Suka Cek HP Pasangan Diam-Diam, Apakah Ini Tanda Hubungan yang Sehat?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Oktober 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Selain komunikasi, kunci hubungan yang sehat itu salah satunya harus dilandasi oleh rasa saling percaya. Sayangnya, meski pasangan sudah berusaha untuk jujur dalam hal apa pun, Anda mungkin masih meragukan segala niat baiknya. Keraguan inilah yang membuat Anda tidak segan untuk cek HP pasangan demi memastikan tidak ada yang ia sembunyikan. Sebenarnya ini wajar atau tidak, sih?

Kenapa, sih, suka cek HP pasangan tanpa sepengetahuannya?

“Seharian kemarin dia chat sama siapa saja, ya?”

“Sering susah dihubungi akhir-akhir ini. Memangnya dia telepon siapa saja, sih?”

“Siapa yang lagi suka dia kepo-in di sosial medianya?”

Pernah berpikiran seperti itu?

Sadar atau tidak, dihantui oleh pertanyaan-pertanyaan tersebut akan mendorong Anda untuk memeriksa langsung HP pasangan tanpa bertanya atau bahkan izin terlebih dahulu. Nah, ternyata ada beberapa alasan yang melandasi hal ini, di antaranya:

1. Trauma masa lalu

selingkuh cek HP pasangan
Sumber: Men’s Health

Pernah gagal dalam membina hubungan sebelumnya karena diselingkuhi, mungkin jadi alasan mengapa sulit sekali rasanya untuk tidak memeriksa HP si dia. Bayang-bayang pahitnya dikhianati oleh pasangan masih teringat jelas dalam benak Anda.

Hal ini yang kemudian membuat Anda bersikeras untuk menjaga hubungan saat ini bagaimanapun caranya. Salah satunya dengan selalu memantau gerak-gerik pasangan melalui HP-nya.

Mary Lamia, Ph.D., seorang psikolog klinis asal California, menjelaskan bahwa kenangan emosional yang terjadi di masa lalu secara tidak langsung memang dapat memengaruhi tindakan Anda saat ini. Sampai akhirnya, menumbuhkan perasaan takut kejadian buruk tersebut akan terulang kembali.

2. Kurang percaya dengan pasangan

main HP bersama pasangan

Kebiasaan selalu cek HP pasangan bisa berawal dari minimnya rasa percaya dalam diri Anda. Ibarat sebuah bangunan, kepercayaan bisa dibilang sebagai fondasi penguat suatu hubungan. Jadi ketika rasa curiga itu mulai tumbuh, tanpa sadar Anda akan terus diselimuti oleh rasa khawatir.

Tak jarang, hal ini malah akan menelurkan masalah sepele yang sebenarnya bisa dibicarakan baik-baik. Lambat laun, Anda mungkin akan membatasi aktivitas dan lingkup pertemanan pasangan akibat kurangnya rasa percaya. Akhirnya, si dia malah merasa risi dan tidak nyaman dengan kebiasaan Anda ini. Anda tentu tidak mau hal ini terjadi, bukan?

3. Merasa ada yang ditutupi

mendukung pasangan yang sakit

Faktor pemicu seringnya Anda cek HP pasangan tidak selalu disebabkan oleh diri Anda sendiri. Kadang kala, sikap yang ditunjukkan pasangan juga bisa memengaruhi tindakan Anda nantinya. Seorang psikolog sekaligus terapis seks, Shannonn Chavez, berpendapat bahwa seseorang yang tidak begitu terbuka dengan pasangannya bisa memicu timbulnya rasa curiga.

Anda, karena merasa ada yang ditutupi, akhirnya lebih memilih untuk mencari tahu sendiri dengan cek HP pasangan. Alasan paling umumnya, karena lebih mudah untuk memastikannya sendiri daripada harus terlibat dalam percakapan yang berpotensi menyebabkan pertengkaran.

