Kena Angin Malam Bikin Paru-paru Basah, Mitos Atau Fakta?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22/10/2019 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Sejak kecil, Anda mungkin sudah sering diingatkan oleh orangtua untuk menghindari udara dingin. Kena angin malam, kena angin saat naik sepeda motor, atau berolahraga di malam hari sering diyakini sebagai salah satu penyebab paru-paru basah. Angin yang berhembus di malam hari memang terasa lebih dingin dan menusuk daripada angin di siang atau sore hari. Namun, benarkah kena angin malam bikin paru-paru basah? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Paru-paru basah itu penyakit apa?

Paru-paru basah adalah sebuah kondisi atau gangguan kesehatan, bukan penyakit. Maka itu, biasanya kalau Anda mengalami paru-paru basah, berarti ada penyakit tertentu yang menyebabkan kondisi tersebut. Dalam dunia medis, paru-paru basah dikenal dengan istilah efusi pleura.

Efusi pleura atau paru-paru basah terjadi karena ada kelebihan cairan di pelura. Pleura adalah selaput yang melapisi dinding rongga dada. Rongga dada sendiri adalah “rumah” bagi paru-paru Anda. Maka, selaput pleura terletak di antara paru-paru dan dinding rongga dada manusia.

BACA JUGA: Saya Tidak Merokok, Kok Bisa Terkena Kanker Paru?

Biasanya memang selaput ini sedikit berair supaya paru-paru dalam rongga dada tidak saling menggesek. Namun, pleura bisa jadi “basah” atau kelebihan cairan kalau ada gangguan tertentu. Beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan paru-paru basah antara lain sebagai berikut:

Gejala dan tanda-tanda paru-paru basah

Terkadang kasus paru-paru basah tidak menunjukkan gejala apa pun. Atau gejala yang muncul adalah gejala dari penyakit yang menyebabkan paru-paru basah. Namun, secara umum paru-paru basah biasanya bisa dilihat dari gejala-gejala berikut ini.

  • Sulit bernapas atau terengah-engah, terutama ketika berbaring
  • Nyeri dada seperti ditusuk-tusuk (bersifat pleuritic pain yaitu iritasi lokal dari pleura parietal yang dipersarafi oleh nervus frenikus) 
  • Batuk tidak berdahak (akibat iritasi bronkial disebabkankarena kompresi parenkim paru-paru)
  • Demam
  • Cegukan yang tak kunjung hilang

Benarkah angin malam bikin paru-paru basah?

Banyak yang percaya bahwa jika Anda sering keluar di malam hari, Anda bisa kena paru-paru basah. Apalagi kalau Anda tidak mengenakan baju yang cukup hangat. Anda juga mungkin percaya bahwa angin malam bikin paru-paru basah. Pada kenyataannya, paru-paru basah hanya bisa disebabkan oleh berbagai penyakit dan kondisi yang sudah disebutkan di atas. Kena angin di malam hari tidak bisa bikin paru-paru atau pleura Anda kelebihan cairan.

BACA JUGA: Mengapa Udara Dingin Bikin Sering Buang Air Kecil?

Akan tetapi, beberapa penyebab paru-paru basah adalah virus dan bakteri, misalnya Streptococcus pneumoniae (penyebab pneumonia) atau Mycobacterium tuberculosis (penyebab tuberkulosis). Kedua penyakit menular ini disebarkan melalui udara, alat makan, dan kontak dengan orang yang sudah terinfeksi. Siapa pun bisa tertular penyakit-penyakit ini, terutama orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Udara di malam hari memang lebih rentan menyebabkan infeksi bakteri atau virus. Bukan karena ada lebih banyak organisme yang hidup di malam hari, tetapi karena reaksi tubuh Anda sendiri terhadap udara dan angin di malam hari.

Pengaruh angin malam pada sistem pernapasan

Kena angin malam berpengaruh pada sistem pernapasan dan kekebalan tubuh Anda. Pada malam hari, suhu udara akan turun beberapa derajat Celsius. Angin yang berhembus pun terasa lebih kering dan dingin di malam hari. Ketika dihirup lewat hidung atau mulut, udara yang masuk akan membuat hidung dan saluran pernapasan Anda jadi kering.

Biasanya hidung dan saluran pernapasan Anda dilapisi oleh semacam lendir yang berfungsi untuk menghalangi masuknya berbagai partikel dan organisme yang mengancam tubuh, misalnya virus dan bakteri. Jika cukup encer, lendir tersebut mampu mengeluarkan berbagai partikel keluar dari sistem pernapasan.

Namun, udara yang dingin akan memicu produksi lendir berlebihan yang sangat kental. Akibatnya, berbagai virus dan bakteri justru semakin terjebak dan masuk ke dalam paru-paru dan menimbulkan macam-macam masalah kesehatan, salah satunya paru-paru basah.

Angin malam dan daya tahan tubuh

Selain memengaruhi produksi lendir dalam sistem pernapasan, angin malam juga berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh Anda. Pasalnya, ketika udara yang dingin dan kering dihirup lewat hidung, pembuluh darah di hidung akan menyempit. Akibatnya, suplai darah yang mengandung sel-sel darah putih pun berkurang.

Sel darah putih adalah senjata sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Maka, tubuh Anda pun jadi lebih rentan terinfeksi virus dan bakteri. Apalagi jika virus dan bakteri tersebut menyebar lewat udara dan masuk ke hidung.

BACA JUGA: 6 Cara Tetap Sehat Saat Sedang Musim Flu di Kantor

Cara mencegah paru-paru basah

Setelah mengetahui apakah angin malam bikin paru-paru basah, Anda perlu melakukan langkah-langkah pencegahan. Ketika sedang berada di luar ruangan di malam hari, pastikan bahwa Anda tetap hangat. Pakai masker untuk menangkal virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit.

Anda juga sebaiknya langsung memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan kalau mengalami gejala-gejala paru-paru basah. Semakin cepat diketahui, kondisi ini juga akan lebih mudah ditangani.

BACA JUGA: Benarkah Masker Efektif untuk Mencegah Flu?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

    Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 menit baca

    Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

    Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

    Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

    Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

    7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

    Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

    Direkomendasikan untuk Anda

    gejala penyakit yang diacuhkan

    8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
    mengatasi mimpi buruk

    Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
    bakteri pada uang kertas

    Mengenal Bakteri pada Uang Kertas dan Koin dan Dampaknya bagi Kesehatan

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 4 menit baca
    mitos fakta cacingan

    Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca