home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kepergok Anak Saat Berhubungan Seks? Ini yang Harus Dilakukan

Kepergok Anak Saat Berhubungan Seks? Ini yang Harus Dilakukan

Sedang asyik bercinta dengan pasangan, tiba-tiba si kecil memergoki Anda berdua? Panik? Bingung? Kaget? Ya, perasaan campur aduk tersebut pasti Anda rasakan dengan pasangan. Bila kepergok anak saat seks, apa yang harus Anda lakukan segera? Yuk, simak tips dan triknya berikut ini.

Apa yang harus dilakukan ketika kepergok anak saat seks?

Berhubungan seks sepatutnya hanya dilakukan dan diketahui oleh Anda dan pasangan saja. Bila orang lain melihat, pasti akan menimbulkan rasa canggung yang mendalam bagi Anda berdua. Terlebih jika anak Anda sendiri yang melihat Anda bermesraan dengan pasangan di ranjang. Untuk meredam rasa malu dan canggung tersebut, inilah beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Tenang, jangan langsung panik

Saat si kecil tiba-tiba masuk ke dalam kamar dan melihat Anda dan pasangan sedang bermesraan, tetap tenang. Perlahan, pisahkan diri Anda dengan pasangan sambil tersenyum. Untuk memecah keheningan atau kebingungan anak, Anda bisa sambil mengajak bicara anak seperti “Adik, ngapain di sini? Kok, nggak ketuk pintu dulu?” atau menanyakan kenapa anak belum tidur.

Sembari bertanya, pelan-pelan tarik selimut untuk menutupi tubuh Anda. Intinya, sebisa mungkin jangan panik. Jika terlihat panik, nantinya anak bisa menyimpulkan bahwa hal yang sedang Anda dan pasangan lakukan itu salah.

2. Amati reaksi anak

Setelah Anda melemparkan pertanyaan pada anak, coba lihat reaksi di wajahnya. Anda juga harus siap memberikan alasan lain menurut ekspresi anak. Apakah ia terlihat bingung atau jijik saat Anda dan pasangan kepergok anak saat seks.

Berikan alasan yang realistis sesuai usia dan daya pikir anak. Namun, jangan diabaikan juga mengenai fakta bahwa anak bisa berpikir kritis dan banyak ingin tahu.

3. Alihkan perhatian anak

Selagi Anda menunggu-nunggu reaksi anak, segera alihkan perhatiannya. Seks bisa terlihat begitu bersemangat dan agresif bagi siapa pun yang melihat, terutama anak-anak. Untuk mengakalinya, coba langsung ajak anak keluar dari kamar dan ambil camilan favoritnya. Anda juga bisa berpura-pura mengajak anak kembali ke kamarnya untuk tidur dan melupakan hal yang baru ia lihat di kamar orangtuanya.

4. Coba jelaskan apa yang Anda dan pasangan lakukan

Anak yang sudah cukup besar kemungkinan akan bertanya apa yang Anda dan pasangan lakukan ketika kepergok anak saat seks. Nah, berikan jawaban yang realitis. Katakan pada anak bahwa Anda berdua sedang memijit satu sama lain karena badan sedang terasa pegal.

Anda juga bisa mengatakan kalau tidak pakai baju karena sedang merasa gerah. Lalu, paling amannya, katakan saja bahwa Anda sedang bersiap untuk mandi sehingga tidak perlu pakai baju.

5. Jika anak sudah beranjak dewasa, beri pengertian yang sebenarnya

Bila anak sudah beranjak dewasa, mungkin berat bagi Anda untuk memberi tahu apa yang Anda berdua lakukan. Namun, ini merupakan salah satu momen tepat untuk menerangkan sembari memberikan pendidikan tentang seks.

Ada kemungkinan juga bahwa anak sudah mengetahui apa yang Anda dan pasangan lakukan. Namun, penting untuk tidak memarahi anak atas apa yang anak lihat. Jelaskan baik-baik, tunjukkan bahwa hal itu normal dilakukan bagi orang yang sudah menikah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What to Do if Your Kids Catch You Having Sex. http://www.menshealth.com/sex-women/kids-catch-you-having-sex. Accessed 16/03/2017.

What to Do if the Kids Catch You in the Act. http://www.webmd.com/parenting/features/if-the-kids-catch-you#1. Accessed 16/03/2017.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 29/03/2017
x