Psoriasis merupakan gangguan kulit kronis yang menyebabkan kulit kering, menebal, timbul bercak merah, dan bersisik. Bagian kulit yang mengalami psoriasis biasanya gatal, sakit, dan bahkan terasa panas seperti terbakar. Psoriasis tidak dapat disembuhkan, tapi ada cara untuk mengurangi gejala atau tingkat keparahannya. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin. Berikut ini beberapa vitamin untuk psoriasis.

Vitamin untuk psoriasis

Vitamin A

Vitamin A sangat penting untuk produksi sel kulit yang sehat. Vitamin A atau retinoid (tazarotene) telah digunakan secara topikal untuk mengobati photodamage dan psoriasis. Namun, ini tidak boleh digunakan selama kehamilan atau menyusui.

Tazarotene dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kulit dan membatasi gejala psoriasis. Terutama bila digunakan bersama dengan terapi cahaya dan kortikosteroid. Selain itu, juga dapat mengurangi peradangan kulit pada plak psoriasis.

Krim topikal vitamin A ini memiliki tingkat penyerapan yang lebih rendah dibandingkan suplemen vitamin A, yang menghasilkan lebih sedikit efek samping pada orang dengan psoriasis. Suplemen vitamin A dapat digunakan untuk psoriasis. Namun, harus dari resep dokter.

Vitamin D

Vitamin D berkontribusi dalam mengurangi radang pada tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal JAMA Dermatology melaporkan bahwa orang dengan psoriasis memiliki kadar vitamin D yang rendah.

National Psoriasis Foundation menyimpulkan bahwa nutrisi dan sinar matahari dapat menghilangkan atau mencegah plak psoriasis. Cahaya matahari dapat memicu tubuh untuk menghasilkan vitamin D, yang bermanfaat untuk tulang yang kuat serta mendukung fungsi imun.

Namun, vitamin D juga ditemukan secara alami pada beberapa makanan. Jika kadar vitamin D Anda tidak mencukupi, Anda dapat menambah makanan yang kaya nutrisi, seperti susu, jus jeruk, margarin, yogurt, salmon, tuna, kuning telur, dan keju Swiss.

Selain itu, manfaat langsung penggunaan suplemen vitamin D maupun vitamin D topikal untuk mengurangi gejala psoriasis secara aman dan efektif. Penelitian lain telah menunjukkan bahwa penggunaan suplemen vitamin D yang dikombinasikan dengan krim steroid, menghasilkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan vitamin D saja.

Vitamin C

Antioksidan sangat berperan besar dalam pengobatan psoriasis, dengan mencegah kerusakan yang terkait dengan stres oksidatif. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang juga berfungsi sebagai antioksidan, sehingga termasuk ke dalam pilihan terbaik vitamin untuk psoriasis.

Vitamin C bisa didapat dari makanan, suplemen, atau keduanya. Makanan yang kaya vitamin C termasuk buah jeruk, sayuran berdaun hijau, dan buah beri.

Vitamin E

Banyak orang yang memiliki psoriasis mengalami penurunan kadar selenium yang merupakan antioksidan alami yang diproduksi oleh tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat suplemen vitamin E membantu memperbaiki tingkat selenium pada tubuh orang psoriasis. Namun, tidak ada bukti bahwa ini mengurangi keparahan gejala psoriasis. Karena vitamin E dan selenium keduanya antioksidan, mereka dapat membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang terjadi dengan psoriasis.

Vitamin E dapat diminum dalam bentuk suplemen atas saran dari dokter, tapi lebhi baik dari makanan sehar. Makanan yang kaya akan vitamin E seperti biji labu dan bayam.

Nutrisi lain untuk psoriasis

Vitamin bukan satu-satunya jenis nutrisi yang bisa menguntungkan pasien psoriasis. Asam lemak omega-3 umumnya ditemukan pada biji-bijian utuh dan ikan berlemak untuk membantu mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan kulit.

Saat ini, ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa diet memengaruhi gejala psoriasis. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa diet mediterania dapat membantu mengurangi psoriasis. Pasalnya, diet ini membantu perbaikan sistem metabolisme tubuh untuk menghadapi peradangan dan gangguan sistem metabolik yang terkait psoriasis, seperti obesitas dan diabetes, yang terkait dengan psoriasis.

Meskipun begitu, masih banyak kontra mengenai makanan antiperadangan yang dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan psoriasis.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca