Berbagai Vaksin yang Anda Butuhkan Sebelum Berangkat ke Luar Negeri

    Berbagai Vaksin yang Anda Butuhkan Sebelum Berangkat ke Luar Negeri

    Sebelum berwisata ke luar negeri, Anda mungkin akan repot mengurus dokumen-dokumen resmi seperti paspor atau visa. Namun, banyak orang yang suka lupa atau bahkan tidak tahu bahwa mereka juga harus melakukan imunisasi atau vaksin liburan sebelum pergi ke luar negeri. Ya, mendapatkan vaksin sebelum jalan-jalan ke negeri orang adalah hal yang wajib dilakukan. Lalu, jenis vaksin liburan apa saja yang harus dilakukan sebelum pergi berwisata?

    Sebelum jalan-jalan ke luar negeri, wajb melakukan vaksin liburan

    Jalan-jalan ke negeri orang tentu sangat menyenangkan, tapi hal ini bisa jadi masalah jika Anda terserang penyakit infeksi ketika berwisata. Bukannya senang-senang, malah kena penyakit. Nah, jika Anda tak ingin terjadi pada Anda dan keluarga, Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan imunisasi yang sesuai sebelum jadwal keberangkatan Anda.

    Pasalnya, pada beberapa negara berisiko memiliki penularan atau penyebaran suatu penyakit infeksi. Meskipun belum pasti terjadi, tapi Anda sebagai wisatawan atau pendatang baru di daerah sana, memiliki risiko yang sangat tinggi. Sebenarnya, Anda terkena atau tidak, tergantung dengan beberapa faktor yaitu:

    • Di mana Anda akan berwisata
    • Kegiatan apa yang Anda lakukan di daerah tersebut
    • Riwayat vaksin atau imunisasi
    • Status kesehatan

    Ingat, sebagian besar penyakit infeksi sangat rentan menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Jadi, pastikan bahwa Anda memang sedang dalam keadaan yang sehat dan bugar saat perjalanan dilakukan.

    Jenis vaksin liburan apa saja yang harus dilakukan sebelum jalan-jalan ke luar negeri?

    Ada beberapa jenis imunisasi yang harus Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan. Sebagian besar, perjalanan yang berisiko penularan penyakit infeksi adalah perjalanan ke negara-negara berkembang. Berikut adalah jenis vaksin yang Anda butuhkan ketika Anda harus pergi ke luar negeri:

    Biasanya, vaksin tersebut dianjurkan ketika Anda akan pergi ke negara-negara Asia, seperti India, Thailand, China, Vietnam, dan Saudi Arabia. Namun, masing-masing orang akan memerlukan vaksin yang berbeda, selain tergantung dengan tujuan wisata, hal ini juga tergantung dengan apa yang akan Anda lakukan dan berapa lama Anda akan menetap di sana.

    Rencanakan vaksin liburan Anda sebelum pergi ke luar negeri

    Jangan lupa untuk merencanakan hal ini dengan sebaik-baiknya sebelum Anda pergi. Pertama-tama, Anda harus tahu dulu atau mencari riwayat vaksin yang telah Anda lakukan. Kemudian, sebaiknya diskusikan dengan dokter, jenis vaksin apa yang dibutuhkan agar Anda aman selama perjalanan wisata. Jadi, hal yang harus Anda lakukan sebelum pergi ke luar negeri adalah:

    • Sebaiknya, kunjungi dokter Anda 4-6 minggu sebelum Anda melakukan perjalanan.
    • Pastikan bahwa Anda sudah melakukan vaksin wajib selain vaksin untuk perjalanan ke luar negeri.
    • Buat rencana perjalanan yang jelas sebelum pergi ke dokter, dari kegiatan apa yang akan Anda lakukan, berapa lama Anda akan tinggal, serta di lokasi mana Anda akan menetap selama perjalanan. Hal ini akan memudahkan dokter, mengetahui apa saja risiko yang mungkin dapat menyebabkan penyakit infeksi.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Nimas Mita Etika M · Tanggal diperbarui 24/07/2020

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan