5 Alasan Pentingnya Punya Tim Support System untuk Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 7 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Setiap orang mempunyai masalah yang harus dihadapi. Namun, tidak semua orang mampu menghadapinya sendirian sehingga Anda memerlukan support system atau dukungan dari orang sekitar. Dukungan yang tepat pun bisa membantu Anda mendapatkan solusi yang tepat. Berikut beberapa alasan mengenai pentingnya mempunyai support system yang berhubungan dengan kesehatan Anda.

Apa itu support system?

Saat terjadi masalah, ada kalanya Anda merasa bingung dan membutuhkan orang lain untuk berkeluh kesah.

Dikutip dari Mayo Clinic, support system merupakan dukungan orang-orang seperti teman, sahabat, atau keluarga yang dipercaya dan dapat membantu Anda melewati masa-masa sulit.

Hal ini dibutuhkan untuk menghindari terjadinya kesepian, mengisolasi diri, sampai depresi. Tidak hanya diri sendiri, Anda pun sebaiknya menjadi support system untuk orang-orang terdekat Anda.

Pentingnya support system untuk kesehatan

Apabila Anda mempunyai support system atau mendapatkan dukungan, secara tidak langsung bisa memengaruhi kesehatan. Dampak positif inilah yang membuat pentingnya memiliki dukungan kuat dari orang sekitar, yang di antaranya adalah:

1. Membuat Anda merasa nyaman

Ketika mengalami masalah, hal yang bisa Anda rasakan adalah gelisah dan sesekali susah untuk mendapat ketenangan.

Hal pertama pentingnya mempunyai support system untuk kesehatan mental adalah karena keberadaan mereka bisa membuat Anda merasa lebih nyaman. Cukup dengan sedikit berbagi cerita pun bisa membuat Anda jadi lebih tenang.

2. Memengaruhi perilaku dan keputusan

Masalah yang sedang Anda alami bisa mempengaruhi apa saja yang akan dilakukan nantinya. Agar tidak melakukan sesuatu yang gegabah dan membuat Anda menyesal, coba untuk sekadar bercerita serta meminta saran pada orang terdekat.

Peran support system di sini adalah secara tidak langsung dapat memengaruhi Anda ketika mengambil keputusan yang diharapkan merupakan keputusan yang bijak. Adanya dukungan yang baik maka sejalan dengan keputusan baik yang telah Anda buat.

3. Meminimalisir rasa stres

Setiap orang pasti pernah mengalami atau merasakan stres. Apalagi ketika Anda sedang berhadapan dengan suatu masalah yang cukup rumit. Apabila tidak diatasi dengan baik, kemungkinan yang bisa terjadi adalah menurunnya kekebalan tubuh, terjadi penyakit, sampai depresi.

Pentingnya mempunyai support system di sini adalah agar Anda mampu menghadapi tekanan yang sedang dirasakan. Penelitian juga menunjukkan bahwa dukungan dari orang terdekat ketika Anda mengalami krisi atau stres bisa mengurangi konsekuensi gangguan mental serta trauma seperti PTSD.

4. Motivasi jadi meningkat

Bukan hal yang tidak mungkin ketika berhadapan dengan suatu masalah bisa membuat Anda jadi merasa malas sampai kehilangan motivasi.

Hal lain yang membuat pentingnya dukungan orang terdekat adalah adanya dukungan sehingga Anda Kembali termotivasi untuk melakukan hal yang memang harus dilakukan. Apalagi, ketika Anda menemukan persamaan ketika seseorang pernah mengalami hal yang sama.

5. Menjadi pribadi yang tangguh

Banyaknya hal yang Anda pikirkan akan memengaruhi kesehatan Anda. Namun, ketika Anda dapat melaluinya walaupun dengan perlahan setidaknya tidak ada lagi yang harus dihindari.

Dukungan orang terdekat penting bagi Anda agar dapat menghadapi masalah yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Hal ini pula yang menjadikan Anda menjadi lebih dewasa, kuat, serta tangguh dalam menghadapi setiap masalah yang datang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyakit Mental

Pahami semua tentang penyakit mental mulai dari penyebab, faktor risiko, gejala, hingga bagaimana cara mengatasinya dalam ulasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 17 September 2020 . Waktu baca 9 menit

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental untuk Melawan Penyakit Kritis

Mental yang sehat mendukung kesehatan tubuh secara fisik. Ketika dilanda penyakit kritis, Anda tetap perlu menjaga kesehatan mental untuk dukung pemulihan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
tips menjaga kesehatan mental
Hidup Sehat, Tips Sehat 13 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental untuk Pebisnis Startup

Menekuni usaha yang sesuai passion adalah impian sejumlah orang. Namun, jangan sampai lupa waktu. Simak cara menjaga kesehatan untuk pebisnis sekarang.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
Asuransi, Hidup Sehat 7 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Bagaimana Pandemi Membuat Seseorang Berisiko Mengalami PTSD?

Pandemi COVID-19 memberikan dampak beragam, beberapa orang berisiko mengalami PTSD akibat melewati peristiwa mengguncang ini. Siapa saja yang berisiko?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 22 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gerakan senam otak

3 Gerakan Dasar Senam Otak untuk Tingkatkan Fokus dan Kreativitas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
foto keluarga bahagia yang sudah dilindungi oleh manfaat asuransi jiwa

5 Manfaat Asuransi Jiwa bagi Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Kesehatan jiwa remaja cegah depresi

Era Modern: Kasus Depresi pada Anak Remaja Meningkat

Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
tanda stress yang sering diabaikan

7 Tanda Stres yang Sering Tidak Anda Sadari

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit