Mengulik Manfaat Minyak Biji Rami (Flaxseed): Lancarkan Pencernaan Sampai Mencegah Kanker

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Flaxseed atau yang lebih dikenal dengan sebutan biji rami adalah salah satu jenis biji-bijian utuh yang sering dijadikan tepung untuk mengolah makanan. Selain diolah menjadi bahan makanan, biji rami ternyata juga bisa diekstrak menjadi minyak. Meski jarang dikenal masyarakat, minyak biji rami menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Lantas, manfaat apa saja? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Manfaat minyak biji rami untuk kesehatan

1. Kaya omega 3

suplemen omega-3

Tanaman yang memiliki nama latin Linum usitatissimun ini diketahui kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Benar saja. Dalam satu sendok makan (15 ml) minyak biji rami mengandung asam lemak omega-3 sebanyak 7 miligram.

Asam lemak omega 3 sangat penting bagi kesehatan dan telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi otak karena faktor penuaan.

Jika Anda tidak mengonsumsi suplemen minyak ikan atau malah tidak makan ikan sama sekali, minyak biji rami bisa jadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 harian Anda.

2. Mengobati sembelit dan diare

penyebab diare

Sebuah penelitian pada hewan baru-baru ini menunjukkan bahwa flaxseed oil bisa bertindak sebagai pencahar alami untuk melancarkan buang air besar karena sembelit.

Studi lain melibatkan 50 pasien hemodialisis yang mengalami sembelit. Dari hasil penelitian diketahui bahwa minyak biji rame ternyata mampu meningkatkan frekuensi buang air besar dan meningkatkan konsistensi feses. Hal tersebut sama efektifnya dengan penggunaan minyak zaitun dan minyak mineral lainnya untuk mengatasi sembelit.

Namun, penelitian tentang efek minyak biji rami pada sembelit dan diare saat ini terbatas pada studi hewan dan studi pada orang dengan kondisi tertentu. Jadi, masih butuh lebih banyak lagi penelitian guna memastikan manfaatnya pada semua kalangan.

3. Memperbaiki jaringan kulit yang rusak

vitamin untuk kulit agar selalu sehat

Asupan asam alfa linoleat (ALA) yang rendah dikaitkan dengan berbagai masalah kulit. Kabar baiknya, flaxseed oil tinggi akan kandungan ALA sehingga dapat mendukung kesehatan kulit Anda.

Hal ini pun sudah dibuktikan oleh penelitian. Penelitian menunjukkan bahwa minyak biji rami dapat membantu mengurangi peradangan sel kulit dan meningkatkan regenerasi kulit. Alhasil kulit Anda jadi lebih sehat dan mulus.

4. Membantu menurunkan berat badan

mempertahankan berat badan

Bagi Anda yang punya rencana diet untuk menurunkan berat badan, flaxseed oil bisa jadi pilihan terbaik untuk ditambahkan dalam menu makanan sehari-hari. Ya, minyak ini membantu melancarkan pencernaan yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dan menurunkan berat badan.

Sebuah laporan studi pada tahun 2012 dalam jurnal Appetite menemukan bahwa minyak biji rami dapat membantu menekan nafsu makan sehingga membuat asupan makanan Anda jadi menurun. Kabar baiknya, penurunan asupan makanan ini membantu mempercepat proses penurunan berat badan Anda.

Ada baiknya Anda imbangi dengan makan makanan sehat yang kaya nutrisi serta olahraga secara teratur. Hal ini dilakukan agar proses penurunan berat badan Anda lebih optimal.

5. Mengurangi gejala menopause

tanda gejala menopause

Ada beberapa bukti penelitian yang menunjukkan bahwa minyak biji rami dapat membantu mengatasi gejala menopause seperti hot flashes.

Hot flashes merupakan kondisi di mana Anda mengalami sensasi panas, baik di bagian atas tubuh Anda atau bahkan seluruhnya. Wajah dan leher Anda mungkin dapat menjadi merah dan Anda mungkin akan menjadi berkeringat.

Sebagian besar wanita mengalami kondisi ini selama satu hingga dua tahun menjelang memasuki masa menopause. Kabar baiknya, suplemen minyak biji rami dapat membantu meredakan gejala menopause tersebut.

6. Menurunkan risiko kanker

sembuh dari kanker payudara

Flaxseed oil mengandung linoorbitides, yaitu senyawa yang dikenal memiliki sifat antikanker dan antioksidan.

Kandungan lignaan dalam flaxseed juga diduga mampu memberikan perlindungan terhadap risiko kanker payudara. Para peneliti meyakini bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan lignan sejak remaja dapat membantu mencegah terkena kanker payudara dan meningkatkan angka harapan hidup para penderita kanker payudara.

Tak hanya itu, kandungan asam alfa linoleat (ALA) dalam minyak ini juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan bahkan membunuh sel kanker.

Baca Juga:

Sumber