Kulit Gatal Akibat Gigitan Kutu Kasur? Segera Atasi Dengan 3 Kiat Ampuh Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Bentol merah dan kulit gatal akibat gigitan nyamuk mungkin sudah biasa. Ya, cukup oleskan losion anti nyamuk untuk meredakan gatalnya. Namun, bagaimana dengan gigitan kutu kasur?

Tanpa disadari, gigitan kutu kasur bisa jadi lebih sakit, lebih gatal, dan meninggalkan bekas merah yang mengganggu. Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit gatal akibat ulah kutu kasur? Intip trik jitunya pada ulasan berikut ini.

Cara ampuh mengatasi gigitan kutu kasur pada kulit

Sebenarnya, bekas luka akibat gigitan kutu kasur dapat sembuh sendiri dan hilang selama 1 sampai 2 minggu. Akan tetapi, Anda mungkin sudah tidak tahan dengan sensasi gatal di kulit dan ingin segera mengobatinya.

Tenang. Berikut ini kiat-kiat ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mengobati gatal akibat kutu kasur, di antaranya:

1. Krim topikal

kulit gatal

Sebagai langkah awal, segera oleskan krim topikal pada area kulit yang gatal karena gigitan kutu kasur. Ada dua jenis krim topikal yang bisa Anda pilih, yaitu krim topikal yang dijual bebas di apotek atau krim topikal dengan resep dokter.

Contoh krim topikal bebas di antaranya losion calamine atau krim lainnya yang mengandung dipenhydramine atau kortison. Karena obat ini dijual bebas, maka pastikan Anda benar-benar mengikuti aturan pemakaiannya pada kemasan. Jangan ragu untuk menanyakannya kepada apoteker bila Anda masih bingung.

Jika kulit gatal tak juga reda meski sudah dioleskan krim topikal, maka segera konsultasikan ke dokter terdekat. Dokter mungkin akan meresepkan salep doxepin atau krim kortison untuk membantu meredakannya.

2. Antibiotik

aturan minum obat 3 kali sehari

Kulit gatal akibat gigitan kutu kasur mungkin membuat Anda jadi tak tahan untuk menggaruknya. Namun, segatal apa pun itu, sebaiknya hindari menggaruknya supaya tidak menyebabkan infeksi bakteri sekunder.

Jika Anda telanjur mengalami infeksi kulit, maka dokter akan meresepkan antibiotik untuk meringankan gejalanya. Antibiotik tersebut dapat berupa salep mupirocin (Bactroban®) atau obat minum seperti dipenhydramine (Benadryl®), tergantung dari seberapa parah infeksinya.

3. Rajin mengganti seprai

bahaya membereskan tempat tidur

Ingat, mengobati gatal akibat kutu kasur tidak hanya sekadar mengoleskan salep atau minum antibiotik saja, lho. Semua ini bisa jadi sia-sia kalau Anda masih saja malas mengganti seprai kasur, tempat persembunyian si kutu kasur dan tungau.

Mulai sekarang, rajinlah mengganti seprai kasur, sarung bantal guling, dan selimut setidaknya 1-2 minggu sekali untuk mencegah gigitan kutu kasur di kemudian hari. Seprai harus dicuci menggunakan air panas supaya lebih efektif membunuh kutu kasur dan mencegahnya datang lagi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca