backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

13 Rekomendasi Merk Susu Rendah Lemak, Aman untuk Diet

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Dwi Ratih Ramadhany · Tanggal diperbarui 25/04/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

13 Rekomendasi Merk Susu Rendah Lemak, Aman untuk Diet

Minum susu saat diet tentu boleh-boleh saja. Namun, Anda perlu memilih susu rendah lemak agar asupan kalori tidak berlebih. Beberapa merk susu rendah lemak dan tinggi kalsium di bawah ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang diet. 

Cara kami memilih merk susu rendah lemak

Susu rendah lemak memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit, sehingga jumlah kalori di dalamnya pun lebih rendah dari pada susu biasa.

Jenis susu inilah yang biasanya dipilih oleh sebagian orang saat sedang menjalani diet menurunkan berat badan.

Selain susu rendah lemak, asupan kalsium cukup juga tak kalah penting saat Anda diet menurunkan berat badan seperti yang dikemukakan lewat studi dalam jurnal Fibre-Rich And Wholegrain Foods (2013).  

Kalsium ini berperan dalam metabolisme tubuh dan memecah lemak, sehingga kadar lemak di tubuh pun akan berkurang.

Untuk itu, kami hanya merekomendasikan merk susu yang rendah lemak dengan kandungan kalsium cukup tinggi dan aman untuk diet.

13 rekomendasi merk susu rendah lemak

Memilih merk susu rendah lemak untuk dewasa memang tidak selalu mudah. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal, mulai dari kandungan gizinya hingga harga produknya.

Namun jangan khawatir, di bawah ini sejumlah merk susu rendah lemak yang menjadi rekomendasi terbaik. 

1. Diamond Milk Rendah Lemak

Jika Anda sedang mencari merk susu UHT rendah lemak dan tinggi kalsium, Diamond Milk ini bisa jadi pilihan Anda.

Susu ini diproses melalui pemanasan dengan suhu sangat tinggi dan dalam waktu singkat, sehingga dapat membunuh bakteri secara cepat.

Kandungan lemaknya pun hanya 2,5 gram dan kalori yang dimiliki sebesar 80 kkal per 200 ml sajian. Terlebih, susu ini juga diperkaya dengan vitamin A, B kompleks, C, D, dan sejumlah mineral penting, terutama kalsium.

Nomor registrasi BPOM: MD 400228160007

2. Bear Brand Gold Malt

Jika ingin minum susu rendah lemak yang praktis dan mudah dibawa ke mana pun, Anda bisa memilih merk Bear Brand Gold Malt.

Susu ini mengandung hanya 1,5 gram lemak dengan vitamin B1 dan B2 yang berperan dalam proses perubahan karbohidrat menjadi energi.

Selain itu, kandungan vitamin B6 dalam susu ini berperan penting dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan pembentukan jaringan. Minum susu ini membuat Anda lebih berenergi walau sedang diet.

Nomor registrasi BPOM: ML 500809003696

3. Prolac Susu Skim Bubuk

Lebih suka susu seduh? Anda bisa mencoba merk susu rendah lemak yang satu ini.

Prolac susu skim bubuk hanya mengandung 0,5 gram lemak dan kalori sekitar 90 kkal dalam setiap takarannya (25 gram atau 3 sendok makan).

Selain itu, susu ini bisa Anda gunakan sebagai pengganti santan yang cenderung tinggi kolesterol.

Rasanya yang tidak manis membuat susu ini juga cocok untuk dicampurkan ke berbagai jenis olahan makanan.

Nomor registrasi BPOM: ML 802902414315

4. HiLo Active

Merk susu HiLo Active ini tidak sekadar menawarkan kandungan lemak rendah, tapi juga kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Dalam 1 porsi (35 gram atau 3 sendok makan), Anda mendapatkan 2 gram lemak dan 505 mg kalsium. Jumlah kalsium ini mencukupi setengah kebutuhan kalsium harian Anda.

Memenuhi asupan kalsium ini dapat membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. 

Nomor registrasi BPOM: MD 667010142187

5. Greenfields Low Fat

Susu Greenfields Low Fat Milk menawarkan berbagai kandungan gizi seperti vitamin A, B1, B2, kalsium, dan fosfor untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda selama diet.

Merk susu rendah lemak ini berasal dari peternakan terbesar di Indonesia dengan kualitas susu sapi Holstein segar dan tanpa tambahan pengawet.

Kandungan lemak dalam susu ini hanya sekitar 1,1% atau sekitar 3 gram. Tak heran jika jumlah kalorinya pun hanya 110 kkal per 200 ml sajian.

Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir mengonsumsi susu ini akan menggagalkan hasil diet jika dikonsumsi sewajarnya.

Nomor registrasi BPOM: MD 405713016431

6. Frisian Flag Low Fat

Memilih merk susu rendah lemak yang tepat bisa jadi awal mula pola makan dan gaya hidup jadi lebih sehat.

Terlebih selama diet, Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi tambahan dengan minum susu Frisian Flag Low Fat tanpa khawatir dengan pertambahan kalori yang terlalu besar.

Pasalnya, dalam 1 kemasan kecil Frisian Flag Low Fat (setara dengan 225 ml) hanya mengandung 3 gram lemak dan kalori sebesar 110 kkal.

Susu ini juga mengandung zat gizi makro dan mikro yang cukup lengkap, seperti protein, vitamin, hingga kalsium.

Nomor registrasi BPOM: MD 400209003172

7. Entrasol active

Bagi Anda yang mempunyai riwayat darah tinggi mungkin sudah tidak asing dengan salah satu merk susu rendah lemak ini.

Selain rendah lemak (hanya 2 gram per sajian), Entrasol Active memiliki dua kandungan unggul, yaitu kalsium untuk Power Bone (kekuatan tulang) yang mencapai 60% kebutuhan harian dan Hytolive atau kandungan antioksidan.

Kandungan tersebut akan membantu tubuh Anda melawan penyakit degeneratif seperti osteoporosis hingga rematik.

Nomor registrasi BPOM: MD 805010710281

8. Tropicana Slim Low Fat

Produk Tropicana Slim sudah lama dikenal sebagai salah satu susu yang sering dikonsumsi saat diet. Merk susu ini rupanya juga menyediakan variasi rendah lemak atau low fat.

Produk susu ini tak hanya dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal yang diinginkan saat diet, tapi juga mengklaim efektif menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Pasalnya, susu ini hanya mengandung 0,5 gram total lemak dan bebas lemak jenuh yang sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung.

Nomor registrasi BPOM: MD 861328001350

9. Ultra Milk low Fat High Calcium

Susu yang satu ini tak hanya mengandung lemak lebih rendah, tapi juga kalsium lebih tinggi.

Susu ini memiliki kandungan lemak sebesar 3 gram dan kalsium 40% dalam tiap sajian (250 ml) dengan jumlah kalori sebesar 110 kkal saja.

Jenis susu ini termasuk praktis karena dapat langsung diminum dan bisa Anda temukan dalam kemasan sekali minum (250 ml) maupun ukuran besar (1000 ml).

Nomor registrasi BPOM: MD 400810031129

10. Cimory Pasteurized Fresh Milk Low Fat

Cimory Fresh Milk Low Fat merupakan merk susu rendah lemak yang dibuat dari susu sapi segar yang berasal dari pegunungan Cisarua, Jawa Barat.

Proses ini dilakukan dengan menggunakan teknologi sterilisasi (pasteurisasi), sehingga kandungan nutrisinya diklaim lebih banyak ketimbang susu UHT (Ultra High Temperature).

Cimory Fresh Milk Low Fat merupakan susu rendah lemak yang mampu membantu mengontrol konsumsi lemak (3 gram per 200 ml) dengan kalori sebesar 80 kkal saja.

Dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah, tak heran banyak yang mengonsumsi susu ini selama diet menurunkan berat badan.

Nomor registrasi BPOM: MD 400110018136

11. L-Men Loseweight Whey Protein

Program menurunkan berat badan tak hanya dilakukan oleh wanita, tapi juga pria. L-Men Loseweight Whey Protein membantu pria mewujudkan hasil diet yang diinginkan.

Susu L-Men Loseweight Whey Protein secara spesifik mengklaim bisa menurunkan berat badan hingga 1,5 kg dalam seminggu.

Hal ini karena kandungan protein pada susu yang tinggi dan lemak yang rendah untuk menjaga massa otot agar dapat beraktivitas dengan bugar setiap harinya.

Nomor registrasi BPOM: MD 862310181157

12. Slim&Fit

Jika Anda sedang mencari merk susu rendah lemak yang mengenyangkan dan bernutrisi saat diet, susu Slim&Fit bisa jadi pilihan Anda.

Susu ini menawarkan berbagai kandungan zat gizi makro dan mikro dan hanya mengandung 1,5 gram lemak per kemasan (52 gram). 

Meskipun jumlah kalori pada tiap sajiannya cukup tinggi (200 kkal), susu ini cukup mengenyangkan karena kandungan serat pangannya yang tinggi (5 gram).

Dengan begitu, Anda jadi tak mudah tergiur untuk makan banyak dan berat badan pun jadi lebih terjaga.

Nomor registrasi BPOM: MD 805010625281

13. Brookfarm Low Fat

Merk susu ini terbuat dari 100% susu sapi segar dan memiliki kandungan lemak cukup rendah, yaitu sekitar 1,5 gram dalam 200 ml sajian.

Brookfarm Low Fat Milk mempunyai kandungan semua kebaikan susu, seperti protein, kalsium, vitamin A, B2, B12, dan D.

Dengan proses pasteurisasi untuk membunuh patogen, susu sapi segar yang punya jumlah kalori rendah (100 kkal per sajian) ini cocok untuk Anda yang sedang diet.

Nomor registrasi BPOM: MD 400128331007

Itulah sejumlah merk susu rendah lemak yang dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran dengan harga terjangkau.

Bila Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran seputar konsumsi susu dengan kondisi kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter maupun ahli nutrisi.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Dwi Ratih Ramadhany · Tanggal diperbarui 25/04/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan