3 Khasiat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Siapa tidak kenal dengan bunga mawar? Selain menjadi simbol cinta abadi, bunga yang punya nama latin rosa damascena ini sering juga diekstrak menjadi minyak esensial untuk mengobati masalah kesehatan tertentu karena sifat penyembuhnya. Apa saja manfaat minyak mawar untuk kesehatan?

Segudang manfaat minyak mawar untuk kesehatan

1. Meredakan stres

Pereda stres adalah salah satu manfaat minyak mawar yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Sebuah penelitian tahun 2009 menyimpulkan bahwa penggunaan minyak mawar sebagai aromaterapi terbukti dapat menurunkan stres dan memunculkan sensasi rileks serta ketenangan yang lebih cepat dibanding jenis aromaterapi lainnya.

Menghirup aroma minyak mawar juga dilaporkan membantu mengatur pernapasan dan tekanan darah lebih stabil dibanding dengan orang yang diuji menggunakan plasebo atau obat kosong. 

2. Bikin tidur jadi lebih nyenyak

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice tahun 201 menunjukkan minyak mawar berpotensi membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Laporan ini disimpulkan setelah meminta 60 orang secara rutin menghirup uap minyak aromaterapi mawar selama 3 malam berturut-turut. Hasilnya, mereka memiliki kualitas tidur yang membaik.

3. Meredakan nyeri PMS

Ketika dicampur dengan minyak lavender, kayu manis, dan minyak cengkeh, minyak bunga mawar dapat dipakai untuk memijat perut wanita yang mengalami PMS.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Complementary Based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2013, para ilmuwan menemukan bahwa wanita yang rutin memijat perut dengan campuran minyak mawar sekali sehari selama tujuh hari sebelum hari menstruasinya mengalami nyeri PMS yang lebih ringan (baik intensitas maupun durasinya) dibanding dengan wanita yang pijat menggunakan minyak lainnya.

Perhatikan ini sebelum pakai minyak mawar

Manfaat minyak mawar untuk kesehatan memang menggiurkan. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Jangan menggunakan minyak mawar dengan dioleskan langsung pada kulit. Minyak mawar juga tidak boleh diteteskan ke mata atau hidung.

Umumnya minyak mawar digunakan dengan mengencerkannya dengan minyak pelarut atsiri, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko efek samping alergi yang mungkin terjadi.

Cara lain untuk memakai minyak mawar adalah dengan menghirupnya. Anda bisa teteskan sedikit minyak mawar ke dalam sebuah baskom berisi air hangat dan hirup uap airnya, atau gunakan mesin diffuser untuk mengubah minyak menjadi uap yang tersebar ke seluruh ruangan.

Ada baiknya sebelum pakai minyak mawar Anda tes dulu dengan mengolesk sedikit minyak ke kulit di belakang telinga atau punggung tangan. Tunggu dalam 24 jam setelahnya dan lihat apakah ada reaksi alergi yang muncul. Misalnya kulit jadi gatal-gatal dan kemerahan atau bahkan iritasi. Bila muncul iritasi atau gatal, sebaiknya jangan gunakan minyak mawar.

Wanita hamil dan menyusui dan anak-anak harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak mawar atau minyak apapun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah keluhan yang umum dengan banyak kemungkinan penyebab. Cari tahu gejala, pengobatan, dan cara mengatasi nyeri pinggang di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Warna dahak yang normal adalah bening. Jika Anda mengeluarkan dahak yang berwarna, maka hal itu adalah tanda dari kondisi medis. Apa arti dari warna dahak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Batuk, Kesehatan Pernapasan 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Pertolongan Pertama untuk Mengobati Sengatan Lebah

Katanya, sengatan lebah bisa bikin seseorang meriang dan panas dingin. Lalu bagaimana cara pertolongan pertama dalam mengobati sengatan lebah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 23 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perut kosong hindari makan pedas dan asam

Kenapa Makanan Pedas Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
Konten Bersponsor
keluarga sehat karena melakukan perilaku hidup bersih dan sehat

4 Tips Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Lindungi Diri dan Keluarga di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
memanaskan makanan

Bolehkah Memanaskan Makanan Dalam Wadah Plastik di Microwave?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit