Efek Berbagai Genre Musik Terhadap Mood Kita

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Dari kita kecil, saat masih bayi bahkan, kita sudah diperkenalkan dengan berbagai jenis atau genre musik. Mungkin tidak sebanyak sekarang, tapi setidaknya dari kita kecil kita sudah kenalan dengan musik.

Anda pasti setuju kalau mendengarkan musik bisa mempengaruhi mood dan lebih mewarnai hari-hari Anda saat beraktivitas, baik di rumah, sekolah, kampus, kantor, atau tempat hangout, mungkin. Apalagi sekarang sudah semakin mudah kita mendengarkan musik atau menonton festival musik, karena perkembangan teknologi sudah memungkinkan kita untuk mendengarkan musik lewat berbagai gadget di mana pun kita berada.

Para ilmuwan dari University of Missouri menemukan bahwa benar adanya musik mempengaruhi mood orang-orang yang mendengarkannya.

“Hasil penelitian kamu mendukung apa yang banyak orang telah lakukan: mendengarkan musik untuk meningkatkan mood mereka,” tulis pimpinan ilmuwan dan penulis Yuna Ferguson dalam rilis pers seperti dikutip dari HealthLine.com.

Berdasarkan riset yang dilakukan Ferguson, yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, orang-orang bisa lebih sukses meningkatkan mood mereka dan meningkatkan keseluruhan kebahagiaan mereka hanya dalam 2 minggu, dengan cara mendengarkan musik.

Dalam studinya, peserta penelitian diminta mendengarkan musik untuk memperbaiki mood mereka, tapi ini hanya berhasil ketika mereka mendengarkan musik dengan beat cepat dari Copeland, dan kurang berhasil dengan musik yang sedikit mellow dari Stravinsky. Peserta lainnya, yang diminta mendengarkan musik tanpa tujuan mengubah mood, tidak melaporkan peningkatan kebahagiaan.

“Orang-orang bisa lebih fokus menikmati pengalaman mereka dalam perjalanan menuju kebahagiaan, dan tidak terpaku pada tujuannya,” ujar Ferguson.

15 genre musik yang bisa mempengaruhi mood Anda

Berdasarkan apa yang dipublikasikan di Mamiverse.com, para peneliti dari McGill University di Montreal, Amerika Serikat, mengatakan bahwa mendengarkan musik membuat mood kita terpengaruh karena musik membuat tubuh menghasilkan dopamin. Meningkatnya dopamin di dalam otak yang merespon musik membuktikan bahwa manusia mendapatkan kesenangan setelah mendengarkan musik.

Ada 15 genre atau jenis musik yang bisa Anda dengarkan dan semuanya akan mempengaruhi mood Anda. Tergantung seperti apa kondisi atau mood yang Anda rasakan sekarang, tapi ketika Anda mendengarkan semua genre tersebut atau beberapa di antaranya saja, mood Anda akan jadi lebih pas seperti yang Anda inginkan. Selamat menikmati!

  1. Blues

Jika Anda merasa sedikit gugup atau gelisah, Anda mungkin ingin mendengarkan musik blues. Ritme musiknya bisa sedikit memperlambat detak jantung Anda dan membuat Anda tenang.

  1. Rock & punk

Musik satu ini memang enerjik dan bisa mendorong tingkat mood Anda. Jika Anda menikmati musik rock dan punk, adrenalin dan dorongan energi Anda akan jauh meningkat. Rasanya membuat Anda ingin mengangguk dan berjingkrak-jingkrak!

  1. Reggae

Genre atau jenis musik satu ini cocok bagi Anda yang emosinya sering meledak-ledak. Reggae adalah salah satu genre musik yang bisa menenangkan Anda. Beberapa orang bilang genre reggae memiliki ritme musik yang menyehatkan untuk jantung manusia, khususnya ketika mendengarkannya saat beristirahat.

  1. Pop/rock mainstream

Mendengarkan musik yang mainstream di pasaran, seperti di TV, radio, internet, baik itu pop atau rock bisa membantu Anda ketika Anda ingin berolahraga setelah selesai bekerja, tapi Anda merasa malas melakukannya. Tempo yang menenangkan dan ritme yang mudah dicerna (termasuk liriknya) membuat detak jantung Anda normal dan nafas konsisten.

  1. Lagu cinta klasik

Mendengarkan lagu ini memang cocoknya ketika lagi senang-senangnya baru mendapatkan pasangan. Tapi kalau baru putus? Sebaiknya jangan dengarkan lagu-lagu romantis. Kalau Anda menonton Bridget Jones’ Diary dan ingat bagian lagu All By Myself, jangan lakukan hal yang sama!

  1. Dance

Lagu bergenre dance akan membuat Anda merasa lebih baik dengan cepat. Tempo yang cepat dan tingginya tingkat energi yang dimiliki akan membuat Anda bergoyang.

  1. Musik klasik

Genre musik ini bisa meningkatkan mood seseorang sekaligus menenangkan. Musik jenis ini juga disebut bisa mempengaruhi tingkat kemampuan otak, oleh karen itulah musik klasik sering digunakan di sekolah dan juga di rumah sakit. Selain itu, lagu klasik juga bisa membuat Anda (dan anak-anak Anda, tentunya) tidur lebih baik di malam hari.

  1. Rap & hip-hop

Jenis musik satu ini bisa mengubah mood Anda dalam beberapa cara tergantung dari lirik lagunya, tempo musiknya, dan keseluruhan pesan yang terkandung dalam lagunya sendiri. Lagu rap sering membawa pesan tentang kemarahan, keangkuhan, dan kekerasan, tapi beberapa orang mengatakan bahwa rap membuat mereka rileks. Mungkin hindari ‘gangsta rap’ dan pilih sesuatu dengan lirik lebih masuk akal dan mudah dimengerti, sekaligus lebih baik.

  1. Heavy metal

Lirik dan melodi yang agresif bisa mempengaruhi Anda dengan efek negatif tertentu pada mood Anda. Sama seperti rap dan hip hop, setiap orang berbeda dan beberapa orang mungkin berpendapat bahwa orang-orang yang mendengarkan musik heavy metal memiliki harga diri yang lebih tinggi.

  1. Country

Musik country berhubungan dengan depresi dan bahkan bunuh diri. Jika Anda sedang depresi atau down jangan dengarkan lagu ini!

  1. New Age

New Age lebih banyak diisi dengan instrumen dan berbagai macam suara. Menggunakan genre musik ini membawa Anda kepada ketenangan dan tepat untuk meditasi dan relaksasi.

  1. Broadway

Mendengarkan lagu-lagu dari soundtrack teater dan musikal bisa sangat memotivasi. Musik ini memberikan inspirasi dan kepekaan soal kreativitas.

  1. Latino

Musik latin bersifat mendorong energi. Baik itu hari yang berat di kantor atau Anda sedang benar-benar kelelahan, musik latin bisa mempengaruhi Anda jadi lebih semangat dengan menghilangkan gejala-gejala kelelahan!

  1. Disco

Sepelan apapun genre musik ini dimainkan, musik disko dari tahun ke tahun bisa membuat Anda terbawa suasana dan bersiap memulai hari baru yang lebih baik. Jangan lupa berjoget asyik ketika mendengarkannya!

  1. Meditasi

Mungkin yang termasuk dalam genre musik satu ini adalah lagu-lagu yang bernuansa menenangkan, seperti lagu-lagu akustik atau folk. Dengan mendengarkan lagu yang seakan membuat Anda “bermeditasi” ini, Anda bisa mengurangi tingkat stres dan kegelisahan ketika meningkatkan rasa tenang dan relaksasi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

3 Gerakan Dasar Senam Otak untuk Tingkatkan Fokus dan Kreativitas

Senam tak hanya untuk tubuh, senam otak yang dapat mengasah pikiran Anda dan membuat Anda lebih fokus. Bagaimana gerakan dasar senam otak dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Tanda yang Muncul Jika Anak Anda Jadi Korban Bullying

Bullying bisa terjadi pada siapa saja termasuk anak Anda. Kenali tanda saat anak menjadi korban bullying dalam ulasan berikut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Remaja, Kesehatan Mental Remaja, Parenting 1 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

7 Tanda Stres yang Sering Tidak Anda Sadari

Gejala-gejala berikut ini sering diabaikan dan dianggap normal, padahal ini adalah tanda jika Anda sedang mengalami stres.

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Hidup Sehat, Psikologi 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

KDRT konflik rumah tangga

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
bahaya cyber bullying

Benarkah Bahaya Cyber Bullying Bisa Memicu Bunuh Diri?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
menghadapi anak masturbasi

Yang Perlu Ortu Lakukan Saat Memergoki Anak Masturbasi

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit