Daftar Makanan untuk Penderita Lupus: Mana yang Baik, Mana yang Harus Dihindari?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Penderita penyakit lupus akan sering mengalami peradangan dan infeksi akibat gangguan sistem kekebalan tubuh yang mereka alami.  Meskipun belum ada obatnya, namun dengan mengonsumsi makanan yang tepat akan membuat penderita lupus menjalani pengobatan lebih mudah. Lalu, adakah diet khusus yang harus dilakukan oleh penderita lupus? Makanan apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari?

Diet apa yang harus diterapkan oleh penderita lupus?

Sejauh ini, tak ada jenis diet khusus yang dianjurkan untuk penderita lupus. Penderita lupus sebaiknya mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Makanan memang tak dapat menyembuhkan penyakit lupus, namun dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, penderita lupus dapat:

  • Memiliki tulang dan otot yang kuat
  • Mengalami peradangan yang tidak terlalu berat
  • Tidak mengalami banyak efek samping akibat obat yang dikonsumsi
  • Mempunyai berat badan yang ideal sehingga mencegah timbulnya penyakit lain

Secara umum, pembagian kebutuhan zat gizinya hampir sama seperti orang sehat kebanyakan, yaitu karbohidrat sebesar 50%, protein 15%, dan lemak sebanyak 30% dari total kalori per hari. Tentu, hal ini tergantung dengan kondisi masing-masing individu. Bila Anda ingin mengetahui lebih detil, Anda dapat berkonsultasi pada ahli gizi.

Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi penderita lupus?

Untuk mengurangi gejala yang timbul, ada berbagai makanan yang bisa Anda konsumsi, berikut adalah makanan tersebut:

1. Makanan dengan antioksidan tinggi

Orang dengan penyakit lupus akan sering mengalami peradangan, oleh karena itu dibutuhkan makanan untuk mengurangi dampak tersebut. Dalam hal ini, Anda dapat mengandalkan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan banyak ditemukan di berbagai macam buah dan sayur-sayuran.

2. Makanan yang mengandung omega-3

Tak hanya antioksidan yang baik untuk meringankan peradangan, namun omega-3 juga dapat membantu Anda mencegah gejala tersebut. Bahkan, omega-3 mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke yang rentan dialami oleh penderita lupus. Makanan yang mengandung omega-3 yaitu:

  • Salmon
  • Tuna
  • Sarden
  • Mackarel

Bila Anda lebih memilih mengonsumsi suplemen omega-3, maka sebaiknya diskusikan dulu dengan tim medis yang menangani Anda.

3. Makanan dengan kandungan kalsium dan vitamin D tinggi

Orang yang menderita lupus juga cenderung memiliki tulang yang rapuh. Selain itu, obat-obatan yang dikonsumsi, memiliki efek samping terhadap tulang, sehingga membuat risiko tulang rapuh semakin besar.  Risiko tersebut dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D yang tinggi – yang bisa membuat tulang lebih kuat. Anda dapat menemukan kalsium dan vitamin D yang banyak pada makanan:

  • Susu dan olahannya, pilihlah produk yang rendah lemak
  • Sayuran yang berwarna hijau tua, seperti bayam dan brokoli
  • Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang kedelai, dan kacang almon

hal yang bikin salad tidak sehat

Makanan apa yang harus dihindari penderita lupus?

Ada beberapa jenis makanan yang justru membuat gejala lupus yang Anda derita semakin buruk, berikut adalah makanan-makanan yang harus Anda batasi atau hindari:

1. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Lemak jenuh dan lemak trans dapat membuat Anda berisiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Tentu makanan yang mengandung kedua lemak tersebut harus Anda hilangkan dari menu makanan Anda. makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi yaitu, junk food serta berbagai jenis makanan atau minuman kemasan.

2. Makanan yang mengandung natrium terlalu banyak

Tak hanya orang yang tekanan darah tinggi saja yang harus menghindari konsumsi natrium dalam jumlah banyak, begitu juga penderita lupus. Natrium yang banyak ditemukan pada makanan kemasan ini membuat penderita lupus mudah terserang penyakit jantung. Oleh karena itu, hindari makanan kemasan serta makanan yang mengandug garam yang tinggi.

3. Makanan dengan campuran bawang

Bagi sebagian orang, bawang adalah bumbu pelengkan yang membuat makanan menjadi lebih lezat. Namun sayangnya, hal ini tak dapat dirasakan oleh penderita lupus, sebab bawang adalah makanan wajib yang harus dihindari. Menurut penelitian, bawang berfungsi untuk meningkatkan sel darah putih yang menjadi pasukan utama dari kekebalan tubuh. tentu, makanan ini menjadi buruk bagi penderita lupus karena semakin sel darah putih, semakin banyak organ yang diserang dan akhirnya gejala yang timbul kian parah.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 2, 2017 | Terakhir Diedit: September 5, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca