Stop Pakai Talenan Kayu Bila Anda Tidak Mau Kena Bahaya Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/12/2019 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Talenan merupakan salah satu benda penting yang wajib yang ada dalam area ranah dapur rumah Anda. Talenan dan pisau juga merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan untuk memotong bahan-bahan makanan yang akan dimasak. Kebanyakan talenan umumnya terbuat dari kayu, padahal ada beberapa bahaya yang terdapat pada talenan kayu. Apa saja bahaya pakai talenan kayu?

Bahaya pakai talenan kayu saat memotong bahan masakan  

Tidak semua jenis talenan bagus untuk dipakai memotong bahan-bahan makanan. Salah satu jenis talenan yang mungkin paling banyak dipakai orang-orang adalah talenan kayu. Padahal, tanpa Anda sadari, talenan kayu bisa jadi sumber bahaya bagi Anda sekeluarga. Mengapa bisa begitu?

Berbeda dengan bahan lainnya seperti logam atau plastik, talenan dari bahan kayu bisa menyerap bakteri dari bahan pangan yang masih mentah. Misalnya dari daging ayam mentah, daging ikan mentah, dan lainnya. 

Pasalnya, sebelum Anda memasak, bahan-bahan masakan seperti daging hewan, sayuran atau bahkan bahan makanan lain masih dalam wujud mentah. Nah, ketika Anda memotong menggunakan alas talenan kayu, bakteri yang ada dalam bahan makanan akan menyerap ke kayu dan akan mengontaminasi bahan makanan yang lain.

Peneliti dari University of California, Dean O. Clever, melakukan penelitian mengenai masalah bahaya pakai talenan kayu. Ia menemukan bahwa talenan kayu bisa menyerap bakteri Salmonella yang terbawa dari bahan makanan mentah. Bakteri bisa meresap ke dalam kayu dan mengendap di dalamnya.  

Selain itu, bakteri dan jamur juga gampang berkembang biak sebagai salah satu bahaya pakai talenan kayu lainnya. Setelah memasak, Anda pastinya wajib membersihkan talenan, dengan cara dicuci pakai sabun dan dibilas dengan air. Namun, sayangnya tidak semua talenan kayu akan kering dengan sempurna dalam waktu yang sebentar.

Jadi, pakai talenan bahan apa yang bagus?

Dikutip dari HuffingtonPost, para koki profesional menganjurkan untuk menggunakan papan masak atau talenan berbahan plastik. Pilihlah plastik yang polyethylene yang cukup kuat. Talenan dari plastik ini tahan lama dan mudah untuk dibersihkan. Talenan yang terbuat dari plastik juga merespon gesekan pisau lebih baik.

Kekurangan talenan ini adalah ia cenderung bergeser atau slip ketika digunakan untuk memotong bahan makanan yang tebal dan berat. Selain itu, talenan plastik ini lebih mudah membekas dengan goresan pisau dibandingkan talenan dengan bahan kayu atau bambu.

Saat ini sudah banyak inovasi dari talenan plastik ini, mulai dari talenan plastik anti-slip, talenan lentur yang bisa ditekuk untuk menuang hasil potongan sehingga tidak berceceran, hingga talenan plastik yang sekaligus disertai dengan wadah penampungan hasil potongan.

Cara lain untuk menghindari kontaminasi bakteri

Karena bahaya pakai talenan kayu tidak bisa disepelekan, sebaiknya pastikan Anda juga lakukan langkah-langkah berikut ini untuk menjaga kebersihan makanan.

  • Masak daging mentah sampai benar-benar matang.
  • Cuci bersih talenan atau alat-alat dapur lainnya setelah digunakan. Bisa juga direndam dalam air panas selama beberapa menit.
  • Setelah menggunakan alat dapur untuk mengolah bahan mentah seperti daging,  langsung cuci alatnya. Jangan langsung dipakai untuk memotong atau mengolah bahan pangan lain seperti sayur dan buah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 mins read

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 mins read

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 mins read
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 mins read