Mungkin Anda mengira kolesterol adalah hal yang benar-benar harus dihindari. Namun, tidak semua kolesterol dalam tubuh bersifat jahat, karena tubuh juga membutuhkan kolesterol baik untuk melaksanakan fungsinya. Terdapat kolesterol jahat dan kolesterol baik di dalam tubuh kita. Keduanya harus dalam batas normal agar Anda dikatakan sehat. Terlalu tinggi kadar kolesterol jahat dalam darah atau terlalu rendah kadar kolesterol baik dalam darah tentu dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda, seperti meningkatkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, atau stroke.

Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah zat lilin yang berasal dari tubuh Anda dan dari makanan yang Anda makan. Tubuh, terutama hati, memproduksi kolesterol yang Anda butuhkan dan kemudian melepasnya ke dalam aliran darah. Hati akan memproduksi lebih banyak kolesterol saat Anda banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Terlalu banyak kolesterol dalam aliran darah Anda dapat mengakibatkan pembentukan plak, yang nantinya dapat menghambat sirkulasi darah Anda. Jika penyumbatan aliran darah terjadi pada aliran darah menuju otak, maka hal ini dapat menyebabkan stroke. Jika penyumbatan aliran darah terjadi di jantung, maka dapat menyebabkan serangan jantung.

Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh kita, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Kolesterol baik

Jumlah kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) yang tinggi dalam darah merupakan hal yang baik untuk kesehatan Anda. Kolesterol HDL dapat melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung karena ia dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dalam aliran darah Anda. Kolesterol HDL akan mengambil kelebihan kolesterol jahat yang ada dalam aliran darah dan membawanya ke hati untuk dipecah dan dikeluarkan dari tubuh. Sehingga, kadar kolesterol HDL yang tinggi dalam aliran darah dapat membuat Anda terhindar dari penyakit jantung atau stroke.

Kolesterol jahat

Semakin tinggi kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) dalam darah, semakin tinggi risiko Anda terkena penyakit jantung. Kolesterol LDL dapat menyumbat pembuluh darah Anda, sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke. Anda dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah dengan cara mengubah kebiasaan makan Anda, melakukan olahraga teratur, atau mengonsumsi obat penurun kolesterol jika perlu.

Berapa batasan kolesterol dalam tubuh?

Kadar kolesterol dalam darah setidaknya diukur sekali setiap lima tahun pada setiap orang yang berusia di atas 20 tahun, tes ini biasa disebut dengan profil lipid. Sangat penting untuk mengetahui kadar kolesterol yang ada dalam tubuh Anda, sehingga Anda dapat mencegah diri Anda terkena penyakit yang berhubungan dengan kolesterol.

Setelah Anda melakukan tes kolesterol ini, maka hasil yang akan Anda dapatkan adalah jumlah kolesterol total yang ada dalam tubuh, kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida.

Kolesterol total menunjukkan jumlah kolesterol LDL, kolesterol LDL, trigliserida, dan komponen lipid lainnya. Sedangkan, trigliserida merupakan jumlah lemak dalam darah yang diperoleh dari makanan yang kita makan. Kelebihan kalori, alkohol, dan gula dalam tubuh akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak di tubuh. Kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh dapat menempatkan Anda pada risiko yang tinggi terhadap penyakit jantung.

Batasan untuk setiap jenis kolesterol ini adalah:

Untuk anak

  • Kadar kolesterol total yang baik dalam tubuh adalah kurang dari 170 mg/dl, termasuk dalam kategori tinggi bila mencapai 200 mg/dl atau lebih.
  • Kadar kolesterol LDL yang baik dalam tubuh adalah kurang dari 110 mg/dl, dan dapat memperburuk kesehatan Anda jika kadarnya sudah mencapai 130 mg/dl atau lebih (kategori tinggi).
  • Kadar kolesterol HDL yang baik dalam darah adalah 45 mg/dl atau lebih. Kolesterol HDL dalam darah dikatakan rendah bila kurang dari 40 mg/dl.
  • Kadar trigliserida dalam darah yang baik adalah kurang dari 75 mg/dl (untuk anak 0-9 tahun) dan kurang dari 90 mg/dl (untuk anak usia 10-19 tahun). Kadar trigliserida dikatakan tinggi bila mencapai 100 mg/dl atau lebih (untuk anak usia 0-9 tahun) dan 130 mg/dl atau lebih (untuk anak usia 10-19 tahun).

Untuk dewasa

  • Kadar kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 240 mg/dl atau lebih.
  • Kadar kolesterol LDL yang baik dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dl, dan akan membahayakan kesehatan Anda bila kadarnya mencapai 160 mg/dl atau lebih.
  • Kadar kolesterol HDL yang baik dalam tubuh adalah 40 mg/dl atau lebih, dan dapat dikatakan rendah bila kadarnya kurang dari 40 mg/dl.
  • Kadar trigliserida yang baik dalam darah adalah kurang dari 150 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih.

Bagaimana cara menjaga kadar kolesterol dalam tubuh?

Anda dapat menjadi kadar kolesterol tubuh Anda agar berada dalam kisaran yang baik dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat Anda lakukan:

  • Membuat pilihan makan yang sehat. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi karena serat dapat membantu menghilangkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, pilihlah lemak yang sehat untuk Anda konsumsi, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Lemak yang ada dalam bahan makanan ini tidak akan meningkatkan kadar kolesterol LDL Anda. Satu hal lagi yang terpenting adalah batasi asupan lemak Anda, seperti makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.
  • Lakukan olahraga secara teratur, setidaknya selama 30-60 menit per hari. Olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.
  • Jaga berat badan Anda dalam kisaran normal. Kelebihan berat badan cenderung dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda dan juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung.
  • Berhenti merokok. Karena tembakau dalam rokok dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.
  • Bagi sebagian orang, obat penurun kolesterol mungkin diperlukan untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

 

BACA JUGA

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca