5 Keuntungan Pilih Jasa Personal Trainer untuk OlahragaIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Sebagian orang lebih memilih berusaha sendiri tanpa menggunakan jasa personal coach. Padahal untuk mencapai gol atau bentuk badan tertentu, mungkin Anda membutuhkan bantuan dari personal coach atau personal trainer.

Sebetulnya ada banyak alasan mengapa Anda butuh personal coach. Secara profesional, mereka dapat menilai kelebihan dan kelemahan Anda. Biasanya mereka akan memberikan tahapan-tahapan olahraga menantang yang belum Anda dapatkan sebelumnya.

Keuntungan memilih personal coach

Anda akan menemui gerakan yang cenderung sama dan tak lagi menantang ketika berolahraga sendiri. Biasanya olahraga dapat dilakukan secara mudah dengan mengikuti gerakan lewat video daring.

Saat sudah terbisa dan menguasai satu gerakan, rasanya enggan beranjak ke level selanjutnya. Sementara itu, Anda memiliki tujuan tertentu dalam berolahraga, sehingga membutuhkan gerakan yang lebih dinamis. Oleh karenanya, Anda membutuhkan personal coach.

Menyewa jasa pelatih pribadi tentu tak akan menyusahkan Anda. Mereka akan membantu latihan Anda lebih terencana dan terprogram. Berikut keuntungan yang bisa didapatkan dari jasa personal coach.

1. Membantu menetapkan gol

Setiap orang pasti memiliki gol, misalnya menurunkan berat badan, terlihat berotot, menyelesaikan marathon, atau menambah massa otot. Ungkapkan keinginan Anda kepada personal coach. Dalam memilih tipe latihan yang cocok untuk mencapai tujuan ideal, Anda bisa menggunakan aplikasi olahraga secara mudah.

Mereka akan membantu Anda menetap tujuan yang realistis sesuai dengan kemampuan Anda. Setelahnya, ia akan merekomendasi beragam latihan seperti campuran kardio dan latihan beban, diet yang tepat, maupun menetapkan timeline untuk mencapai tujuan.

2. Memperbaiki gerakan olahraga

Tujuan memiliki personal coach adalah memperbaiki posisi dan gerakan olahraga. Koreksi yang dilakukan guna memaksimalkan hasil.

Di sini, personal trainer juga memberikan edukasi dan masukan selama jadwal berlangsung. Seperti memberikan personal tips dan saran agar Anda terhindar dari cedera.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan, menyewa jasa personal trainer secara efektif dapat memperbaiki gerakan olahraga dan motivasi untuk meningkatkan aktivitas fisik Anda.

3. Tidak buang-buang waktu

Personal coach sudah terbiasa dengan disiplin waktu. Ia tak akan melonggarkan jadwal jika mereka sudah berjanji untuk melatih Anda.

Beberapa personal trainer memiliki waktu yang fleksibel dalam menyesuaikan jadwal dengan Anda. Waktu latihan bisa dilakukan secara maksimal tanpa buang-buang waktu.

Mungkin di beberapa kesempatan, rasa lengah menyerang sehingga Anda jadi enggan untuk berolahraga. Di sini mereka akan menjadi alarm untuk memotivasi Anda mencapai tujuan yang sudah disepakati.

4. Ibarat teman berolahraga

Olahraga akan terasa lebih mudah saat didukung oleh seorang teman. Ya, ibarat seorang teman, personal coach siap memotivasi Anda. Mereka akan selalu ada untuk memberitahu posisi olahraga yang sebaiknya dilakukan.

Ada kalanya seseorang dilanda hari buruk dan terpicu stres. Untuk sebagian orang, salah satu pelarian stres adalah makan. Jika Anda sedang mengalami hal serupa, tak ada salahnya untuk membicarakannya kepada personal trainer.

Mereka akan memberikan saran tepat bagaimana cara melepas stres melalui sesi latihan. Tentunya mengingatkan Anda untuk tetap bertahan pada diet sehat.

5. Motivasi tantangan selanjutnya

Personal coach membantu Anda keluar dari zona nyaman untuk melangkah ke tantangan selanjutnya. Setelah melalui tantangan olahraga tertentu, mereka siap memotivasi Anda beranjak ke tahap yang lebih intens.

Misalnya, mereka akan meminta Anda untuk mengangkat beban yang lebih berat atau melakukan gerakan repetitif dengan frekuensi lebih tinggi.

Awalnya pasti terasa berat, tetapi melakukannya bersama pelatih lebih menguatkan Anda. Melalui latihan berkala, siapa tahu Anda tak menyangka dapat melewati tantangan yang sebelumnya dianggap sulit.

Baca Juga:

Sumber