Tips Menurunkan Kolesterol Dengan Yogurt

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tahukah Anda selain menguntungkan saluran pencernaan, menurut penelitian, yogurt juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda? Seperti apa cara kerja yogurt menurunkan kolesterol? Simak ulasannya.

Menurut penelitian, yogurt dapat menurunkan kolesterol

Ada cara mudah dan praktis untuk menurunkan kolesterol Anda tanpa repot-repot, yaitu dengan menambahkan yogurt sebagai kebiasaan makan Anda. Menurut penelitian, mengonsumsi yogurt dapat mempengaruhi tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh Anda. Di dalam penelitian, mereka yang mengonsumsi yogurt memiliki metabolisme yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi yogurt.

Orang-orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi yogurt cenderung memiliki indeks masa tubuh yang lebih rendah. Mereka juga memiliki tingkat trigliserida dan glukosa atau kadar gula dalam darah yang lebih rendah. Tidak hanya itu, yogurt juga mampu menaikkan tingkat HDL (high-density lipoproteins) atau kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of McGill di Montreal, Kanada, mengonsumsi dua dosis probiotik dalam sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan probiotik di dalam yogurt disinyalir mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Penelitian ini melibatkan 127 orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, mereka dibagi ke dalam dua kelompok, kelompok pertama diberikan suplemen probiotik  yang setara dengan dua yogurt dua kali sehari dalam waktu sembilan minggu sedangkan kelompok kedua tidak diberikan asupan probiotik. Mereka yang ada di kelompok pertama menunjukkan penurunan kadar total kolesterol sebanyak 9 persen, kadar kolesterol jahat atau LDL juga mengalami penurunan sebanyak 12 persen.

Jenis yogurt apa yang baik untuk menurunkan kolesterol?

Sebelum Anda terburu-buru membeli yogurt, ada baiknya Anda mengetahui yogurt seperti apa yang benar-benar mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Penting untuk Anda memahami perbedaan jenis yogurt. Banyaknya yogurt yang mengandung gula harus membuat Anda berhati-hati dalam memilih yogurt. Berikut kandungan jenis yogurt yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Secangkir yogurt tawar dengan susu utuh mengandung, 104 kalori, 7,9 gram gula, dan 5,5 gram lemak. Sedangkan yogurt dengan rasa buah mengandung 194 kalori, 19,4 gram gula, dan 5,7 gram lemak. Untuk jenis greek yogurt yang sering Anda lihat di iklan TV, yogurt ini mengandung 100 kalori, 5,5 gram gula, dan 0,7 gram lemak.

Anda harus tahu bahwa kandungan gula dalam yogurt tawar berasal dari laktosa, gula alami yang ada pada susu. Bandingkan dengan yogurt rasa buah yang mengandung 12 gram gula tambahan belum termasuk gula alami yang ada pada susu.

Yogurt mana yang tepat untuk Anda? Yogurt yang banyak mengandung gula hanya cocok camilan Anda atau dessert setelah makan. Menurut Cleveland Clinic, yogurt tawar tanpa lemak adalah pilihan paling sehat. Anda juga bisa memilih greek yogurt, karena mengandung lebih banyak protein, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Yogurt tawar dan greek yogurt memiliki kandungan protein, probiotik, dan kalsium yang hebat.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari mengonsumsi yogurt untuk menurunkan kolesterol, pastikan bahwa yogurt Anda mengandung bakteri lactobacillus acidophilus La5 dan bifidobacterium lactis Bb12. Menurut Journal Dairy of Science, kedua bakteri probiotik ini mampu menurunkan kadar kolesterol, terutama kolestrol jahat atau LDL.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca