Bagaimana Cara Cek Kolesterol Sendiri di Rumah?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 14/09/2018
Bagikan sekarang

Kadar kolesterol juga sebaiknya diperiksa dengan rutin, apalagi jika Anda punya riwayat penyakit kronis tertentu. Jika sudah begitu, memiliki alat cek kolesterol di rumah bisa sangat membantu. Ada beberapa alat tes kolesterol di rumah yang bisa digunakan sendiri tanpa pendampingan dokter atau suster. Namun, apakah alat cek kolesterol di rumah akurat? bagaimana cara menggunakan alat tes kolesterol ini?

Apakah alat tes kolesterol di rumah akurat?

Dengan alat tes kolesterol, Anda akan lebih mudah memantau kadar kolesterol tanpa harus pergi ke dokter. Alat tes kolesterol ini juga dapat memberikan hasil dalam hitungan menit.

Ketepatan hasil alat kolesterol akan bervariasi, tergantung dengan merek yang digunakan. Hal ini juga dipengaruhi dengan seberapa tepat Anda mengikuti prosedur penggunaan alatnya.

Dilansir dalam laman Web MD, pada dasarnya alat cek kolesterol rumahan ini memiliki nilai keakuratan setidaknya 95%. Ini cukup akurat, akan tetapi pengecekan tes kolesterol dengan alat praktis ini tidak boleh menggantikan tes kolesterol rutin yang memang Anda perlukan di puskesmas atau rumah sakit.

Sebab, untuk menentukan kondisi kesehatan, tidak bisa semata-mata hanya dari hasil alat tes kolesterol ini saja.  Diperlukan uji yang lain oleh tenaga kesehatan di puskesmas atau rumah sakit.

Misalnya, dilihat kondisi fisiknya, atau pengukuran laboratorium lainnya. Selain itu, tes praktis ini biasanya hanya menunjukan kadar kolesterol total, bukan LDL dan HDL.

Bagaimana cara menggunakan alat cek kolesterol di rumah?

Sekarang ini Anda bisa mendapatkan alat tes kolesterol di toko alat kesehatan atau apotek. Pada umumnya, saat membeli alat tes kolesterol Anda akan mendapatkan lancet untuk mengeluarkan darah, dan strip tes.

Ada dua jenis alat cek kolesterol di rumah, alat metode kertas dan metode meteran elektronik.

Pertama Anda bersihkan dahulu jari menggunakan alkohol. Kemudian, tusukan ujung jari Anda dengan lancet. Selanjutnya, letakan tetesan darah ke atas strip.

Pada alat cek kolesterol kertas, strip tes ini memiliki kandungan zat kimiawi khusus yang bisa berubah warnanya dalam beberapa menit.

Perhatikan warna terakhir yang ditunjukan oleh strip tes tersebut, kemudian cocokan dengan daftar warna yang terdapat dalam kemasan alat tes kolesterol Anda. Warna tersebut yang akan menunjukan seberapa banyak kolesterol berdasarkan tetesan darah Anda.

Pada alat tes kolesterol elektronik, bedanya Anda harus menempelkan strip tes ke sebuah alat elektronik kecil pengukur kolesterol. Dari alat itulah akan terbaca berapa jumlah kadar kolesterol Anda. Alat ini mirip dengan alat tes glukosa yang biasanya digunakan para diabetesi untuk mengontrol gula darah.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Masalah Hormon Tiroid dan Kadar Kolesterol Tinggi, Apa Hubungannya?

Faktor keturunan, pola makan, serta gaya hidup kerap diyakini sebagai penyebab kolesterol tinggi. Lantas, apakah hormon tiroid juga dapat turut andil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Mungkinkah Kadar Kolesterol Tinggi Itu Masalah Keturunan?

Asupan makanan dan berat badan yang kerap dianggap sebagai penyebab kolesterol tinggi. Namun, apakah keturunan bisa jadi penyebab kolesterol tinggi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Kolesterol Tinggi

Penyakit kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh gaya hidup. Cari tahu gejala, penyebab, pengobatan, serta cara mencegahnya di Hello Sehat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Punya Kolesterol Tinggi, Kapan Harus Mulai Minum Obat Kolesterol?

Minum obat kolesterol tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus sesuai dengan anjuran dokter. Lantas, kondisi apa saja yang mengharuskan minum obat ini?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Direkomendasikan untuk Anda

menurunkan kolesterol orang kantoran

5 Tips Mudah Turunkan Kolesterol Buat Orang Kantoran

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2019
penyebab kolesterol tinggi

7 Hal Tak Terduga yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2019
manfaat telur omega 3

Apa Keunggulan Telur Omega 3 Dibanding Telur Biasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nita Azka Nadhira, S.Gz
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2019
Jamkho

Jamkho

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 04/03/2019