Kanker Payudara Stadium 2: Tahap, Harapan Hidup, dan Pengobatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/02/2020 . 6 mins read
Bagikan sekarang

Stadium 2 kanker payudara berarti Anda berada di fase pertengahan. Namun, rasa waswas dan berbagai pertanyaan tetap menghantui. Mari simak lebih jelas mengenai tahapan kanker payudara yang satu ini.

Kanker payudara stadium 2 apa bisa sembuh?

Pada tahap ini, perkembangan sel kanker Anda berada di tengah-tengah. Belum dapat digolongkan stadium akhir, tapi memang sudah lewat stadium awalnya.

Saat ini, sel kanker sedang tumbuh dan berkembang dalam jaringan payudara. Kemungkinan penyebarannya mungkin baru sampai ke kelenjar getah bening terdekat.

Dibandingkan stadium di atasnya, tahap ini memiliki kemungkinan sembuh yang lebih tinggi.

Kanker payudara stadium 2 sendiri terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 2A dan 2B. Keduanya dibedakan dari ukuran tumor dan sejauh mana penyebarannya ke kelenjar getah bening.

Stadium 2A

Jika Anda didiagnosis pada tahap ini, ada tiga kemunginan kondisi yang mungkin dialami, yaitu:

  • Tidak ada tumor pada payudara, tetapi ada kurang lebih 4 sel kanker di kelenjar getah bening di dekat ketiak atau tulang dada.
  • Terdapat tumor di payudara yang ukurannya kurang dari 2 cm dan terdapat 4 sel kanker di kelenjar getah bening dekat ketiak atau tulang dada.
  • Terdapat tumor berukuran 2-5 cm dan belum menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya.

Stadium 2B

Pada kanker payudara stadium 2B, kemungkinan kondisi yang dialami, antara lain:

  • Tumor berukuran lebih besar dari 2 cm tetapi tidak lebih besar dari 5 cm. Selain itu, ada area kecil tempat sel kanker berkumpul di kelenjar getah bening.
  • Tumor berukuran lebih besar dari 2 cm tetapi kurang dari 5 cm. Selain itu, kanker telah menyebar ke 1-3 kelenjar getah bening di ketiak atau dekat tulang dada
  • Tumor berkuran lebih besar dari 5 cm dan belum menyebar ke kelenjar getah bening

Harapan hidup kanker payudara stadium 2

Angka harapan hidup menggambarkan berapa besar peluang pengidapnya masih dapat hidup dalam jangka waktu tertentu setelah didiagnosis. Kemungkinan bertahan hidup pasien kanker payudara stadium 2 terbilang cukup tinggi

Menurut Cancer Research UK, tingkat kelangsungan hidup dalam lima tahun setelah terdiagnosis kanker payudara stadium 2 adalah 90% untuk wanita yang telah menyelesaikan pengobatan.

Artinya, 90 orang dari 100 wanita bisa bertahan hidup selama 5 tahun setelah didiagnosis kanker payudara stadium ini dengan bantuan pengobatan.

Namun, perlu diingat juga bahwa angka harapan hidup akan tergantung pada banyak faktor, mulai dari kecepatan penyebaran kanker, usia, kebugaran, ukuran tumor, dan respon tubuh terhadap pengobatan.

Jadi, jangan jadikan ini sebagai patokan pasti karena tidak ada yang pernah tahu soal berapa lama manusia dapat hidup. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah jangan menyerah dalam menjalani pengobatan

Pilihan pengobatan untuk kanker payudara stadium 2

Beberapa cara mengobati kanker payudara stadium 2, antara lain:

Operasi

Untuk tumor yang berukuran kecil, dokter biasanya akan menganjurkan prosedur lumpektomi. Lumpektomi adalah prosedur pengangkatan tumor dan sebagian jaringan yang terkena.

Namun, untuk tumor yang berukuran besar, dokter akan merekomendasikan mastektomi. Mastektomi adalah pengangkatan seluruh jaringan payudara Anda. Selain jaringan payudara, dokter juga bisa mengangkat kelenjar getah bening yang terkena.

Dokter bedah mungkin menyarankan Anda melakukan rekonstruksi payudara bersamaan dengan operasi untuk mengangkat kanker.

Namun, jika Anda perlu menjalani radioterapi kanker payudara setelah operasi, dokter cenderung menyarankan Anda menunda rekonstruksi sampai radioterapi rampung dilakukan.

Terapi radiasi

Terapi radiasi adalah prosedur pengobatan dengan menggunakan sinar X tingkat tinggi. Tujuannya untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin tertinggal selama operasi.

Sinar-X yang ditembakkan tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak terlihat. Radiasi ditujukan langsung pada lokasi tumor, kelenjar getah bening, atau dinding dada. Melalui radioterapi, penyebaran kanker payudara dapat dihentikan dan risiko kekambuhan dapat dikurangi.

Selain itu, radioterapi biasanya digunakan untuk meringankan gejala kanker yang sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Terapi radiasi untuk kanker payudara stadium 2 biasanya diberikan dalam dua cara, yaitu radiasi eksternal dan radiasi internal (brachytherapy).

Radiasi eksternal biasanya diberikan lima kali per minggu selama 5-7 minggu. Sementara itu, radiasi internal (brachytherapy) dilakukan dengan cara memasukkan kabel radioaktif membiarkannya selama beberapa hari atau memasukkannya dalam waktu tertentu setiap hari.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah prosedur pengobatan untuk jenis kanker apa pun yang paling sering diberikan. Prosedur ini dilakukan dengan memberikan pengidapnya obat baik diminum langsung atau dimasukkan ke pembuluh darah.

Kemoterapi juga bisa dilakukan dengan tujuan mengecilkan tumor sebelum operasi sehingga lebih mudah diangkat.

Selama pengobatan kemoterapi kanker payudara stadium 2, pasien mungkin tidak akan merasakan efek sampingnya, tapi hal ini jarang terjadi.

Efek yang ditimbulkan dari kemoterapi tergantung pada jenis dan dosis yang diterima oleh pasien.

Pada umumnya, efek kemoterapi yang dialami oleh pasien di antaranya, yaitu mual, muntah, nyeri, dan rambut rontok. Sel-sel yang sehat akan dapat tumbuh kembali setelah selesai menjalani kemoterapi.

Terapi hormon

Terapi hormon adalah prosedur pengobatan yang dilakukan ketika sel kanker merupakan reseptor hormon positif. Artinya, kanker membutuhkan bantuan hormon untuk tumbuh dan berkembang.

Obat-obatan yang diberikan dalam terapi untuk kanker payudara stadium 2 ini membantu mencegah tumor mendapatkan asupan hormon. Adapun berbagai obat yaang biasanya diberikan, yaitu:

  • Tamoxifen
  • Anastrozole (Arimidex)
  • Exemestane (Aromasin)
  • Letrozole (Femara) untuk wanita pascamenopause

Obat-obatan ini bisa diberikan sebelum atau setelah operasi tergantung kondisi kanker yang Anda miliki dan kebijakan dokter.

Terapi target

Terapi target akan diberikan untuk pengidap kanker payudara stadium 2 sel kankernya HER2 positif.

Terapi target adalah cara mengobati kanker payudara dengan membunuh sel kanker tanpa merusak sel sehat di sekitarnya. Inilah yang membedakan terapi target dengan kemoterapi.

Obat-obatan kemoterapi bisa mengenai sel sehat di sekitar sel kanker, sedangkan terapi target tidak.

Trastuzumab (Herceptin) dan pertuzumab (Perjeta) menjadi pilihan obat yang biasanya digunakan. Trastuzumab biasanya akan diberikan pascaoperasi selama sekitar 6 bulan hingga satu tahun perawatan.

Kanker payudara stadium 2 biasanya merespons pengobatan dengan cukup baik. Oleh karena itu, diskusikan kondisi Anda beserta pengobatan terbaiknya dengan dokter yang menangani Anda.

Sumber foto: Aviva Romm MD

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Pewarna Rambut Permanen Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Selain dapat menimbulkan kerontokan parah, ternyata pewarna rambut juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kanker Payudara, Health Centers 04/04/2020 . 5 mins read

Kapan Boleh Berhenti Periksa Mamografi?

Mamografi adalah salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara sejak usia 40 tahun. Lalu, kapan boleh berhenti periksa mamografi?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker Payudara, Health Centers 28/03/2020 . 4 mins read

Mengapa Neuroblastoma (Jenis Kanker Saraf) Bisa Terjadi pada Anak-Anak?

Sebagai salah satu jenis kanker yang menyerang sel saraf, neuroblastoma sering diderita oleh anak. Apa penyebab neuroblastoma pada anak?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Anak, Parenting 11/03/2020 . 4 mins read

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Metastase Kanker Payudara

Metastase atau penyebaran kanker payudara juga bisa disebut sebagai kanker payudara stadium 4. Temukan gejala hingga angka harapan hidupnya di sini!

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kanker Payudara, Health Centers 29/02/2020 . 7 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

Hubungan Harmonis Pengaruhi Tingkat Stres Pasien Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . 5 mins read

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . 5 mins read
merawat pasien kanker payudara

7 Tips Merawat Pasien Kanker Payudara dalam Pengobatan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 18/04/2020 . 5 mins read
seberapa sering tes mamografi

Seberapa Sering Wanita Perlu Melakukan Tes Mamografi?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 07/04/2020 . 4 mins read