Berbagai Gejala yang Menunjukkan Adanya Parasit di dalam Tubuh Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 16/08/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Parasit merupakan makhluk hidup yang menempel pada makhluk hidup lainnya (inang) dan mengambil kebutuhannya lewat inang tersebut. Bila berada di dalam tubuh manusia, tak jarang akan menyebabkan sakit bahkan kematian. Itu sebabnya, mendeteksi keberadaannya sedini mungkin bisa mempercepat penyembuhan dengan adanya bantuan obat dari dokter. Ini dia beberapa tanda yang mungkin tidak Anda sadari bahwa parasit sedang tumbuh di tubuh Anda. 

Beberapa tanda parasit hidup di tubuh Anda

Parasit dan mikroorganisme lain di tubuh dapat bertahan hidup jika Anda tidak memerhatikan gejala yang muncul di tubuh Anda. Tanpa disadari, Anda telah membuka gerbang untuk para parasit tersebut terus tinggal dan merugikan kesehatan Anda, seperti gangguan sistem pencernaan. 

Maka itu, mengetahui tanda atau gejala adanya parasit yang menempel di tubuh Anda dengan cepat bisa mencegah komplikasi akibat parasit yang lebih buruk terjadi. 

1. Berat badan turun drastis

berat badan naik saat puasa

Jangan senang dulu jika berat badan Anda tahu-tahu turun drastis. Penurunan berat badan secara tiba-tiba dapat menjadi salah satu gejala dari berbagai penyakit.

Apalagi jika Anda tidak sedang menjalani diet atau memang tidak ada keinginan untuk menurunkan berat badan. Bisa jadi, ini merupakan suatu tanda adanya parasit yang hidup di dalam tubuh Anda. 

Salah satu jenis parasit yang paling sering ditemukan adalah cacing pita. Cacing pita umumnya mengambil nutrisi yang ada di usus Anda, sehingga menyebabkan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Akibatnya, tidak jarang orang yang memiliki parasit ini di tubuh mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan. Keduanya hal tersebut menjadi faktor pendukung berat badan Anda turun secara drastis dan tiba-tiba. 

2. Menderita diare

diare pada hiv

Virus, bakteri, dan parasit merupakan penyebab utama terjadinya diare. Jenis parasit yang membuat Anda diare adalah Giardia lamblia

Giardia adalah parasit kecil yang hidup di usus manusia dan hewan yang dapat menular. Anda dapat terinfeksi bila menelan parasit secara tidak sengaja, lewat makanan yang kurang matang atau air yang terkontaminasi feses dan bakteri lainnya. 

3. Mengalami reaksi alergi

Seperti yang dilansir dari American Association for The Advancement Science, reaksi alergi bisa menjadi tanda ada parasit yang hidup dalam tubuh Anda. 

Alergi bisa terjadi ketika antibodi tubuh mengenali protein pada parasit (seperti protein pada kacang) sebagai alergen, sehingga menimbulkan reaksi yang berlebihan. Reaksinya bisa berupa pilek hingga syok anafilaktik. 

Para peneliti menilai bahwa reaksi ini merupakan salah satu reaksi pertahanan tubuh.

Bila Anda mengalami reaksi alergi secara tiba-tiba, silakan konsultasikan kepada dokter meskipun belum tentu ada parasit di tubuh Anda yang menyebabkan alergi. 

4. Keputihan yang tidak normal

penyebab keputihan tidak normal

Jenis parasit yang memengaruhi organ kewanitaan seseorang adalah Trichomonas vaginalis

Parasit Trichomonas paling sering menyerang bagian kewanitaan, seperti vagina, vulva, leher rahim, hingga uretra. Namun, pria juga bisa terkena infeksi parasit ini di penisnya.

Parasit ini hidup di tubuh Anda dan menyebar lewat hubungan seks. Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan parasit ini muncul. Untuk tindakan pencegahan, gunakanlah alat kontrasepsi, seperti kondom, sebagai upaya pencegahan. 

Parasit yang ditularkan melalui penyakit menular seksual ini dapat menyebabkan perubahan pada keputihan Anda, seperti:

  • Warna keputihan berubah menjadi kuning hingga hijau
  • Keputihan berbau amis

Selain itu, Anda mungkin merasakan nyeri pada alat kelamin Anda, tidak nyaman saat buang air kecil, dan sakit saat melakukan hubungan intim. 

Oleh karena itu, bila Anda merasakan gejala-gejala di atas, silakan konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Beberapa jenis parasit yang hidup di dalam tubuh mungkin tidak menimbulkan gejala atau tanda-tanda khusus. Bila Anda mencurigai tubuh Anda terinfeksi parasit, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih awal. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Gejala Diare yang Paling Umum, Selain Bikin Bolak-balik Buang Air Besar

Gejala diare identik dengan sakit perut melilit dan bolak-balik BAB lebih dari tiga kali sehari. Apa lagi tanda dan gejala diare yang harus diperhatikan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Diare, Health Centers 09/07/2019 . Waktu baca 8 menit

Penyakit Leishmaniasis, Infeksi Mematikan Akibat Gigitan Lalat

Leishmaniasis adalah penyakit yang sering terjadi di daerah tropis. Cari tahu penyebab Leishmaniasis dan cara mengobati Leishmaniasis di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Hidup Sehat, Tips Sehat 24/05/2019 . Waktu baca 4 menit

7 Penyebab Utama Penyakit Kulit, Plus Hal-Hal yang Meningkatkan Risiko Anda

Tiap penyakit kulit punya penyebab yang berbeda-beda. Untuk itu, penting mengetahui penyebab pastinya agar Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Health Centers 08/05/2019 . Waktu baca 10 menit

Penyakit Kulit

Penyakit kulit adalah kondisi yang banyak menyerang masyarakat Indonesia. Cari tahu gejala, penyebab, pengobatan serta cara mencegahnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Health Centers 16/04/2019 . Waktu baca 13 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diare tanda hamil muda

Diare Jadi Tanda Anda Sedang Hamil Muda, Benar atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 23/05/2020 . Waktu baca 5 menit
bakteri penyebab diare

Kenali Berbagai Jenis Bakteri Penyebab Diare

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 12/04/2020 . Waktu baca 5 menit
penyebab gejala diare pada ibu menyusuil

Kupas Tuntas Gejala, Penyebab, dan Perawatan Diare Pada Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020 . Waktu baca 6 menit
diare setelah berenang

Buang-Buang Air Terus Sehabis Berenang, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 09/09/2019 . Waktu baca 4 menit