Anda mungkin tidak berpikir bahwa hal tersebut bisa menjadi gejala kanker. Namun, ternyata sakit leher adalah salah satu gejala kanker tiroid yang perlu Anda waspadai. Ya, meski terlihat seperti masalah kesehatan biasa, rasa sakit pada leher bisa menjadi indikasi dari sebuah penyakit serius seperti kanker.

Umumnya, leher yang terasa sakit memang terjadi karena ada otot leher yang tertarik. Biasanya, hal tersebut terjadi karena kebiasaan melakukan postur tubuh yang buruk saat sedang duduk atau berdiri. Meski begitu, ada pula beberapa masalah kesehatan yang juga bisa berkaitan dengan sakit leher, seperti osteoarthritis.

Nah, untuk memastikan apakah sakit leher yang Anda alami adalah kondisi umum atau gejala dari kanker tiroid, periksakan kondisi leher ke dokter. Hal ini dapat membantu Anda memastikan mengenai kondisi kesehatan yang sesungguhnya.

5. Kesulitan menelan

Jika Anda tiba-tiba merasa kesulitan saat hendak menelan makanan, kondisi tersebut bisa menjadi salah satu gejala kanker tiroid. Kesulitan menelan biasanya ditandai dengan kondisi berikut:

  • Batuk atau tersedak saat makan atau minum.
  • Makanan yang sudah masuk ke mulut keluar kembali, terkadang juga keluar dari hidung.
  • Muncul sensasi makanan berhenti pada tenggorokan atau dada.
  • Tidak bisa mengunyah makanan dengan baik dan benar.

Anda memang mungkin saja tersedak jika tidak makan dengan baik dan benar. Namun, jika sudah makan dengan perlahan, tetapi masih merasakan gejala-gejala tersebut, Anda mungkin perlu memeriksakan kondisi ini ke dokter.

Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh untuk membantu menentukan apakah kondisi yang Anda alami memang benar gejala dari kanker tiroid.

6. Kesulitan bernapas

obat herbal tradisional sesak napas

Menurut National Health Service, salah satu gejala dari kanker tiroid yang juga perlu Anda perhatikan adalah kesulitan bernapas. Pada dasarnya, kesulitan bernapas bisa terjadi saat Anda tidak mendapatkan cukup udara untuk bernapas, dada terasa sesak, hingga perasaan seolah sedang tercekik.

Kondisi tersebut bisa terjadi akibat berbagai masalah kesehatan. Salah satunya, saat Anda memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Namun, Anda juga bisa saja kesulitan bernapas akibat melakukan aktivitas fisik yang berat, misalnya olahraga dengan intensitas tinggi.

Meski demikian, jika tidak mengalami salah satu dari kondisi yang telah disebutkan di atas dan Anda tetap merasa kesulitan untuk bernapas, ini saatnya untuk memastikan kondisi ke dokter. Bisa jadi, kesulitan bernapas terjadi karena Anda mengalami kanker tiroid.

7. Batuk tanpa diikuti flu

Batuk sangat umum terjadi, dan biasanya bukan pertanda masalah kesehatan serius. Terutama jika Anda sedang mengalami flu. Namun pada beberapa kasus, batuk yang terjadi terus-menerus tanpa diikuti flu bisa menjadi gejala adanya kanker tiroid stadium 4. Ini karena sel kanker sudah menyebar ke organ lain, seperti paru-paru.

Batuk sendiri merupakan refleks tubuh ketika ada lendir, kuman, atau debu yang mengiritasi tenggorokan dan saluran udara. Tubuh juga bisa memunculkan refleks ini ketika ada tumor yang mengganggu jalur dan proses bernapas yang normal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Thyroid cancer. Retrieved 21 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/thyroid-cancer/symptoms-causes/syc-20354161

Signs and Symptoms of Thyroid Cancer. Retrieved 21 May 2021, from https://www.cancer.org/cancer/thyroid-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html

Thyroid Cancer. Retrieved 21 May 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/thyroid-cancer/

Dysphagia (Swallowing Problems). Retrieved 21 May 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/swallowing-problems-dysphagia/

Sore Throat. Retrieved 21 May 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/sore-throat/

Breathing Problems. Retrieved 21 May 2021, from https://www.healthdirect.gov.au/breathing-problems

Neck Pain. Retrieved 21 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/neck-pain/symptoms-causes/syc-20375581

Sore Throat. Retrieved 21 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635

What is Hoarseness? Retrieved 21 May 2021, from https://www.nidcd.nih.gov/health/hoarseness

Symptoms of Thyroid Cancer. Retrieved 21 May 2021, from https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/thyroid-cancer/symptoms.

InformedHealth.org [Internet]. Cologne, Germany: Institute for Quality and Efficiency in Health Care (IQWiG); 2006-. How does the thyroid gland work? 2010 Nov 17 [Updated 2018 Apr 19]. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279388/.

What Is Thyroid Cancer? American Cancer Society. Retrieved 21 May 2021, from https://www.cancer.org/cancer/thyroid-cancer/about/what-is-thyroid-cancer.html.

Signs and Symptoms of Thyroid Cancer. American Cancer Society. Retrieved 21 May 2021, from https://www.cancer.org/cancer/thyroid-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 3 minggu lalu
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x