Detak jantung dapat memberi tahu Anda seberapa banyak beban yang dipikul oleh tubuh Anda. Perenang Olimpik, Michael Phelps, memiliki detak jantung istirahat di rentang 30 denyut per menit. Denyut nadi miliknya setengah kali lebih rendah daripada warga Amerika Serikat pada umumnya.

Bagaimana dengan Anda?

Cara menghitung detak jantung saat istirahat

Menghitung denyut jantung adalah hal yang mudah, dan Anda dapat menggunakan angka Anda sebagai panduan seberapa keras Anda harus berolahraga untuk ke depannya.

Untuk menghitung denyut jantung, Anda hanya membutuhkan kemampuan berhitung dan sebuah stopwatch. Tapi, penting untuk memilih waktu kapan untuk menghitungnya. Anda akan mendapatkan pembacaan yang paling akurat dari irama denyut jantung Anda begitu Anda bangun pagi.

  • Tempatkan ujung telunjuk dan jari tengah tangan kanan di sisi telapak pergelangan tangan kiri (atau sebaliknya), tepat di bawah pangkal jempol. Atau, tempatkan ujung telunjuk dan jari ketiga di leher bagian rahang bawah Anda di salah satu sisi tenggorokan Anda. Jangan gunakan ibu jari karena ibu jari memiliki denyut ringan yang dapat membingungkan Anda saat menghitung.
  • Tekan lembut jari Anda sampai Anda merasakan denyut nadi di bawah jari Anda. Anda mungkin perlu memindah-mindahkan jari ke sekitarnya sampai Anda benar-benar merasakan denyut.
  • Hitung denyut nadi Anda dalam 10 detik. Kalikan hasilnya dengan 6 untuk mendapat angka denyut nadi istirahat anda per menit. Anda dapat menghitung denyut nadi Anda tiga kali, kemudian mengambil rata-rata dari ketiganya untuk benar-benar yakin.

Jadi, berapa angka denyut nadi Anda?

Menurut American Heart Association, denyut jantung istirahat rata-rata:

  • Anak-anak 10 tahun, dewasa yang lebih tua, dan manula: 60-100 denyut per menit (BPM)
  • Atlet pro terlatih adalah 40-60 denyut per menit (BPM)

Apa arti angka denyut nadi saya?

Dalam kategori usia di bawah ini, cari kelompok usia yang paling mendekati Anda untuk menemukan panduan target detak jantung normal Anda:

Kategori target detak jantung istirahat rata-rata per usia (sumber: heart.org)
Kategori target detak jantung istirahat rata-rata per usia (sumber: heart.org)

Denyut jantung maksimum adalah denyut jantung tertinggi dicapai selama latihan maksimal. Detak jantung maksimum Anda adalah 220 dikurangi usia Anda. Idealnya, angka denyut nadi Anda harus berada di antara 50-85 persen dari total detak jantung maksimum Anda. Denyut jantung selama kegiatan fisik yang cukup intens adalah sekitar 50-69% dari detak jantung maksimum Anda, sedangkan denyut jantung selama aktivitas fisik memberatkan dapat meningkatkan detak jantung hingga 70-90% dari denyut jantung maksimal.

Catatan Penting: Beberapa obat tekanan darah tinggi dapat menurunkan denyut jantung dan dengan demikian, juga menurunkan tingkat zona target. Jika Anda sedang dalam resep obat ini, hubungi dokter untuk mengetahui apakah Anda perlu menggunakan tingkat detak jantung yang lebih rendah.

Perlu diingat pula bahwa selain tingkat aktivitas, kebugaran, dan obat-obatan, detak jantung juga dapat dipengaruhi oleh suhu lingkungan, posisi tubuh (duduk atau berbaring, misalnya), emosi, dan postur badan.

Detak jantung saya di bawah normal, apa harus khawatir?

Denyut jantung lambat saat Anda tak melakukan apa-apa menyiratkan fungsi jantung yang lebih efisien dan kesehatan jantung dan paru yang lebih baik. Mungkin juga itu sebagai pertanda bagi Anda untuk sedikit mendongkrak semangat dan intensitas olahraga Anda.

Tapi, detak jantung lemah (di bawah 60 BPM) bisa menjadi tanda dari masalah pada sistem listrik jantung, disebut bradycardia. Ini berarti bahwa alat pacu jantung alami jantung tidak bekerja dengan baik atau bahwa jalur listrik jantung terganggu.

Dalam kasus bradycardia parah, jantung berdetak sangat lambat sehingga tidak memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gejala yang berkisar dari letih lemah lesu, pusing atau kepala berkunang, kebingungan, pingsan atau ingin pingsan; beberapa orang mungkin merasa sesak napas. Dalam kasus ekstrem, gagal jantung atau serangan jantung mungkin menjadi efek samping dari detak jantung lemah yang dapat mengancam nyawa.

Detak jantung saya cepat, apa artinya?

Jika Anda sedang berolahraga atau bersemangat, detak jantung cenderung meningkat untuk menyediakan Anda lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh di mana energi akan paling banyak dibutuhkan. Jika detak jantung Anda terlalu tinggi, artinya Anda terlalu memaksa intensitas aktivitas fisik Anda. Jadi, lebih santailah saat berolahraga.

Di sisi lain, denyut jantung saat sedang istirahat yang melebihi 100 denyut per menit pada orang dewasa merupakan kondisi yang disebut tachycardia. Seberapa cepat “terlalu cepat” untuk Anda mungkin tergantung pada usia dan kondisi fisik Anda.

Menurut sebuah studi dari Medical College of Universitas Qingdao di Shandong, Cina, orang-orang yang memiliki denyut jantung istirahat lebih dari 80 denyut per menit mungkin berarti Anda memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kematian dini. “Denyut jantung istirahat yang lebih tinggi dapat memprediksi semua penyebab dan kematian kardiovaskular,” kata pemimpin peneliti Dr Dongfeng Zhang, dilansir dari WebMD.

Peneliti juga menemukan bahwa orang dengan tingkat jantung istirahat dari 60 sampai 80 denyut menit memiliki risiko 21 persen lebih besar.

Namun, Zhang mengatakan risiko ini kecil — maksudnya, kemungkinan langsung seseorang meninggal akibat denyut jantung istirahat cepat termasuk rendah. Selain itu, studi tidak membuktikan bahwa denyut jantung menyebabkan kematian dini; hasil studi hanya menemukan adanya hubungan antara kedua kondisi tersebut.

Apa yang saya dapat lakukan untuk mengembalikan detak jantung kembali normal?

Detak jantung yang terlalu cepat atau lambat seringnya merupakan hasil dari kondisi jantung lain, sehingga mengambil langkah untuk menjalani gaya hidup yang ramah jantung biasanya akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Misalnya:

  • Pola makan sehat yang ramah jantung, seperti diet Mediterania yang melibatkan berbagai sayur dan buah, minyak zaitun, biji-bijian, kacang, ikan, produk susu rendah/non-lemak, serta gandum utuh.
  • Selalu aktif setiap hari, atau jika tidak, kebanyakan hari dalam seminggu. Dokter dapat memberi tahu Anda seperti apa tingkat olahraga yang aman untuk Anda.
  • Turunkan berat badan jika Anda merasa perlu, dan jaga berat badan sehat.
  • Kelola masalah kesehatan lain yang mungkin Anda miliki, misalnya tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda pingsan atau jika Anda memiliki gejala serangan jantung atau memiliki sesak napas parah. Hubungi dokter segera jika detak jantung Anda lebih lambat dari biasanya, Anda merasa seperti akan pingsan, atau merasa sesak napas.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca