5 Cara Cepat Hentikan Hidung Meler di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30/01/2018
Bagikan sekarang

Hidung ingusan atau meler memang sangat mengganggu. Anda sulit bernapas dengan lega karena ingus selalu keluar dari hidung Anda. Anda harus berkali-kali menyekanya dengan tisu atau bolak-balik ke kamar mandi untuk membersihkannya. Jangan khawatir, beberapa cara berikut ini dapat meredakan hidung meler.

Sebenarnya kenapa bisa keluar ingus saat sedang sakit?

Ingus berasal lendir yang diproduksi oleh selaput lendir yang seharusnya menjebak bakteri dan alergen (penyebab alergi, misalnya debu) malah terinfeksi. Ketika terinfeksi, lendir menjadi lebih produktif, lebih kental, berubah warna, dan berkumpul di hidung Anda. Beberapa penyakit yang menyebabkan hidung Anda ingusan adalah pilek, flu, alergi, atau sinusitis.

Cara membersihkan ingus

Daripada Anda menyedot kembali ingus Anda yang terus keluar dan membawa tambahan bakteri dari udara yang Anda hirup, memang lebih baik untuk mengeluarkannya. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan cara yang benar. Tekan satu jari pada sisi lubang hidung, lalu keluarkan ingus dengan lembut, lakukan sebaliknya untuk membersih lubang hidung satunya.

Mengatasi hidung meler

Ada beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengurangi hidung Anda yang ingusan seperti berikut ini.

1. Minum air

Menjaga tubuh tetap terhidrasi saat hidung meler merupakan cara yang mudah dilakukan. Cairan yang Anda minum membantu mengencerkan lendir agar bisa mengurangi tekanan pada sinus, sehingga iritasi dan peradangan ikut berkurang. Bukan hanya dengan minum air putih, Anda bisa mendapatkan asupan cairan dengan minum jus atau makan sup.

Memilih minuman yang hangat lebih baik daripada yang dingin. Teh herbal panas dari campuran jahe, kamomil, daun mint, atau jelatang bisa menjadi pilihan Anda. Sebab teh ini memiliki kandungan dekongestan ringan dan bila Anda hirup uap dari minuman ini membantu melegakan hidung Anda yang tersumbat oleh ingus.

2. Menghirup uap

Dilansir dari Healthline, menghirup uap panas telah terbukti membantu mengatasi hidung meler. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 menyimpulkan bahwa inhalasi uap cukup efektif untuk pasien flu biasa. Ini mengurangi waktu pemulihan penyakit sekitar satu minggu lebih cepat dibanding dengan tidak menghirup uap sama sekali.

hidung meler

Selain dengan menghirup minuman hangat, Anda bisa menghirup uap dari air hangat yang Anda letakkan dalam wadah. Anda bisa menambahkan beberapa tetesan minyak esensial dekongestan agar uap bekerja lebih baik mengatasi hidung Anda yang ingusan.

Menggunakan humidifier (alat pelembap udara) di dalam kamar juga membantu meringankan hidung Anda yang ingusan. Mesin tersebut mengubah air menjadi uap air yang perlahan mengisi udara. Ketika dihirup, ini akan mengencerkan lendir dan membantu mengosongkan cairan di hidung Anda yang berlebih sehingga pernapasan kembali normal.

Mandi dengan air panas sama efeknya dengan menghirup uap panas. Bahkan dapat membantu pernapasan Anda kembali normal walaupun sementara. Caranya dengan atur suhu panas air yang sesuai, letakkan handuk di atas kepala Anda saat airnya mengalir. Kemudian, tarik napas dalam-dalam. Akan tetapi, jangan mandi terlalu lama karena bisa membuat badan menggigil serta kulit kering.

3. Buat semprotan garam

Beberapa jenis garam termasuk ke dalam obat dekongestan. Membuat larutan garam dapat meningkatkan kelembapan hidung dan mengencerkan lendir. Namun, Anda perlu saran dan petunjuk dari dokter untuk membuat semprotan garam ini. Semprotan ini tidak boleh digunakan lebih dari tiga hari dan digunakan bersamaan dengan obat lain.

Cara membuat semprotan garam:

  • Siapkan wadah kedap udara
  • Campur tiga sendok teh garam bebas idioda dan satu sendok teh baking soda.
  • Beri matang yang steril bukan air keran atau air suling
  • Pindahkan larutan pada neti pot

Pertama, miringkan kepala sedikit ke satu sisi, bagian moncong neti pot tempatkan di salah lubang hidung. Biarkan larutan garam masuk dari rongga hidung dan keluar dari lubang hidung lainnya.

4. Tidur dengan bantal yang lebih tinggi

Pada malam hari, gunakan ekstra bantal untuk kepala dapat meringankan saluran hidung Anda yang tersumbat. Namun, pastikan bahwa bantalnya tidak terlalu tinggi supaya Anda tetap nyaman.

5. Makan makanan pedas

Kadang hidung ingusan membuat hidung tersumbat. Makanan pedas bisa membuat hidung berair dan mengurangi hidung yang tersumbat. Bila Anda tidak terbiasa dengan makanan pedas, cobalah sedikit untuk meringankan pilek.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Bakwan―gorengan khas Indonesia ini memang enak dan gurih. Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan lebih sehat. Simak resep membuat bakwan sehat berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Direkomendasikan untuk Anda

makan di luar rumah saat pandemi

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020