6 Makanan yang Perlu Dihindari Pria Agar Seks Jadi Lebih Tahan Lama

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Anda mungkin pernah mendengar bahwa cokelat dan makanan pedas dapat memicu libido. Namun, tahukah Anda? Ada pula makanan yang dipercaya dapat menurunkan gairah seksual sehingga kerap dihindari sebelum melakukan hubungan seks.

Makanan yang sebaiknya dihindari sebelum berhubungan seks

Tak dapat dipungkiri, makanan yang Anda konsumsi berpengaruh terhadap durasi dan kualitas hubungan seksual bersama pasangan. Agar hubungan seks bertahan lebih lama, berikut adalah sederet makanan yang perlu Anda hindari:

1. Makanan apa pun dalam porsi besar

Makanan yang dikonsumsi dalam porsi besar tidak secara langsung menurunkan gairah seksual. Namun, ketika makan dalam prosi besar, sistem pencernaan Anda bekerja lebih berat.

Akibatnya, tubuh Anda menjadi cepat lelah sehingga hubungan intim tidak bisa bertahan lama.

Alih-alih mengonsumsi makan malam dalam porsi besar, Anda sebaiknya membagi asupan makan dalam sehari menjadi porsi yang lebih kecil. Trik ini juga bermanfaat untuk menjaga stamina Anda selama sehari penuh.

2. Biji rami (flaxseed)

Biji rami sebenarnya bermanfaat karena kaya akan omega-3 dan mineral. Namun, serat dan senyawa kimia lignin pada bahan makanan ini dapat menurunkan jumlah testosteron sehingga perlu dihindari sebelum berhubungan seks.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda harus menghentikan konsumsi biji rami sama sekali. Cukup batasi konsumsinya sebanyak 1-2 sendok makan dalam sehari agar Anda tetap bisa memperoleh manfaatnya bagi kesehatan.

3. Popcorn instan

Beberapa jenis popcorn instan dikemas dengan bahan yang mengandung PFOA atau perfluorooctanoic acid. Senyawa ini diketahui dapat menghambat produksi hormon testosteron dan menurunkan gairah seksual.

Jika Anda ingin mengonsumsi popcorn instan, pilihlah popcorn kemasan tanpa kandungan PFOA. Anda juga bisa membuat popcorn sendiri dengan cara memanaskan biji jagung kering, mentega, dan minyak di dalam wajan.

4. Makanan tinggi lemak jenuh

Makanan yang digoreng, daging tinggi lemak, dan junk food adalah contoh makanan yang sebaiknya dihindari sebelum berhubungan seks.

Bahkan, Anda sebaiknya membatasi konsumsi jenis makanan ini dalam pola makan sehari-hari.

Lemak jenuh dapat menyumbat pembuluh arteri dan menghambat aliran darah menuju penis. Ditambah dengan berat badan berlebih akibat lemak jenuh, kondisi ini lambat laun dapat mengakibatkan gangguan ereksi.

5. Kedelai dan produknya

Konsumsi kedelai dan produknya disinyalir dapat menurunkan gairah seksual. Ini disebabkan karena kedelai mengandung fitoestrogen.

Senyawa ini memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen, di antaranya menurunkan testosteron.

Meski demikian, hubungan antara fitoestrogen dan hormon testosteron pada pria masih perlu dikaji lebih lanjut. Tidak masalah apabila Anda ingin mengonsumsi kedelai, asalkan dalam jumlah sewajarnya.

6. Makanan olahan, beku, dan kemasan

Makanan olahan, beku, dan kemasan sebaiknya dihindari sebelum berhubungan seks. Jenis makanan ini banyak mengandung gula, natrium, serta lemak trans yang dapat menurunkan produksi testosteron.

Makanan olahan juga dapat menurunkan jumlah sel sperma. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang sering makan makanan olahan memiliki jumlah sel sperma 37% lebih rendah dibandingkan pria yang jarang mengonsumsinya.

Selain beberapa contoh makanan di atas, Anda juga perlu menghindari minuman beralkohol sebelum berhubungan seks. Pasalnya, alkohol dapat menghambat aktivitas seksual dan menurunkan libido.

Perbanyaklah mengonsumsi bahan pangan alami dengan nutrisi yang masih lengkap. Makanan kaya nutrisi tidak hanya bermanfaat untuk fungsi seksual Anda, tapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca