Cara Benar Mencuci Pakaian Supaya Ampuh Membunuh Kuman Penyakit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Anda sudah capek-capek mencuci pakaian, tapi apakah Anda yakin jika semua kuman yang menempel pada pakaian Anda hilang setelah dicuci? Atau jangan-jangan selama ini baju yang Anda pakai masih dipenuhi dengan kuman?

Bagaimana cara mencuci pakaian agar bisa membunuh bakteri dan kuman penyakit?

Tahukah Anda bahwa semua pakaian yang Anda gunakan mengandung banyak bakteri dan kuman penyakit? Apalagi jika Anda menghabiskan kegiatan seharian di luar rumah, maka semakin banyak kuman yang akan menempel di baju dan celana Anda. Belum lagi keringat yang menempel di baju membuat kuman semakin banyak ada di pakaian.

Oleh karena itu, pakaian yang telah digunakan sebaiknya dicuci agar semua kuman-kuman tersebut hilang. Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi hilangnya kuman ketika Anda mencuci pakaian:

Jenis dan sifat air akan memengaruhi kebersihan dari pakaian Anda

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam International Scientific Forum on Home Hygiene, menyatakan bahwa mencuci pakaian dengan air yang suhunya rendah mungkin tidak cukup kuat untuk membunuh kuman penyakit yang menempel di baju dan celana. Bahkan disebutkan dalam penelitian di Jerman bahwa pakaian mungkin saja terkontaminasi dengan bakteri Staphylococcus aureus yang merupakan bakteri penyebab dari infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit serta pneumonia.

Dalam studi ini disebutkan bahwa kuman penyakit hanya akan mati jika dicuci dengan menggunakan air yang bersuhu di atas 40 derajat celcius dan dikombinasikan dengan penggunaan detergen dan pemutih. Virus dan bakteri penyakit lain yang bisa ada di dalam pakaian Anda yaitu Salmonella, virus hepatitis A, norovirus, rotavirus, dan E.coli. Faktanya, mencuci pakaian dengan suhu 30-40 derajat celcius hanya membunuh sebanyak 6% tungau dan kuman penyakit yang menempel.

Jika Anda menggunakan air dingin saat mencuci baju dan celana Anda, maka Anda sebaiknya menambahkan cairan disinfektan agar kuman mati.

Kuman yang hilang juga tergantung dengan jenis deterjen yang Anda gunakan

Sebenarnya, semua produk deterjen mungkin memiliki kandungan zat kimia yang sama. Sama-sama mampu untuk menghilangkan noda di pakaian. Namun bagaimana dengan bakteri dan kuman di pakaian?

Terdapat dua jenis deterjen untuk mencuci pakaian yang bisa Anda gunakan. Pertama adalah deterjen non-biologis yang mengandung pemutih untuk membersihkan dan mengandung disinfektan. Sedangkan deterjen lainnya yaitu deterjen biologis yang bergantung pada enzim yang dianggap kurang mampu membunuh kuman penyakit.

Tidak hanya itu, deterjen juga terbagi dua berdasarkan bentuknya, yaitu cair dan bubuk. Deterjen cair lebih tepat digunakan untuk mencuci dengan air dingin, sedangkan deterjen bubuk sebaliknya.

Selain disinfektan, Anda sebaiknya menjemur pakaian Anda di bawah sinar matahari langsung. Sebab, tidak hanya membuat pakaian lebih cepat kering, sinar matahari juga dianggap mampu membantu dalam membunuh kuman yang masih tertinggal di pakaian.  

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

bakteri pada uang kertas

Mengenal Bakteri pada Uang Kertas dan Koin dan Dampaknya bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 4 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
cara cuci tangan dengan benar

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 4 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca