10 Penurun Gairah Seks yang Perlu Anda Hindari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Terkadang, Anda mungkin tidak ingin berhubungan seks. Anda dan pasangan mungkin kehilangan minat untuk bercinta. Sejumlah faktor bisa memengaruhi libido Anda, dan berikut adalah 10 pembunuh gairah seks yang umum.

1. Stres

Stres bisa datang dari pekerjaan, uang, rumah, atau tetangga. Saat tertekan, Anda mungkin tidak ingin melakukan apapun kecuali berpikir negatif.

Maka dari itu, Anda akan cenderung menghindari seks ketika Anda sedang tertekan. Mengendalikan stres sangatlah penting. Dalam hal ini, berkonsultasi pada dokter mungkin bisa membantu.

2. Kurang tidur

Jika tidak mendapatkan cukup tidur, Anda bisa mengalami kelelahan. Kelelahan, pada akhirnya, bisa membunuh gairah seks. Anda mungkin tidak ingin melakukan apapun kecuali tidur saat Anda benar-benar letih.

3. Anak

Saat memiliki anak, Anda harus menghabiskan waktu membesarkan mereka, bermain dengan mereka, dan memberi makan mereka. Maka dari itu, Anda mungkin hanya memiliki sedikit waktu untuk keintiman. Memiliki pengasuh bayi atau babysitter bisa menjadi ide yang bagus. Ia bisa mengurus anak Anda, sehingga Anda dan pasangan bisa berhubungan seks saat anak Anda sedang tidur siang.

4. Obat

Beberapa obat dilaporkan berkaitan dengan hilangnya gairah seks, yaitu:

  • obat yang digunakan untuk mengendalikan tekanan darah
  • obat kemoterapi
  • antidepresan
  • obat anti-cemas
  • pil KB
  • obat anti-kejang

Jika gairah seks Anda hilang dengan cepat setelah Anda meminum obat, Anda harus memberi tahu dokter. Perubahan dalam dosis atau jenis obat bisa membantu. Namun, jangan mengganti dosis atau berhenti menggunakan obat tanpa saran dari dokter.

5. Obesitas

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kelebihan berat badan danĀ obesitas bisa berdampak pada gairah seks. Ini mungkin dikarenakan Anda akan merasa kurang percaya diri saat Anda kelebihan berat badan. Masalah psikologis lainnya yang berkaitan dengan obesitas dan kelebihan berat badan juga bisa menjadi penyebab. Cobalah untuk mengendalikan berat badan Anda dengan makan dengan sehat dan berolahraga secara teratur.

6. Alkohol

Satu atau dua minuman beralkohol mungkin tidak akan menyebabkan masalah. Namun, terlalu banyak alkohol bisa membunuh gairah seks Anda. Pasangan seks Anda mungkin tidak ingin berhubungan seks dengan seorang pemabuk. Maka dari itu, kendalikanlah konsumsi alkohol Anda.

7. Depresi

Saat Anda depresi, antidepresan akan diresepkan untuk Anda. Namun, beberapa antidepresan bisa menurunkan gairah seks. Ironisnya, saat gairah seks menurun, Anda bisa menjadi depresi. Konsultasikan pada dokter dan ia bisa menemukan solusi yang sesuai untuk kondisi Anda.

8. Menopause

Saat mengalami menopause, Anda bisa mengalami gejala seperti vagina kering atau rasa sakit saat berhubungan seks. Gejala ini membuat Anda sulit untuk menikmati aktivitas seksual. Selain itu, saat bertambah tua, Anda bisa merasa kurang percaya diri dengan kecantikan Anda, sehingga Anda mungkin tidak ingin melakukan aksi keintiman dengan pasangan.

9. Kadar testosteron rendah

Testosteron adalah hormon yang mendukung dan memengaruhi gairah seks. Seiring bertambahnya usia, kadar testosteron pria menurun, sehingga gairah seksnya berkurang. Kadar testosteron rendah ini bisa memengaruhi pria dan wanita.

10. Masalah dalam rumah tangga

Saat rumah tangga Anda bermasalah, Anda dan pasangan tentu tidak ingin berhubungan seks dengan satu sama lain. Cobalah untuk berkomunikasi. Komunikasi bisa membantu Anda dan pasangan mencapai pemahaman yang sama dan menyelesaikan masalah. Terbukalah pada satu sama lain dan jangan hanya memendam pikiran dan perasaan Anda.

Gairah seks bisa dipengaruhi baik oleh faktor fisiologis dan psikologis. Dengan mengetahui 10 faktor umum ini, Anda bisa menyesuaikan gaya hidup Anda untuk mendapatkan kembali kenikmatan seksual.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Banyak Pria Punya Fantasi Seks Bercinta Bertiga (Threesome)?

Pernah berkhayal bagaimana rasanya bercinta bertiga? Misalnya dengan dua wanita atau dua pria? Meski tabu, tak sedikit orang yang punya fantasi threesome.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Masturbasi Bisa Memengaruhi Nafsu Seks?

Benar tidak, bahwa masturbasi memengaruhi nafsu seks seseorang? Apa benar masturbasi lebih baik dilakukan sebelum berhubungan seks?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 27 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Yang Harus Dilakukan Pria Menjelang Malam Pertama

Malam pertama memang butuh persiapan untuk pria dan wanita. Lalu apa yang harus dilakukan pria menjelang malam pertama? Simak jawabannya di sini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 20 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Masih Ingin Merokok? Ini Akibatnya pada Sperma dan Kesuburan Anda

Merokok terbukti membahayakan kesehatan. Khususnya bagi pria, rokok bisa menyempitkan peluang Anda menghasilkan keturunan. Apa efeknya pada sperma perokok?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 19 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
cara masturbasi wanita

Panduan Masturbasi Aman untuk Perempuan, Bagaimana Caranya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
mencuri waktu untuk berhubungan seks

Tips Mencuri Waktu Berhubungan Seks Setelah Punya Anak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14 September 2020 . Waktu baca 3 menit