home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Panduan Menolong Orang yang Tersedak dengan Heimlich Maneuver

Panduan Menolong Orang yang Tersedak dengan Heimlich Maneuver

Makan terburu-buru bisa membuat Anda tersedak, apalagi sambil berbicara atau tertawa terbahak-bahak. Pada kebanyakan kasus, makanan yang tersangkut bisa mudah dikeluarkan dengan cara dibatukkan. Namun, saat Anda melihat seseorang tersedak dan kesulitan untuk mengeluarkan makanan, segera lakukan pertolongan pertama sesegera mungkin dengan teknik Heimlich maneuver.

Meski kelihatannya sepele, pertolongan pertama saat tersedak dapat mencegah risiko berbahaya bahkan menyelamatkan nyawa. Berikut panduan menolong orang yang tersedak dengan teknik Heimlich maneuver.

Apa itu Heimlich maneuver?

Heimlich maneuver adalah istilah gerakan pertolongan pertama untuk membantu orang yang tersedak dengan cara menekan perutnya kuat-kuat.

Gerakan pertolongan pertama ini akan menghasilkan tekanan besar pada perut dan dada orang tersebut sehingga benda asing yang tersangkut di saluran napas dapat dikeluarkan.

Heimlich maneuver adalah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan pada orang segala usia yang mengalami tersedak, termasuk bayi dan wanita hamil.

Bagaimana saya tahu kalau seseorang sedang tersedak?

Tersedak terjadi ketika sedang makanan, minuman, atau ada benda asing seperti isi staples yang tertelan dan menyangkut di dalam tenggorokan maupun saluran udara.

Hal ini bisa membahayakan nyawa karena benda asing yang tersangkut bisa menghalangi aliran udara dan menghambat suplai oksigen ke otak.

Umumnya, orang yang sedang tersedak akan mencengkeram tenggorokan dengan kedua tangannya dan refleks mengalami batuk untuk mengeluarkan benda asing tersebut

Pada kasus tersedak yang ringan, orang yang tersedak biasanya masih bisa berbicara meskipun sulit dan mengeluarkan sendiri benda asing dari tenggorokannya.

Namun, jika benda asing tidak bisa dikeluarkan lebih dari 4-6 menit dan pasokan oksigen berkurang drastis, kerusakan otak bisa mulai terjadi.

Maka dari itu, perhatikan juga tanda-tanda tersedak lainnya yang dijelaskan Mayo Clinic seperti di bawah

  • tidak mampu bersuara atau berbicara,
  • kesulitan bernapas atau suara napas yang berisik,
  • tidak bisa batuk saat diminta batuk,
  • kulit, bibir, dan kuku yang membiru atau kehitaman, dan
  • hilang kesadaran.

Segera lakukan penanganan darurat dengan Heimlich maneuver pada orang tersebut. Manuver Heimlich dapat menyelamatkan nyawa apabila dilakukan dengan tepat.

Heimlich maneuver pada anak dan dewasa

Sebelum melakukan gerakan manuver Heimlich, pastikan korban tersedak masih dalam keadaan sadar. Lalu, ikuti langkah pertolongan pertama manuver Heimlich berikut ini:

  1. Berdiri di belakang orang yang tersedak dan lingkarkan kedua tangan Anda di sekitar pinggangnya seperti posisi memeluk.
  2. Jika orang tersebut dalam posisi berdiri, tempatkan salah satu kaki Anda di antara kedua kakinya agar Anda dapat menyangga korban jika ia pingsan.
  3. Kepalkan salah satu tangan Anda, pastikan ibu jari Anda masuk ke dalam kepalan. Letakkan kepalan tangan sedikit di atas pusar orang tersebut, tapi di bawah tulang dada.
  4. Posisikan sisi luar dari ibu jari menghadap perut orang tersebut. Genggam kepalan Anda dengan rapat dengan tangan satunya.
  5. Beri sentakan kuat dari genggaman tangan Anda ke dalam perut orang yang tersedak dengan keras dan cepat sembari mengarah ke atas.
  6. Anda mungkin memerlukan tenaga lebih untuk orang yang besar dan lebih sedikit tenaga untuk anak-anak atau orang dewasa yang bertubuh kecil.

Anda mungkin perlu mengulangi prosedur beberapa kali sebelum benda asing yang menyebabkan tersedak tersebut berhasil keluar.

Apabila Anda telah melakukannya berulang kali dan tidak terjadi apa-apa, segera panggil nomor darurat (118). Jika orang yang tersedak sedang hamil, cara menolongnya sedikit berbeda.

Untuk wanita hamil, kepalan tangan Anda harus diletakkan lebih sedikit ke atas, yaitu di sekitar dasar tulang dada. Langkah selanjutnya sama seperti nomor 2-3 pada panduan di atas.

Bagaimana jika orang yang tersedak kehilangan kesadaran?

Apabila korban kehilangan kesadaran sebelum melakukan Heimlich maneuver, baringkan orang tersebut. Cobalah mengeluarkan benda asing dari saluran pernapasannya dengan jari secara perlahan dan hati-hati.

Apabila Anda tidak dapat melepaskan benda asing yang menyangkut, lakukan resusitasi jantung paru (CPR).

Begitu pun saat benda asing berhasil dikeluarkan, tetapi orang tersebut kehilangan kesadaran, Anda bisa memberikan napas buatan atau CPR dengan tangan.

Melakukan Heimlich maneuver pada bayi

Apabila anak yang tersedak berusia di bawah 1 tahun, Red Cross menganjurkan Anda untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ambil posisi duduk, kemudian topang badan bayi dengan lengan dan tengkurapkan dirinya di atas kedua paha dengan posisi condong ke depan. Posisi kepala bayi akan lebih rendah dari dadanya.
  2. Tahan posisi bayi yang tersedak dari depan dengan mantap menggunakan salah satu telapak tangan agar posisi kepala bayi tidak layu menempel di paha Anda.
  3. Berikan 5 pukulan lembut di antara kedua tulang belikat bahu anak dengan tumit tangan Anda.
  4. Apabila tidak berhasil, balikkan posisi tubuh bayi menjadi telentang dan sandarkan kepalanya pada lengan dan paha Anda sehingga kepala bayi lebih rendah daripada tubuhnya.
  5. Letakkan 2 jari pada bagian tengah tulang dada dan lakukan 5 kali tekanan cepat pada dada.

Ulangi pukulan lembut pada punggung dan dorongan pada dada. Lakukan hal ini hingga benda asing tersebut keluar dan bayi dapat bernapas atau batuk dengan sendirinya.

Melakukan Heimlich maneuver pada diri Anda sendiri

Apabila Anda tersedak dan tidak ada siapapun di sekeliling Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kepalkan tangan dan letakkan sedikit di atas pusar, ibu jari menghadap ke dalam.
  2. Genggam kepalan Anda dengan rapat dengan tangan satunya dan dorong ke dalam dan ke atas secara bersamaan.
  3. Lakukan 5 kali dorongan perut, dan ulangi terus hingga benda asing keluar dan Anda dapat bernapas atau batuk dengan sendirinya.

Saat Heimlich maneuver berhasil mengatasi kondisi tersedak, sebaiknya Anda tetap mencari pertolongan medis atau berkonsultasi ke dokter setelahnya.

Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada benda asing yang tertinggal serta memeriksa adanya gangguan pada saluran napas, seperti aspirasi paru sebagai efek dari tersedak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mayo Clinic. (2021). Choking: First aid. Retrieved 12 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-choking/basics/art-20056637

Red Cross UK. (2021).First aid for a child who is choking. Retrieved 12 March 2021, from https://www.redcross.org.uk/first-aid/learn-first-aid-for-babies-and-children/choking-child

Red Cross UK. (2021). First aid for someone who is choking. Retrieved 12 March 2021, from https://www.redcross.org.uk/first-aid/learn-first-aid/choking

National Safety Council. (2021).Choking. Retrieved 12 March 2021, from https://www.nsc.org/home-safety/safety-topics/choking-suffocation

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Tamara Alessia
Tanggal diperbarui 20/05/2018
x