home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Segudang Manfaat Vitamin D untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Segudang Manfaat Vitamin D untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Vitamin D merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh. Fungsi vitamin D antara lain untuk membantu mempertahankan kekuatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Namun ternyata, manfaat vitamin D juga tercermin pada kesehatan gigi dan mulut. Sayangnya, sekitar 50 persen penduduk dunia dilaporkan kekurangan vitamin D. Bagaimana peran vitamin D dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut?

Fungsi vitamin D untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut

Tubuh membutuhkan asupan vitamin D untuk penyerapan kalsium. Kalsium (dengan bantuan fosfor dan mineral lainnya) berperan penting untuk menyusun dan memperkuat jaringan gigi dari dalam.

Selain untuk menguatkan gigi, berikut beberapa fungsi vitamin D lainnya untuk kesehatan gigi dan mulut yang harus Anda ketahui:

  • Membantu mempercepat proses penyembuhan gigi berlubang.
  • Membantu mencegah radang gusi karena vitamin D memiliki sifat antiradang.
  • Bertanggung jawab untuk menciptakan sementum yang mengikat gigi ke tulang di mulut Anda.

Seperti yang telah disebutkan di atas, vitamin D juga berperan untuk mengatur sistem kekebalan tubuh. Mulut adalah sarang empuk bagi kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Apabila asupan vitamin D Anda sudah tercukupi dengan baik, maka ini akan semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dalam melawan berbagai penyakit yang berhubungan dengan gigi dan mulut.

Tidak hanya itu. Tanpa adanya vitamin D yang cukup, tubuh Anda juga tidak bisa membentuk senyawa kalsitriol yang memadai untuk menyerap kalsium dari makanan. Ini artinya risiko Anda mengalami masalah gigi, terutama gigi berlubang dan penyakit gusi, bisa semakin meningkat. Terlebih, gen yang mengontrol periodontitis (penyakit gusi) juga diatur oleh reseptor yang dikendalikan vitamin D.

Berbagai sumber vitamin D terbaik

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D terbaik. Anda tidak perlu ‘membakar’ kulit Anda berjam-jam untuk mendapatkan vitamin ini. Pasalnya, kulit yang terpapar sinar matahari dalam waktu yang sebentar saja, dapat menghasilkan jumlah vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk kebutuhan sehari.

Selain dari matahari, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D di antaranya ikan yang mengandung lemak baik (seperti salmon, tuna, makarel, sarden, dan herring), kuning telur, daging merah, dan lain sebagainya.

Kunci penting menjaga kesehatan gigi dan mulut

Selain mencukupi asupan vitamin D, ternyata ada banyak cara sederhana lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, yaitu:

  • Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari saat bangun pagi dan sebelum beranjak tidur.
  • Menyikat gigi secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi yang berbahan dasar lembut untuk menghindari gusi robek serta mengikis enamel gigi.
  • Melakukan flossing gigi setidaknya sekali dalam sehari.
  • Menghindari makan makanan manis. Tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, namun Anda hanya perlu membatasi konsumsinya.
  • Menurut American Dental Association, penggunaan obat kumur yang mengandung antiseptik dan antibakteri dapat mengurangi bakteri penyebab plak dan penyakit gusi.
  • Rutin konsultasi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk melakukan pembersihan gigi dan cek gigi secara keseluruhan.
  • Berhenti merokok. Selain bisa menyebabkan gigi kuning dan bibir Anda menghitam, merokok juga akan meningkatkan risiko pernyakit gusi dan kanker mulut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Does Vitamin D Influence Your Dental Health? – https://www.verywell.com/does-vitamin-d-influence-your-dental-health-4144768 diakses pada 24 Januari 2018

Vitamin D and Its Impact on Oral Health – an Update – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21748977 diakses pada 24 Januari 2018

Effects of Vitamin D Status on Oral Health – https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0960076017300304 diakses pada 24 Januari 2018

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari pada 08/02/2018
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x