home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Hemangioma pada Bayi, Pertumbuhan Pembuluh Darah Abnormal

Apa itu hemangioma pada bayi?| Apa saja jenis hemangioma pada bayi?|Tanda-tanda dan gejala hemangioma|Penyebab hemangioma pada bayi|Komplikasi yang bisa terjadi|Bagaimana mendiagnosis hemangioma?|Pengobatan |Pengobatan di rumah
Hemangioma pada Bayi, Pertumbuhan Pembuluh Darah Abnormal

Tak seperti tanda lahir pada umumnya, hemangioma pada bayi mempunyai bentuk dan warna yang berbeda. Dapat tumbuh pada area tubuh mana pun, apa saja gejala, penyebab, hingga pengobatan hemangioma? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Apa itu hemangioma pada bayi?

Mengutip dari American Academy of Ophthalmology, hemangioma adalah tumor non-kanker (jinak) yang terjadi karena pertumbuhan pembuluh darah abnormal.

Umumnya, kondisi ini merupakan bawaan lahir berupa benjolan merah atau sering disebut juga strawberry mark.

Benjolan dapat muncul pada bagian tubuh mana pun, tetapi biasanya sering ditemukan pada kulit kepala, wajah, dada, perut, atau punggung, dengan ukuran yang berbeda-beda.

Pada 5 bulan pertama, benjolan tanda lahir ini kemungkinan akan tumbuh dengan cepat atau menjadi fase pertumbuhan.

Perlu Anda ketahui pula bahwa pada sebagian besar bayi usia 3 bulan, kondisi ini akan mencapai 80% dari ukuran maksimum.

Kondisi ini biasanya tidak berbahaya dan akan menghilang secara perlahan seiring dengan bertambahnya usia.

Perawatan secara medis umumnya tidak perlu. Akan tetapi, saat benjolan menimbulkan masalah seperti gangguan penglihatan, pernapasan, dan pencernaan, ini membutuhkan penanganan lanjutan.

Seberapa umumkah hemangioma?

Hemangioma adalah kondisi yang sangat umum terjadi, biasanya muncul pada masa awal kelahiran bayi atau dalam beberapa minggu setelah lahir.

Kemungkinan, sekitar 4% – 5% bayi baru lahir mengalami hal ini. Walaupun, benjolan tanda lahir ini lebih sering terjadi pada:

Apa saja jenis hemangioma pada bayi?

Sebagian besar benjolan tanda lahir ini muncul pada permukaan kulit dan berwarna merah cerah. Ada beberapa jenis hemangioma yang perlu orangtua ketahui, yaitu:

1. Superficial hemangioma

Ini adalah benjolan yang tumbuh pada permukaan kulit. Biasanya disebut sebagai hemangioma stroberi atau tanda stroberi karena bentuknya bergelombang.

Awalnya akan terlihat warna putih, merah muda, lalu menjadi warna merah cerah. Kemungkinan benjolan terfokus di suatu tempat atau menyebar ke area lebih luas.

2. Deep hemangioma

Berbeda dari jenis sebelumnya, benjolan atau tanda akan tumbuh pada area bawah kulit sehingga terlihat menonjol. Warnanya akan terlihat ungu kebiruan sehingga seperti memar dang bengkak.

Selain jenis hemangioma pada bayi di atas, tak menutup kemungkinan si kecil mengalami kombinasi dari keduanya.

Lalu, benjolan tanda lahir ini juga dapat berkembang pada area organ dalam tubuh seperti ginjal, paru-paru, hati, atau otak sehingga tidak terlihat.

Tanda-tanda dan gejala hemangioma

Hemangioma biasanya muncul berwarna merah pada kulit, biasanya pada wajah, dada, atau punggung. Seiring berjalannya waktu, bekas kemerahan akan berkembang cepat menjadi benjolan pada kulit.

Muncul dalam 6 bulan pertama, benjolan bisa berwarna merah hingga ungu kemerahan, serta menonjol pada kulit. Apabila muncul pada area mata, hemangioma pada bayi bisa mengakibatkan masalah mata yang cukup serius.

Ukurannya yang besar dan tidak terkendali dapat mengakibatkan penglihatan buruk, menekan saraf optic yang berujung pada kehilangan penglihatan.

Apakah benjolan tanda lahir dapat membesar?

Ukuran benjolan sangat beragam pada setiap kasus, tetapi biasanya akan bertambah besar dan kemudian mengecil dengan sendirinya.

Terutama pada kasus hemangioma pada bayi. Berikut adalah fase pertumbuhan benjolan yang paling sering ditemui:

  • Pada usia 0-12 bulan, benjolan akan bertambah besar secara cepat. Teksturnya lebih menonjol dan berwarna merah terang.
  • Saat bayi berusia 1-2 tahun, benjolan tidak akan mengalami perubahan apapun.
  • Setelah memasuki tahun kedua, ukurannya mulai mengecil.

Dalam 50% kasus, hemangioma akan menghilang saat anak berusia lima tahun. Akan tetapi, terkadang benjolan baru menghilang ketika anak berusia sepuluh tahun.

Penyebab hemangioma pada bayi

Berdasarkan jenisnya, penyebab hemangioma berbeda-beda. Walaupun, hingga saat ini penyebab pastinya masih belum ada.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan protein tertentu dalam plasenta selama masa kehamilan mungkin menjadi penyebab penggumpalan pembuluh darah.

Lalu, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa asupan makanan, obat-obatan, serta aktivitas ibu selama kehamilan dapat memengaruhi kemunculannya pada saat bayi lahir.

Komplikasi yang bisa terjadi

Walaupun umumnya tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya, sebanyak 25% kondisi ini berakibat pada komplikasi yang perlu ditangani secara khusus.

Ada kemungkinan hemangioma pada bayi juga bisa menyebabkan komplikasi. Salah satunya adalah benjolan yang pecah lalu berkembang menhadi luka.

Hal ini dapat mengakibatkan rasa sakit, perdarahan, jaringan parut, hingga infeksi. Komplikasi lainnya pun tergantung pada area benjolan.

Sebagai contoh, hemangioma bisa mengganggu penglihatan, pernapasan, hingga pendengaran si kecil walaupun tergolong jarang terjadi.

Apakah hemangioma dapat membekas?

Bentuk dan ukurannya pada setiap orang berbeda-beda termasuk pada hasil akhir setelah mengecil.

Terdapat beberapa area kulit yang lebih mudah meninggalkan bekas karena memiliki elastisitas rendah, seperti hidung, bibir, dahi, dan telinga.

Bagaimana mendiagnosis hemangioma?

Umumnya, dokter akan dengan mudah mengenali kondisi ini setelah melihatnya secara langsung.

Namun, karena terdapat banyak jenis benjolan dengan karakteristik berbeda, tidak jarang perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk diagnosis.

Tes seperti pemindaian, USG, atau MRI dapat dokter lakukan untuk melihat hemangioma yang berada di bawah kulit dan apakah memengaruhi organ dalam.

Ada kalanya sulit membedakan benjolan tanda lahir dengan jenis tumor lainnya, sehingga dokter perlu melakukan prosedur biopsi.

Melalui biopsi, akan mengambil jaringan dari benjolan serta melakukan pemeriksaan selanjutnya secara langsung untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Pengobatan serta perawatan hemangioma pada bayi tergantung dari lokasi, ukuran, serta tingkat keparahan benjolan yang terlihat.

Perlu orangtua ketahui bahwa tidak semua benjolan tanda lahir ini membutuhkan pengobatan karena biasanya hilang dengan sendirinya.

Namun, jika hemangioma menyebabkan masalah serius seperti perdarahan hingga gangguan penglihatan, berikut adalah perawatan serta pengobatan yang bisa menjadi pilihan, seperti:

  • Mengoleskan salep gel beta blocker khusus pada area benjolan.
  • Menyuntik area benjolan dengan kortikosteroid.
  • Operasi laser untuk menghilangkan benjolan kecil dan tipis.
  • Pembedahan untuk mengangkat benjolan serta mengikat pembuluh darah sepenuhnya.

Segera hubungi dokter anak jika Anda melihat ada sesuatu berkembang pada kulit bayi. Meskipun hemangioma pada bayi bisa hilang dengan sendirinya, pemantauan sejak awal dapat meminimalisasi risiko lainnya.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hemangioma?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kondisi tersebut:

  • Kenali kondisi dan perawatan yang tersedia
  • Diskusikan dengan dokter sebelum melakukan perawatan untuk mengatasinya

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

health-tool-icon

Kalkulator Detak Jantung

Cari tahu berapa detak jantung istirahat (RHR) maksimum untuk usia Anda dan bagaimana intensitas olahraga dan faktor lain memengaruhi detak jantung.

Laki-laki

Wanita

Anda mengecek untuk ....

Detak jantung istirahat Anda .... (bpm/denyut per menit)

60

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Infantile Hemangioma. (2021). Retrieved 9 July 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/infantile-hemangioma

Infantile Hemangiomas: About Strawberry Baby Birthmarks. (2021). Retrieved 9 July 2021, from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/bathing-skin-care/Pages/Infantile-Hemangiomas-Baby-Birthmarks.aspx

Infantile Hemangiomas (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 9 July 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/infantile-hemangioma.html

Hemangioma – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 9 July 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemangioma/symptoms-causes/syc-20352334

Infantile hemangiomas | Children’s Wisconsin. (2021). Retrieved 9 July 2021, from https://childrenswi.org/medical-care/birthmarks-and-vascular-anomalies-center/conditions/infantile-hemangiomas

What Is Hemangioma?. (2020). Retrieved 9 July 2021, from https://www.aao.org/eye-health/diseases/hemangioma

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 18/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita