Informasi Penting

For the English Version please refer to here.

Daftar Isi

  1. Informasi Penting Hello Health Group
  2. FAQs
  3. Kirim Tulisan Anda

I. Informasi Penting Hello Health Group

Hello Health Group akan selalu melengkapi FAQs ini dengan semua informasi yang relevan dan up to date bagi para pengguna kami. Silakan merujuk kepada FAQ kami untuk menjawab semua pertanyaan Anda, dan jika pertanyaan Anda belum terjawab, Anda bisa menghubungi kami lewat Contact Form.


Update terakhir: 15 Februari 2016


II. Pertanyaan Umum Tentang Email Spam

Berhubung ada pihak yang menggunakan nama Hello Health Group dalam email spam mereka, kami membuatkan bagian khusus informasi seputar spam ini untuk Anda ketahui.

Perhatian

Spammers terkadang menggunakan template email Hello Health Group untuk mengirimkan email tidak resmi menggunakan nama dan logo Hello Health Group. Spammers (dan hackers) biasanya melakukan ini untuk beberapa tujuan, misalnya:

  • Mengatasnamakan Hello Health Group untuk menjual obat kepada Anda.
  • Meng-install software tersembunyi (disebut malware) untuk mengontrol komputer Anda atau mencuri data.

Harap diingat bahwa semua email resmi dari kami akan dikirim dari alamat email Hello Health Group atau Hello Sehat, dan semua link dari email dan newsletter kami adalah link menuju website kami, bukan website lain. Berikut ini jawaban dari sejumlah pertanyaan yang paling sering diajukan seputar Spam. Semoga ini bisa membantu Anda. Untuk menghubungi Hello Health Group, Anda bisa mengirim email menggunakan link Hubungi Kami di bagian bawah setiap halaman di website kami.

Apa itu spam?

Spam adalah istilah populer untuk email yang tidak diinginkan. Menurut kamus online Merriam-Webster’s, spam didefinisikan sebagai “unsolicited usually commercial e-mail sent to a large number of addresses,” alias “email yang tidak diinginkan, biasanya bersifat komersial, yang dikirim ke sejumlah besar alamat email sekaligus.” Istilah lain yang lebih formal untuk Spam adalah UCE (Unsolicited Commercial Email) dan UBE (Unsolicited Bulk Email)

Apa itu phishing?

Phishing adalah teknik yang digunakan oleh hackers untuk mendapatkan informasi dari komputer Anda (misalnya username, password, dan data finansial). Phishing biasanya dilakukan lewat email palsu yang seolah-olah dikirim oleh perusahaan tertentu (mirip dengan spam) yang mengandung link dan/atau lampiran (attachment) yang berbahaya.

Apakah Hello Health Group memberikan alamat email saya kepada orang lain?

Privasi dan keamanan pengguna adalah prioritas bagi Hello Health Group. Baca Kebijakan Privasi kami.

Bagaimana spammers dan hackers bisa mendapatkan alamat email saya?

Sulit menentukan bagaimana cara spammers dan hackers (orang-orang yang mengirim email yang tidak diinginkan) mendapatkan alamat email target mereka, karena ada banyak cara untuk mendapatkannya. Beberapa metode paling populer adalah: mendapatkan alamat email dari chat rooms, mesin pencari, daftar email yang tidak diproteksi, dan link “mailto” dari banyak website. Kebanyakan oknum perusahaan dan orang yang mengirim email spam biasanya menggunakan “Web crawlers” alias program otomatis yang mencari dan menggali alamat email dari beberapa website. Sayangnya, jika alamat email Anda tercantum dalam website publik, akan sangat mudah bagi spammers untuk mendapatkannya.

Biasanya spammers dan hackers juga mengirim spam ke alamat email yang menggunakan nama-nama yang cukup umum, atau istilah-istilah umum, seperti “[email protected]” atau “[email protected]” Mereka juga mungkin memiliki database dari domain Internet ternama dan akan terus menerus menggali daftar alamat email dari domain tersebut. Ada pula virus yang bisa mengirim email ke semua alamat di daftar kontak email Anda.

Bagaimana supaya saya tak mendapat email spam lagi?

Sebagian besar penyedia layanan email sudah memiliki sistem yang akan otomatis memisahkan email yang diduga spam ke dalam folder khusus yang biasanya bernama “Spam” atau “Junk”. Namun Anda juga bisa mengatur sendiri untuk menyaring email tertentu atau mengaktifkan pengaturan “safe email.”

Selain menyaring atau memfilter email, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah Spam:

  • Jangan menulis alamat email Anda dalam forum publik di Internet, blog, chat rooms, media sosial, dan direktori.
  • Pilihlah alamat email yang sulit ditebak.
  • Saat mendaftar ke sebuah website, bacalah kebijakan privasinya (privacy policy) terlebih dahulu untuk memastikan bahwa email Anda akan dijaga kerahasiaannya. Banyak website juga menawarkan untuk mengirim newsletter setelah Anda mendaftar, dan Anda bisa memilih untuk tidak mendapatkan email ini dengan cara tidak mencentrang boksnya saat mendaftar.

Bagaimana agar saya tak jadi korban phishing?

Phishing melalui email hanya berhasil jika Anda mengeklik link di dalam email tersebut, atau mendownload dan membuka attachment yang dikirim email tersebut. Sebaiknya hindarilah link dan attachment dari email yang dikirim oleh pengirim tak dikenal. Periksa dulu link yang dikirim (tanpa mengekliknya) untuk memastikan bahwa itu adalah link ke website terpercaya. Jika email yang Anda terima terlihat mencurigakan (meskipun dikirim dari alamat email orang yang Anda kenal), tetaplah waspada.

Anda juga bisa menjaga informasi dan data pribadi Anda dari phishing dengan cara:

  • Memastikan komputer Anda memiliki sistem keamanan dan anti-virus versi terbaru.
  • Berhati-hatilah dalam menuliskan informasi pribadi Anda di website publik dan pastikan Anda hanya menginput informasi pribadi melalui https (SSL).
  • Unduhlah software hanya dari website yang Anda percaya.

Bisakah saya mengetahui siapa yang mengirim spam?

Spammers biasanya akan menyamarkan informasi pengirim email. Biasanya kolom “dari” dan “untuk” akan dipalsukan, atau dibuat tak terlihat. Bahkan terkadang mereka juga bisa membuat seolah email tersebut dikirimkan untuk Anda, dari Anda sendiri! Bahkan IP (Internet Protocol) address yang mereka gunakan pun palsu. Teknik-teknik ini membuat identitas asli mereka tersembunyi dan kita tidak akan tahu siapa yang mengirim spam ini.

Namun, Anda bisa mengecek “Internet path”, yaitu sistem yang digunakan email tersebut untuk mencapai email Anda, dengan cara melihat informasi di header email tersebut. Mengecek header information ini tergantung para penyedia email Anda. Biasanya Anda bisa merujuk ke link “Help” atau “Bantuan” di provider email Anda untuk mendapatkan petunjuk selengkapnya.

Amankah untuk “unsubscribe” atau membalas spam supaya email saya tidak diikutsertakan lagi?

Me-reply spam dan meminta mereka untuk tidak mengirim email lagi malah akan membuat spammer tahu bahwa alamat email Anda asli dan aktif, dan mereka mungkin akan memasukkannya ke database mereka. Kami menyarankan Anda untuk tidak me-reply email spam apapun. Melakukan ini hanya akan mengonfirmasi keberadaan alamat email Anda, dan spammer akan melakukan dua hal berikut ini:

  1. Mengirim Anda lebih banyak spam.
  2. Menjual info alamat email Anda ke spammer yang lain, sehingga Anda pun akan menerima semakin banyak spam.

Solusi terbaik memerangi spam adalah: hapus email tersebut tanpa membukanya, atur filter email Anda, dan/atau laporkan ke penyedia layanan internet Anda.

Bagaimana jika saya mau berhenti berlangganan (unsubscribe) newsletter dan email dari website resmi yang memang pernah saya gunakan?

Hello Health Group selalu mencantumkan link untuk unsubscribe atau berhenti berlangganan di setiap newsletter yang kami kirim. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda jika ingin berhenti berlangganan email dari kami.

Hampir semua email komersil yang resmi akan mencantumkan instruksi bagaimana cara berhenti berlangganan dan bagaimana cara mengeluarkan alamat email Anda dari daftar mereka. Namun ini terjadi hanya jika Anda sudah mendaftar atau menyetujui untuk dimasukkan ke dalam daftar email ini, sehingga secara teknis email ini dikirim atas persetujuan Anda dan tidak bisa dikategorikan sebagai spam.

Apakah Anda lupa bahwa Anda pernah mengisi formulir di sebuah website? Banyak orang lupa akan hal ini. Atau mereka lupa menghapus centrang pada boks yang menyatakan bahwa Anda akan otomatis didaftarkan ke newsletter untuk menerima informasi terbaru dari website tersebut. Hello Health Group hanya menggunakan sistem pendaftaran yang harus Anda isi sendiri secara sukarela (Anda harus mendaftarkan sendiri alamat email Anda, atau mencentrang sendiri boks pilihannya) supaya Anda tahu dan sadar sepenuhnya untuk apakah Anda mendaftarkan email tersebut.

Selalu berhati-hatilah sebelum Anda menyetujui alamat email Anda untuk didaftarkan ke sebuah website. Anda mungkin saja memberikan website tersebut hak untuk menjualbelikan alamat email Anda ke perusahaan lain. Hello Health Group menyarankan Anda untuk selalu membaca kebijakan data dan privasi website apapun sebelum Anda mendaftarkan diri, sehingga Anda paham bagaimana mereka akan memperlakukan data pribadi Anda, termasuk alamat email.

 

Update terakhir: 15 Februari 2016


III. Kirim Tulisan Anda

Hello Sehat tertarik untuk memuat tulisan Anda!

Bantu kami membangun koleksi lengkap seputar informasi kesehatan bermanfaat yang ditulis secara baik, mulai dari hidup sehat, kehamilan dan pengasuhan anak, hingga kisah seputar pengalaman Anda hidup dengan penyakit tertentu. Anda tidak perlu jadi seorang penulis profesional yang berpengalaman. Jika Anda memiliki pengetahuan teknis seputar topik ini dan bisa menceritakannya dengan bahasa yang mudah dimengerti semua orang, editor kami akan membantu memoles tulisan Anda dan kemudian memuatnya untuk dibaca seluruh pengguna kami.

Jika Anda tertarik mengirimkan artikel untuk kami muat, tulisan Anda harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Akurat dan faktual. Ini adalah aturan penting nomor satu di website kami. Jika tulisan Anda tidak dibuat berdasarkan fakta atau data penelitian yang sudah terbukti, kami tidak bisa memuatnya.
  • Mendidik dan menghibur. Kiat-kiat untuk pasien yang hidup dengan kondisi atau penyakit tertentu, hasil penelitian kesehatan terbaru tentang cara menurunkan berat badan, atau kiat menghadapi masalah tertentu saat hamil, bisa jadi contoh untuk artikel yang bukan hanya berguna tapi juga menarik untuk dibaca.
  • Original. Artikel ini harus ditulis sendiri oleh Anda dan bukan hanya menyalin atau menerjemahkan tulisan orang lain. (Catatan: kami selalu mengecek ulang semua artikel untuk plagiarisme sebelum memuatnya).
  • Belum pernah dimuat sebelumnya di website lain. Namun, jika artikel ini pernah dimuat di majalah atau buku versi cetak, harap beri tahu kami. Kami masih bisa memuat artikel Anda jika hak cipta tulisan tersebut ada pada Anda.

Jika Anda ingin menulis untuk kami tapi masih ragu-ragu apakah ide Anda bisa diterima atau tidak, Anda bisa mengirim email kepada kami terlebih dahulu, berisi:

  • Topik atau tema yang ingin Anda tulis, dan apa angle spesifik yang ingin Anda bahas.
  • Judul yang akan Anda gunakan untuk artikel tersebut. (Judul ini sebaiknya dicantumkan sebagai judul email Anda kepada kami).
  • Perkiraan tentang berapa panjang artikel Anda. (Artikel yang dikirim harus terdiri dari minimal 500 kata).
  • Informasi yang relevan seputar diri Anda dan latar belakang Anda. Jika tulisan Anda ada yang pernah dimuat di website atau media lain sebelumnya, ini bisa dicantumkan. Jika Anda memiliki latar belakang medis atau pengalaman lain yang sesuai dengan topik artikel yang Anda tulis, harap cantumkan juga. Anda juga bisa menyertakan CV Anda jika perlu, untuk latar belakang yang lebih komplit.

Kirimkan tulisan atau ide Anda ke [email protected] Kami mendapat banyak kiriman setiap hari, jadi terkadang butuh waktu untuk membalas email Anda, tapi kami pasti akan membalasnya. Jadi, harap bersabar.


Update terakhir: 15 Februari 2016