Atau mungkin, rasanya sulit bagi Anda untuk menanyakan apa yang sedang dirasakan oleh pasangan. Singkatnya, Anda seperti tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi dalam hidup pasangan tapi tidak mau mengkomunikasikannya secara langsung.

Jadi, kebiasaan ini masih normal atau tidak?

kecanduan media sosial

Menurut Chavez, Anda dianggap sudah melangkah terlalu jauh bila berani memeriksa HP pasangan tanpa sepengetahuannya. Sebenarnya wajar saja bila timbul rasa ingin tahu seputar kehidupan sosial media, kotak masuk email, pesan singkat, hingga riwayat telepon pasangan. Akan tetapi, sebaiknya tetap batasi tindakan Anda.

Daripada harus secara diam-diam selalu cek HP pasangan, kenapa tidak coba bertanya langsung saja demi menyalurkan rasa ingin tahu Anda? Jangan sampai nantinya ia justru merasa bahwa tindakan Anda ini sudah melanggar batas privasinya.

Di sisi lain, kebiasaan ini juga mendakan adanya cara komunikasi yang salah dalam hubungan Anda berdua. Memang, kecurigaan Anda akan terbayar langsung setelah memastikan apa yang ada dalam HP pasangan. Namun, apa selamanya hanya akan mengandalkan cara sembunyi-sembunyi demi memastikan keraguan Anda?

Dengan selalu diselimuti oleh perasaan cemas dan takut ini, tak ayal akan membuat Anda selalu berasumsi negatif pada pasangan. Akibatnya, justru mengganggu keharmonisan hubungan karena timbulnya kecurigaan berlebih.

Boleh saja cek HP pasangan, asalkan…

mencari pasangan mirip orangtua

Ada beberapa orang yang tidak masalah ketika pasangannya mengecek HP, bahkan sampai hafal kata sandi untuk membukanya. Biasanya, hal ini karena keduanya telah membuat kesepakatan bersama sebelumnya.

Pernyataan ini pun turut didukung oleh Ryan Howes, seorang psikolog di Playhouse District of Pasadena California, bahwa hubungan yang dibangun atas dasar kepercayaan memungkinkan kedua pasangan bisa menjalani komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitarnya tanpa merasa dicurigai. Entah itu dengan keluarga, teman, hingga rekan kerja.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Hubungan Poliamori, Saat Cinta Anda Tak Hanya untuk Satu Orang

Menjadi yang kedua atau diduakan mungkin jadi hal yang tak pernah Anda inginkan. Namun, nyatanya tidak dengan hubungan poliamori. Apa itu poliamori?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Hidup Sehat, Seks & Asmara 13 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Hal yang Mesti Dilakukan Agar Hubungan Tetap Mesra Meski Pasangan Sibuk Bekerja

Sering kesal karena pasangan sibuk kerja dan sering lupa ada Anda dan anak di rumah? Ada beberapa cara agar suami bisa lebih perhatian.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22 Desember 2019 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Banyak Orang Rela Berubah Demi Pasangannya?

Agar lebih disayang pacar ada banyak cara yang kerap dilakukan, salah satunya rela berubah demi pasangan. Padahal, cara ini tidak disarankan lho.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 9 Desember 2019 . Waktu baca 3 menit

5 Tanda Anda Sedang Terjebak Dalam Hubungan Tanpa Status

Hubungan tanpa status mungkin manis di awal tetapi akhirnya tak menjamin apa pun. Untuk itu, yuk kenali ciri-ciri hubungan tanpa status berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

waktu bercinta terbaik

Waktu Bercinta Terbaik Bagi Pasangan Usia 20, 30, dan 40-an

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
berhubungan seks setelah operasi caesar

Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar, Wajarkah Bila Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 5 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
sumber stres dalam pernikahan

6 Sumber Stres Utama dalam Pernikahan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
alasan orang menggoda

Selain untuk PDKT, Inilah Alasan Seseorang Menggoda atau Flirting ke Orang Lain

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 6 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit