Beragam Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bunga mawar memang seringnya digunakan sebagai bunga lambang cinta. Namun, siapa sangka jika bunga yang memiliki wangi mewah dan feminim ini memiliki manfaat untuk kecantikan kulit? Manfaat tersebut bisa didapati pada air mawar yang terbuat dari penyulingan kelopak bunga mawar. Penasaran apa saja manfaat air mawar untuk kecantikan? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Apa itu air mawar?

Rose water atau air mawar mungkin bukan produk kecantikan yang populer. Padahal, air mawar telah digunakan selama ribuan tahun sebagai ramuan tradisional untuk produk kecantikan dan produk makanan juga minuman. Air mawar dibuat dengan cara melakukan penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar.  

Air mawar mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat karena efek relaksasinya pada kulit. Sifat dari air mawar sendiri yang anti inflamasi juga akan meredakan efek ruam atau peradangan pada kulit Anda. Selain itu, air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini dapar bekerja dengan baik di kulit wajah sebagai antioksidan yang dipercaya mampu melawan penuaan (aging).

Manfaat air mawar untuk kecantikan kulit

Berikut ini beragam manfaat air mawar untuk kecantikan kulit yang harus Anda ketahui:

1. Toner wajah alami

Manfaat air mawar yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar. Yap! Air mawar sering digunakan sebagai toner atau pembersih wajah yang bisa memberikan efek menyegarkan di kulit wajah. Anda bisa menuangkan air mawar pada kapas, lalu tepuk-tepuk pada permukaan wajah Anda. Lakukan cara ini sebelum tidur secara rutin.

2. Mencegah munculnya jerawat

Antiseptik yang terkandung di dalam air mawar bermanfaat untuk menangani masalah bakteri yang sangat rentan pada kulit berjerawat. Gunakan air mawar di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare. Dengan cara yang sama, lakukan juga di malam hari. Jika Anda menggunakan secara rutin selama kurang lebih tiga minggu, maka manfaatnya akan cukup baik untuk menangani masalah kulit berjerawat.

3. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat air mawar lainnya adalah untuk mencerahkan kulit. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin A dan E yang bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

4. Mencegah penuaan dini

Formula lain dari air mawar yang bisa diandalkan adalah rose hip seeds. Zat ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Nutrisi yang meresap ke dalam kulit, mampu meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan di wajah sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.

5. Meredakan peradangan pada kulit

Air mawar memiliki sifat inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat, ataupun masalah kulit lainnya. Selain itu, air bunga mawar ini juga bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit dan membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori yang yang menyebabkan komedo.

6. Memberikan efek relaksasi

Selain menyegarkan, air mawar juga nyatanya memiliki efek rileksasi atau menangkan. Karena itu, air mawar cocok digunakan sebagai campuran air untuk berendam dengan air hangat. Anda bisa menyampurkan dua gelas ekstrak air mawar untuk merileksasi tubuh ketika mandi setelah lelah beraktivitas seharian.

7. Membantu menghilangkan ketombe

Air mawar dikenal sebagai pengobatan untuk radang kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Air bunga mawar ini dapat dijadikan sebagai kondisioner alami yang memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Amankah Mengoleskan Cuka Apel di Kulit Wajah?

Pamor cuka apel cukup terkenal dalam dunia kecantikan sebagai pembasmi jerawat. Namun, apakah benar aman pakai cuka apel untuk wajah? Simak apa kata dokter.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 29 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah?

Selain dijadikan pengganti susu sapi, susu kambing juga diolah menjadi sabun. Sabun susu kambing menyimpan segudang manfaat. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

8 Manfaat Minyak Argan: Rahasia Cantik Gadis Timur Tengah

salah satu rahasia cantik gadis-gadis Timur Tengah adalah karena rutin menggunakan minyak argan. Simak manfaat minyak argan dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Fungsi Toner untuk Kulit Wajah dan Tips Memilih yang Terbaik

Sudah pakai pelembap, apakah masih perlu pakai toner? Memangnya, apa fungsi toner dan siapa yang harus memakainya setiap hari?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit



Direkomendasikan untuk Anda

manfaat arang untuk kecantikan

7 Manfaat Menakjubkan Arang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
urutan produk perawatan kulit skincare malam

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cepat tua

Cek Menu Harian Anda: 9 Makanan Ini Membuat Anda Tampak Cepat Tua

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit