Plus Minus Menjalain Hubungan Asmara Dengan Teman Kantor

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/10/2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Cinta bisa berkembang di waktu dan tempat yang terduga, misalnya saja di lingkungan kerja. Mungkin Anda kenal satu dua orang yang mengawali hubungannya dengan pacaran di satu kantor. Mungkin juga Anda sendiri yang sedang dekat dengan salah satu rekan kerja. Namun sebelum berlanjut ke jenjang yang lebih mantap, pastikan dulu agar urusan asmara jangan sampai menurunkan produktivitas atau bahkan mengacaukan performa Anda di kantor. Berikut plus dan minus dari pacaran dengan rekan satu kantor yang mungkin perlu Anda pertimbangkan.

Kenapa Anda bisa cinlok dengan rekan satu kantor?

Cinta lokasi, alias “cinlok”, adalah hal lumrah yang sering terjadi di lingkungan kantor. Hal ini pun diamini oleh Art Markman, seorang profesor psikologi dari University of Texas.

Menurut Art, intensitas pertemuan di kantor bisa jadi faktor pemicunya. Coba ingat-ingat, berapa banyak waktu yang Anda habiskan di tempat kerja setiap harinya? Bisa dibilang, Anda akan lebih sering untuk bertemu dengan orang-orang kantor ketimbang orang rumah, ‘kan?

Kesempatan untuk bertukar pikiran, berbagai strategi, dan bekerja sama menuntaskan suatu proyek bisa jadi asal mula benih-benih cinta itu muncul. Nah, sering bertemu dan bertukar pikiran dengan rekan kantor inilah yang memungkinkan terjadinya sebuah hubungan romantis.

Amy Nicole Baker, seorang profesional psikologi di University of New Haven menambahkan, seseorang cenderung akan jatuh cinta dengan yang punya kesamaan sifat. Jadi, semakin akrab Anda dengan rekan kerja lawan jenis, maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk tertarik satu sama lain.

Keuntungan pacaran dengan rekan satu kantor

Jika Anda salah satu orang yang sedang cinlok dengan rekan kerja di kantor, berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

1. Motivasi kerja meningkat

Ketika ditanya; siapa motivasi Anda? Kebanyakan orang cenderung menjawab keluarga dan pasangan. Berhubung satu kantor, keberadaan kekasih di tempat kerja bisa jadi penyemangat kerja Anda setiap hari.

Bila pacaran dengan rekan kantor yang satu divisi, Anda bahkan bisa saling memberi dukungan satu sama lain setiap saat. Namun, ingat! Tetap jaga profesionalitas Anda di kantor, ya!

2. Mengurangi rasa insecure ke pasangan

Sebagian besar waktu kita cenderung dihabiskan di kantor. Nah, beruntunglah Anda yang pacaran dengan rekan satu kantor. Sebab, kesempatan untuk bertemu setiap hari bisa mengurangi rasa insecure Anda ke pasangan.

Insecure sendiri adalah perasaan tidak aman atau minder yang sering kali menyulut konflik dalam sebuah hubungan. Perasaan ini pun bisa muncul dalam berbagai bentuk. Mulai dari mudah cemburu, gampang menuduh, hingga takut kehilangan pasangan karena berbagai alasan.

3. Belajar mengasah profesionalitas

Pacaran dengan rekan satu kantor memungkinkan Anda berdua untuk belajar dalam mengasah sikap profesionalitas dalam bekerja. Bila Anda dan pasangan terlibat dalam satu project yang sama, inilah waktunya Anda untuk belajar membedakan urusan pribadi dan pekerjaan.

Di samping itu, kesempatan bertemu setiap hari juga memungkinkan Anda untuk memahami sikap dan watak pasangan lebih dalam lagi. Begitu juga sebaliknya.

Risiko pacaran dengan rekan satu kantor

Berikut beberapa risiko pacaran dengan rekan satu kantor yang perlu Anda ketahui.

1. Tak semua kantor membolehkan

Tidak semua kantor memperbolehkan karyawannya menjalin hubungan dengan rekan satu kantor. Maka, sebelum memutuskan menjalin hubungan lebih jauh, pastikan Anda mengetahui dulu ada tidaknya larangan pacaran dengan rekan sejawat di satu kantor.

Bila kantor Anda memiliki kebijakan dan larangan tertulis tentang hal ini, maka buang jauh-jauh niat Anda untuk menjalin hubungan dengan gebetan sebelum asmara benar-benar merekah.

Meski begitu, beberapa orang ada yang memutuskan untuk resign dari kantor demi mempertahankan hubungan dengan pasangannya.

Jadi, Anda pilih yang mana?

2. Mengganggu konsentrasi

Hubungan dengan pasangan tidak selalu mulus. Prahara pasti akan datang menghampiri kalian berdua dalam bentuk apa pun.

Kalau Anda tak pintar-pintar menyiasatinya, produktivitas Anda bisa terhambat. Pasalnya, konflik dalam hubungan pasti akan menyita perhatian dan konsentrasi Anda. Apalagi bila Anda dan pasangan pacaran satu kantor.

3. Cepat bosan

Bertemu dengan pasangan sering-sering ternyata tak melulu memberi dampak positif. Bagi beberapa orang, hal ini justru bisa memicu rasa bosan. Terutama bila Anda dan pasangan benar-benar selalu bersama saat berangkat dan pulang kantor.

Anda mungkin sering kebingungan untuk berbagi cerita dengan pasangan. Pasalnya, ketika Anda pacaran dengan rekan satu kantor, semua hal yang Anda alami dan rasakan sudah diketahui oleh pasangan. Begitu juga sebaliknya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Selain Orang Luar, Ternyata Anda Juga Bisa Merusak Hubungan Asmara Sendiri

Salah satu faktor berakhirnya sebuah hubungan ternyata bisa dari diri sendiri. Ini dia beberapa tanda yang menunjukkan Anda merusak hubungan sendiri

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 23/11/2019 . Waktu baca 5 menit

5 Tanda Anda Sedang Terjebak Dalam Hubungan Tanpa Status

Hubungan tanpa status mungkin manis di awal tetapi akhirnya tak menjamin apa pun. Untuk itu, yuk kenali ciri-ciri hubungan tanpa status berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Jatuh Cinta Bikin Jerawatan, Mitos Atau Fakta?

Jatuh cinta membuat hati berbunga-bunga. Namun, jatuh cinta katanya juga bisa bikin jerawatan karena rindu. Masa, sih? Ini penjelasan medisnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 04/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Bertengkar Terus Selama Pacaran, Apakah Bisa Sampai Bikin Depresi?

Konflik asmara berkepanjangan dapat memicu masalah mental seperti depresi. Lantas, apakah ini berarti pacaran bisa menyebabkan depresi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 09/09/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

fenomena bucin budak cinta

‘Bucin’ Alias Budak Cinta, Fenomena Ketika Cinta Menjadi Candu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24/06/2020 . Waktu baca 7 menit
jual mahal berhasil

Tidak Selamanya Gagal, Ini Alasan Mengapa Jual Mahal Kadang Berhasil

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit
alasan orang menggoda

Selain untuk PDKT, Inilah Alasan Seseorang Menggoda atau Flirting ke Orang Lain

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 06/06/2020 . Waktu baca 6 menit
hubungan poliamori

Mengenal Hubungan Poliamori, Saat Cinta Anda Tak Hanya untuk Satu Orang

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . Waktu baca 4 menit