Kenapa Selalu Ngantuk Sehabis Seks?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Kenapa selalu ngantuk sehabis seks? Khususnya wanita, pasti bertanya-tanya dalam hati, mengapa pria langsung tidur sehabis berhubungan seks? Padahal wanita lebih senang dipeluk dan bermanja-manja sehabis seks. Tapi, pria lebih memilih untuk segera tidur. Kira-kira, apa yang menyebabkan pria langsung tidur sehabis seks? Simak beberapa faktor berikut di bawah ini.

1. Seks dilakukan malam hari

Umumnya, seks dilakukan malam hari setelah semua orang sekitar terlelap. Hal itu berpengaruh terhadap metabolisme terutama ketika tubuh manusia sudah lelah. Baik wanita dan pria sama-sama mengerahkan seluruh tenaganya untuk mencapai puncak orgasme yang diinginkan. Jika Anda mengidap insomnia, melakukan seks bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa tertidur.

2. Hormon prolaktin yang bikin ngantuk

Ketika pria orgasme, hormon-hormon yang terkait dengan perasaan kepuasan seksual, yaitu prolaktin, akan keluar juga saat usaha orgasme itu sendiri dicapai. Wanita sebetulnya juga memiliki hormon prolaktin, tapi tidak sebanyak pria. Maka itu tidak heran jika pria sering ngantuk sehabis seks karena daya dan gaya yang dikeluarkan bersamaan dengan naiknya hormon prolaktin tersebut.

3. Hormon oksitosin dan vasopresin yang membuat rileks

Banyak orang cenderung menahan dan mengatur napas agar seirama dengan hentakan saat penetrasi atau menyesuaikan gaya bercinta masing-masing. Nyatanya, hormon oksitosin dan vasopresin memengaruhi pembuluh darah agar mengalirkan darah lebih cepat, tentunya mengarah kepada kelamin masing-masing. Hormon tersebut keluar terlepas setelah kembali teraturnya napas seperti sedia kala, maka rasa ngantuk dan rileks pun terjadi.

4. Seperti latihan fisik bagi pria

Sebuah penelitian menjelaskan, hubungan seksual bila dibandingkan dengan wanita, pria umumnya lebih mengerahkan tenaga lebih saat berhubungan. Memang tidak selalu, namun biasanya pria yang lebih banyak “beraksi” dibanding wanita. Untuk mencapai kepuasan orgasme tersebut, tidak jarang lelahnya sebanding dengan latihan fisik. Umumnya orang yang baru selesai melakukan latihan fisik, akan merasakan lelah dan ngantuk luar biasa.

Bagaimana biar tidak ngantuk sehabis seks?

Jika pikiran Anda tidak menginginkan ngantuk sehabis seks, tetapi tubuh Anda berkata lain, ada beberapa cara yang dapat dilakukan mengatasi ngantuk sehabis seks:

1. Tetap sentuh dan bangkitkan hasrat satu sama lain

Khususnya wanita, yang sering ditinggalkan tidur oleh pria sehabis seks, Anda bisa tetap meraba atau menyentuh pasangan. Dengan meraba atau menyentuh tubuh pasangan, rangsangan tersebut akan menjadikan lawan main Anda tetap terjaga dan bahkan Anda bisa melakukan seks yang belum terpuaskan kembali.

2. Mandi bersama

Cara ini bisa dilakukan bagi Anda dan pasangan yang masih menginginkan keromantisan selain di ranjang. Anda dan pasangan bisa saling membersihkan tubuh bersama dengan membasuh satu sama lain yang mungkin akan membuat malam Anda semakin panjang dan menyenangkan.

3. Makan atau ngopi bersama

Jika aktivitas seks dilakukan berdekatan dengan waktu subuh atau bekerja, Anda bisa mengakalinya dengan minum kopi atau makan camilan sehabis seks. Minum kopi meningkatkan daya stimulan otak dan zat kafeinnya agar tetap terjaga. Tujuannya tetap untuk menghabiskan waktu bersama-sama walau puncak asmara telah lewat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Cepat lelah dan kehabisan napas bisa jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru Anda kurang baik. Tapi bagaimana cara mengukurnya? Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kebugaran, Hidup Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

posisi bercinta agar cepat hamil

Ini Posisi Bercinta yang Tepat Agar Cepat Hamil

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit