Lupa Minum Pil KB? Ini yang Harus Anda Lakukan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Salah satu cara yang dapat mendukung efektivitas pil KB sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan adalah mengonsumsi secara teratur. Namun, bagaimana jika Anda lupa minum pil KB? Apa yang harus dilakukan agar tidak sampai menimbulkan kehamilan yang tidak direncanakan? Simak penjelasannya berikut ini.

Bagaimana kalau lupa minum pil KB?

Pada dasarnya, pil KB terdiri dari paket 21 hari atau 28 hari. Nah, tiap butir pil harusnya dikonsumsi setiap hari, di waktu yang sama sesuai isi paket, per 21 atau 28 hari.  Biasanya, kemanjuran dan hasil dari pemakaian pil KB bergantung pada alasan tertentu, termasuk apakah Anda konsumsi pil KB teratur atau sering lupa minum pil KB.

Sebenarnya, untuk menentukan cara yang tepat untuk mengatasi masalah lupa minum pil KB ini, Anda mungkin harus melihat terlebih dahulu faktor-faktor tertentu. Sebagai contoh, berapa lama Anda terlupa mengonsumsi pil KB, berapa butir pil KB atau jenis pil KB yang Anda lupa konsumsi.

pil kb untuk pengidap diabetes

Berdasarkan Missed Birth Control Pill Guidelines yang dimuat pada laman Student Health and Counseling Services UCDavis, terdapat perbedaan pada cara mengatasi saat Anda lupa konsumsi pil KB. Perhatikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika lupa mengonsumsi pil KB seperti contoh di bawah ini.

Jika Anda lupa satu kali konsumsi pil KB

Saat melupakan satu kali penggunaan pil, minum segera pil yang terlupa sesaat setelah Anda mengingatnya. Lalu, lanjutkan konsumsi pil KB tersebut setiap hari dan usahakan untuk tidak lupa lagi.

Kalau Anda biasanya minum pil KB jam 9 pagi, dan baru teringat ketika sudah jam 4 sore, Anda harus segera minum satu butir pil KB secepatnya. Di hari berikutnya, Anda bisa melanjutkan minum pil KB sesuai jadwal atau waktu seperti biasanya, yaitu jam 9 pagi.

Intinya, ketika lupa minum pil KB di jam yang berbeda, Anda boleh tetap menyusul minum pil KB asal tidak lebih dari 12 jam di hari yang sama. Jika Anda benar-benar terlupa tidak meminum pil KB di hari tersebut, maka Anda perlu meminum 2 pil di hari berikutnya, dilanjutkan satu pil seperti biasa di hari-hari setelahnya. 

Namun, usahakan saat Anda ingat, Anda masih meminumnya di waktu yang sama setiap hari. Jika Anda mengingatnya saat mendekati waktu untuk mengonsumsi dosis berikutnya, minum dua dosis sekaligus.

Saat Anda lupa mengonsumsi sebanyak satu butir pil KB, Anda tidak perlu menggunakan kondom saat berhubungan seksual. Anda juga tidak perlu mengonsumsi kontrasepsi darurat setelah berhubungan seks karena masih terhitung aman. Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda masih ingin tetap menggunakan alat kontrasepsi tambahan sebagai bentuk proteksi cadangan.

Jika Anda lupa dua kali minum pil KB

Sementara itu, jika Anda melupakan dua kali penggunaan pil, Anda harus segera minum satu dosis terakhir yang lupa Anda minum. Namun, Anda tidak perlu minum dosis pertama dari pil KB yang lupa Anda konsumsi. Lalu, konsumsi dosis pil KB selanjutnya sesuai aturan. Jangan lupa untuk menggunakan metode kontrasepsi cadangan untuk tujuh hari selanjutnya.

Jika Anda lupa meminum pil KB 2 hari berturut-turut, maka Anda perlu meminum 2 pil selama dua hari berturut-turut dilanjutkan 1 pil seperti dosis biasanya.

Jika Anda melakukan hubungan seks tanpa pengaman dalam jangka waktu lima hari sebelumnya dan melupakan dua kali penggunaan pil KB atau lebih di minggu pertama penggunaannya, Anda mungkin membutuhkan kontrasepsi darurat untuk mengurangi risiko mengalami kehamilan.

Apabila Anda lupa mengonsumsi dua kali penggunaan pil KB pada minggu ketiga, Anda disarankan untuk melewati pil plasebo dan langsung mengonsumsi pak selanjutnya langsung saat pil terakhir di pak pertama selesai diminum.

Jika Anda melewatkan penggunaan pil mini

Sementara itu, ada cara yang berbeda untuk menanggulangi masalah lupa minum jenis pil KB yang lain, misalnya pil KB mini. Jika Anda lupa untuk minum pil KB mini lebih dari tiga jam, konsumsi segera setelah Anda ingat. Lalu, minum pil KB mini selanjutnya seperti biasa pada hari tersebut.

Namun, jika Anda melakukan hubungan seks dalam kurun waktu tiga hingga lima hari sebelumnya, Anda mungkin ingin menggunakan kontrasepsi tambahan, misalnya kontrasepsi darurat.

Bagaimana agar tidak lupa minum pil KB?

Lupa minum pil KB memang salah satu kesalahan minum pil yang paling sering dialami. Padahal, jika Anda lupa minum pil tersebut berulang kali, pil KB mungkin tidak akan bekerja secara efektif untuk membantu Anda mencegah terjadinya kehamilan. Dalam arti lain, penggunaan pil KB akan menjadi hal yang sia-sia.

Oleh sebab itu, bisa dibilang penggunaan pil KB ini membutuhkan komitmen yang tinggi. Demi menjaga komitmen ini, ada baiknya Anda mengatur jadwal minum pil KB di waktu yang Anda sekiranya bisa mengingat harus minum pil tersebut setiap hari.

Sebagai contoh, Anda bisa meminumnya di pagi hari saat baru bangun tidur. Pasalnya, di pagi hari kondisi pikiran dan tubuh Anda masih dalam kondisi yang segar. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan aplikasi di handphone atau memasang alarm khusus sebagai pengingat.

Selain itu, Anda juga perlu meletakkan pil di tempat yang mudah dilihat sehingga tak sampai lupa. Umumnya, tidak apa kalau langsung mengonsumsi dua butir pil sekaligus, namun mungkin lambung akan merasakan efek sampingnya seperti mual, sakit, bahkan muntah.

Anda juga bisa mengalami perdarahan ringan yang nampak seperti menstruasi sebagai efek samping jika mengonsumsi dua butir sekaligus. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, sebaiknya segera hubungi dokter atau bidan. Jangan mengambil keputusan sendiri tanpa sepengetahuan dokter jika Anda tidak sengaja melupakan dosis pil KB. 

Saat memutuskan untuk minum pil KB, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan, apakah Anda adalah seorang pelupa atau tidak. Hal ini penting agar Anda tidak kesulitan meminumnya secara teratur. Jika Anda sepertinya tidak bisa mengikuti jadwal minum pil KB yang teratur setiap hari, mungkin Anda perlu mempertimbangkan jenis kontrasepsi lain yang tidak mengharuskan Anda untuk mengingat aturan penggunaan setiap hari.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 2, 2019 | Terakhir Diedit: Maret 24, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca