Cara Mudah Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Anda pasti sudah tahu bahwa cuci tangan sangat berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai kuman dan penyakit. Maka, mencuci tangan harus dibiasakan. Namun, ada juga saat-saat di mana Anda membutuhkan pembersih tangan yang bisa dibawa kemana pun, misalnya saat naik kendaraan umum. Di kala ini, hand sanitizer bisa menjadi pilihan Anda. Selain praktis dan tidak membutuhkan air, komposisi hand sanitizer juga sebenarnya sangat sederhana. Anda bahkan bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Mengapa harus membuat hand sanitizer sendiri?

Produk-produk hand sanitizer yang dijual di pasaran mengandung berbagai bahan kimia tambahan yang sebenarnya tidak perlu. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah agen antibakteri benama triklosan dan triklokarban. Penelitian yang dirilis oleh FDA (badan pengawas obat dan makanan) di Amerika Serikat pada 2013 membuktikkan bahwa agen antibakteri tersebut ternyata tidak bisa mengincar kuman dan bakteri penyebab penyakit seperti flu dan batuk. Lebih jauh, FDA melaporkan bahwa penggunaan produk antibakteri yang mengandung triklosan atau triklokarban tidak lebih ampuh dalam membersihkan tangan dibandingkan dengan produk yang bersifat alami tanpa tambahan zat kimia tertentu. Triklosan justru akan membuat tubuh Anda lebih resistan terhadap antibiotik bakteri.

Selain itu, kandungan triklosan ternyata berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi Anda dan keluarga. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of California Davis menguak bahwa penggunaan bahan kimia ini berisiko menyebabkan gangguan pada fungsi otot kerangka dan jantung manusia. Di samping bahaya tersebut, dampak dari penggunaan berbagai produk pencuci tangan yang mengandung triklosan atau triklokarban memang tidak akan langsung terasa. Biasanya penggunaan rutin dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun baru akan mengakibatkan kulit kering dan sensitif.

Berbagai minyak esensial dan khasiatnya

Sebagai pengganti agen antibakteri dan zat pewangi yang berbahaya bagi tubuh, gunakan minyak esensial murni dan organik untuk hand sanitizer Anda. Minyak esensial murni adalah ekstrak dari tumbuhan yang memiliki berbagai khasiat mujarab bagi tubuh Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keampuhannya.

Wangi yang dihasilkan pun bersifat alami. Jika dibandingkan dengan hand sanitizer yang dijual di toko-toko, aroma hand sanitizer dengan minyak esensial tidak menyengat ataupun berbau bahan kimia yang tajam. Sebagai acuan Anda, berikut adalah berbagai pilihan minyak esensial yang bisa dicampurkan dalam hand sanitizer buatan rumah.

Minyak pohon teh (tea tree oil)

Minyak esensial pohon teh sangat kaya akan kandungan antibakteri dan antimikrobial alami. Khasiatnya sebagai penangkal berbagai jenis virus, bakteri, dan kuman pun sudah teruji sejak berabad-abad lalu. Selain itu, minyak esensial ini juga mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Lavender

Berbagai penelitian di seluruh dunia telah membuktikan khasiat minyak esensial lavender sebagai antibakteri dan antijamur yang alami. Minyak ini juga aman bagi kulit sensitif. Di samping itu, aroma lavender yang menenangkan akan membuat Anda merasa lebih rileks.

Jeruk

Minyak esensial dari jeruk memiliki fungsi antiseptik dan antioksidan. Sebagai sumber antioksidan, minyak ini akan meregenerasi sel-sel kulit tangan Anda sehingga tangan pun akan senantiasa lembut dan kenyal. Untuk membantu mencegah pertumbuhan virus atau bakteri dalam tubuh, antioksidan bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.   

Kayu manis

Tak hanya sedap untuk dihidangkan sebagai pelengkap makanan dan minuman, kayu manis juga bisa dicampurkan dalam hand sanitizer alami Anda. Minyak esensialnya berfungsi sebagai antibakteri dan antimikrobial yang efektif menghalau berbagai organisme penyebab penyakit.

Alat dan bahan yang diperlukan

Untuk membuat hand sanitizer alami Anda di rumah, siapkan alat dan bahan-bahan berikut ini.

  • 3 sendok makan gel lidah buaya, bisa Anda beli di toko kecantikan atau apotek
  • Minyak esensial, Anda boleh mencampurkan beberapa jenis minyak esensial dan takarannya bisa disesuaikan dengan keharuman yang Anda inginkan (biasanya Anda akan membutuhkan sekitar 8 tetes)
  • 1 sendok makan isopropyl alkohol (IPA), bisa dibeli di apotek
  • Mangkuk atau wadah kaca
  • Botol plastik kecil

Cara membuat hand sanitizer

Campurkan dan aduk merata semua bahan yang sudah Anda siapkan ke dalam mangkuk kaca. Hindari mangkuk atau wadah plastik saat mengaduk adonan hand sanitizer. Ada risiko minyak esensial murni yang belum benar-benar menyatu dalam adonan akan merusak plastik. Namun, jika sudah teraduk hingga merata, wadah plastik boleh Anda gunakan.

Setelah semua bahan hand sanitizer Anda tercampur dengan konsistensi yang baik (tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental), pindahkan ke botol plastik kecil. Hand sanitizer alami Anda pun siap untuk dibawa ke mana pun Anda dan keluarga bepergian. Ketika menyimpan hand sanitizer buatan rumah ini, jangan lupa untuk menjauhkannya dari sinar matahari langsung.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Sederet Bahan Herbal yang Berpotensi Sebagai Obat untuk Psoriasis

Lidah buaya dan cuka apel adalah dua obat alami yang sering digunakan untuk penyakit psoriasis. Seberapa efektif kerja obat herbal psoriasis ini?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Kulit, Psoriasis 25 September 2020 . Waktu baca 9 menit

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ada sejumlah pilihan obat cacing kremi yang bisa Anda coba, mulai dari obat kimia atau obat dari bahan alami. Baca selengkapnya dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 25 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perut panas setelah makan; perut perih setelah makan; perut mulas

Perut Panas dan Ulu Hati Sakit Setelah Makan? Begini Mengatasinya

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit