4 Gejala Batu Ginjal yang Mudah Anda Kenali

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Di Indonesia, jumlah pengidap batu ginjal mencapai angka 0,5% dari populasi. Penyakit ini lebih banyak dialami oleh pria dibandingkan wanita. Menurut penelitian, hal ini terkait dengan obstruksi saluran kencing pada pria. Penyakit ini sangat berbahaya karena batu ginjal kronis dapat menyebabkan gagal ginjal. Sebelum terlambat, ada baiknya Anda ketahui gejala batu ginjal berikut ini.

Apa saja gejala batu ginjal yang harus diwaspadai?

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Gejala batu ginjal tidak akan terasa jika ukuran batu relatif kecil dan bisa keluar dari saluran kemih bersamaan dengan aliran urine dengan lancar. Gejala baru bisa dirasakan apabila batu tertahan di dalam ginjal, batu berukuran terlalu besar melewati ureter, atau batu ginjal menyebabkan infeksi.

Ureter adalah saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Bentuk organ ini menyerupai tabung dengan struktur jaringan yang sensitif. Ketika batu ginjal yang besar melewati ureter, batu tersebut akan bergesekan dengan dinding ureter sehingga menyebabkan iritasi dan berisiko melukai.

Sebelum terlambat, ada baiknya Anda kenali gejala batu ginjal untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat agar tidak menjadi batu ginjal kronis dan menyebabkan gagal ginjal. Apa saja gejala batu ginjal? Berikut ulasannya.

1. Nyeri di beberapa bagian tubuh

Nyeri akibat batu ginjal bisa terasa ringan sampai berat, batu ginjal yang lebih besar lebih mungkin menyebabkan rasa sakit ketika turun ke ureter dan keluar dari tubuh melalui urin.

Bagian tubuh yang merasakan nyeri paling umum terkait batu ginjal adalah punggung bagian bawah (di kedua sisi), perut bagian bawah dan daerah selangkangan, serta di bawah tulang rusuk. Rasa sakit mungkin datang bergelombang. Anda juga mungkin sering mengalami nyeri saat buang air kecil.

2. Mual dan muntah

Rasa sakit yang diakibatkan batu ginjal mungkin begitu parah sehingga Anda mungkin juga mengalami mual dan muntah. Ketika batu ginjal bergerak ke ureter dan menghalangi aliran urin, hal ini menyebabkan rasa sakit yang digambarkan lebih buruk daripada melahirkan. Nyeri hebat, mual, dan muntah harus diobati dengan obat nyeri kuat, antiemetik, dan cairan infus.

3. Darah dalam urin

Darah dalam urin atau sering juga disebut dengan istilah hematuria adalah gejala batu ginjal paling umum. Munculnya darah berasal dari luka yang disebabkan oleh batu ginjal ketika melewati saluran kencing atau ureter. Batu ginjal menyebabkan luka dan mengiritasi ureter dan biasanya darah akan ikut kelar saat buang air kecil.

Urin Anda mungkin terlihat merah muda atau kemerahan tergantung pada beratnya perdarahan. Darah dalam urin merupakan gejala serius dari penyakit batu ginjal.

4. Urin berwarna keruh

Warna urin pada orang normal yang tidak memiliki kondisi medis tertentu adalah bening atau kuning, namun pada pengidap batu ginjal warna urin bisa berwarna keruh atau sangat berbau. Hal ini bisa menjadi tanda infeksi yang berhubungan dengan batu ginjal. Bila warna urin Anda berubah keruh dan disertai gejala batu ginjal lainnya. Ada baiknya, segera konsultasikan hal ini kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca