Apa yang Terjadi Jika Tak Sengaja Menelan Isi Staples? Apakah Berbahaya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tidak jarang isi staples masuk ke dalam makanan atau minuman akibat dibungkus dan dijepit menggunakan staples. Kadang ada yang langsung sadar jika stapes masuk ke dalam makanan tapi banyak juga yang tak sadar. Hal ini tentu saja bisa membuat isi staples tertelan. Lalu, apa yang terjadi jika tertelan isi staples?

Apa yang akan terjadi bila tertelan isi staples?

Siapa pun bisa mengalami kondisi ini. Kebanyakan memang disebabkan karena kurang teliti dan sembarangan ketika menggunakan staples atau saat menyajikan makanan. Isi staples memiliki ukuran yang kecil sehingga kadang tidak terlihat oleh mata, yang akhirnya bisa tertelan begitu saja.

Sebenarnya, sama halnya dengan menelan makanan. Ketika tertelan isi staples maka selanjutnya akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan diproses layaknya makanan, hingga akhirnya ia akan keluar dari tubuh secara alami bersama dengan feses.

Namun dalam beberapa kasus, isi stapes yang tertelan bisa sulit untuk keluar dari dalam tubuh dan akhirnya menyebabkan luka di perjalanannya untuk keluar dari tubuh. Jika hal ini terjadi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, dokter akan melakukan tindakan sesuai dengan penyebab dan keadaan.

Bagaimana tanda-tanda yang terlihat setelah menelan benda asing?

Terkadang, mungkin Anda tidak menyadari telah menelan benda asing, seperti isi staples, sebab ukurannya yang sangat kecil hingga cenderung tidak terlihat.

Namun ada beberapa tanda yang bisa menjadi patokan bahwa ada benda asing yang tertelan dan menghalangi jalan napas yaitu tersedak, kesulitan dalam bernapas, batuk, muntah, dan mengalami mengi atau napas berbunyi lirih.

Jika isi staples yang tertelan tidak terperangkap di tenggorakan, maka hal ini tidak akan menimbulkan gejala. Kemungkinan ia telah masuk ke saluran pencernaan dan akan keluar sendirinya. Staples ataupun benda asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh, hanya akan menimbulkan gejala apabila tertahan dan tidak bisa keluar dari tubuh.

Namun, apabila staples atau benda asing tersebut terjebak di dalam tubuh dalam waktu yang cukup lama dan tanpa perawatan, maka hal ini bisa mengakibatkan infeksi  dan pada akhirnya menyebabkan batuk yang menghasilkan dahak, demam, nyeri dada, dan mengi dalam waktu yang lama.

Tips yang bisa dilakukan setelah menelan staples atau benda asing

Bila Anda tidak sengaja menelan staples ataupun benda asing lainnya, coba lakukan batuk yang disengaja untuk mengeluarkan staples tersebut. Namun jika staples yang masuk membuat sulit dalam berbicara, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama, dilansir dari laman Mayo Clinic.

  • Berikan 5 pukulan pada punggung. Posisikan diri Anda di samping atau di belakang orang tersebut, jika ia masih anak-anak Anda bisa berlutut di belakangnya. Kemudian berikan pukulan pada punggung belakang sebanyak lima kali.
  • Berikan 5 dorongan pada perut sama seperti sebelumnya. Lalu lakukan lima kali dorongan atau tekanan pada bagian perutnya.
  • Secara bergantian, berikan 5 pukulan dan 5 dorongan sampai staples atau benda asing tidak lagi tersumbat di kerongkongan .

Jika jalan napas masih tersumbat hingga membuat orang tersebut kesulitan bernapas dan henti jantung, segera lakukan perawatan darurat seperti teknik pernapasan bantuan (CPR)  atau cari bantuan medis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Lutut manusia bertugas untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, cari tahu berbagai fakta menarik soal kesehatan lutut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

BAB Sering Berdarah? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Kanker pada Saluran Cerna

Penyebab BAB berdarah bukan cuma ambeien alias wasir saja. Darah pada feses bisa jadi pertanda adanya kanker pada salah satu organ saluran cerna Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Kanker, Kanker Lambung 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan yang enak, gurih, dan lebih sehat. Simak beragam resep membuat bakwan yang mudah berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Resep Sehat, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
mie instan atau nasi

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit