Perubahan Tubuh yang Muncul Pada Menstruasi Pertama Anak Perempuan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/06/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Menarche atau menstruasi pertama adalah salah satu tanda bahwa anak perempuan sudah memasuki usia puber. Sebelum anak perempuan mengalami menarche, juga sudah terjadi berbagai perubahan fisik dan mental sebagai persiapan anak perempuan menuju remaja. Apa saja perubahannya?

Kapan anak perempuan mengalami menstruasi pertama?

Menstruasi pertama atau menarche biasanya terjadi antara usia 11 sampai 14 tahun. Namun, ini bisa terjadi lebih awal, yaitu pada usia 9 tahun, atau juga dapat lebih lambat, yaitu pada usia 15 tahun atau lebih.

Perbedaan waktu menarche antar anak perempuan ini normal terjadi karena banyak faktor yang dapat memengaruhi menarche. Misalnya pola makan, aktivitas fisik, dan stres. Sebaiknya anak perempuan tidak perlu merasa dirinya tidak normal atau malu jika ia sudah lebih dulu atau ia belum mendapatkan menarche dibandingkan dengan teman sebayanya yang lain.

Pada menstruasi pertama, biasanya menstruasi terjadi secara tidak teratur. Menstruasi baru akan mulai teratur memasuki tahun kedua. Pada menstruasi yang terjadi di tahun-tahun awal juga biasanya lebih lama berlangsung dan lebih banyak.

Periode menarche atau menstruasi biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 7 hari setiap bulannya. Namun, jangan khawatir, menstruasi setiap bulan tidak akan menghalangi Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Perubahan tubuh yang terjadi saat menstruasi pertama

Seiring dengan mulainya menstruasi pertama, tubuh Anda mulai mengalami perubahan. Perubahan yang mulai terjadi yaitu payudara yang membesar, tumbuhnya rambut kemaluan, dan rambut ketiak. Pinggul Anda juga mulai melebar. Menarche juga berarti jika Anda berhubungan seks, Anda bisa hamil. Anda bahkan bisa hamil di bulan sebelum menstruasi pertama dimulai.

1. Keputihan

Beberapa bulan sebelum menstruasi pertama atau menarche, anak perempuan biasanya mengalami keputihan. Hal ini adalah gejala yang normal terjadi sebagai persiapan untuk terjadinya menstruasi pertama. Kemudian, pada saat sistem reproduksi anak perempuan sudah matang, Anda akan mengalami menstruasi pertama.

2. Muncul flek

Pada saat menarche, anak perempuan akan menemukan darah di celana dalamnya. Darah ini keluar dari vagina. Darah ini berwarna kecoklatan dan baru keluar dalam jumlah sedikit pada beberapa hari pertama menarche, kemudian akan berubah menjadi merah dan jumlahnya bertambah banyak pada hari-hari berikutnya. Pada saat ini, anak perempuan harus memakai pembalut untuk membantu menampung darah yang keluar.

3. Perubahan emosi

Sebelum mendapat menstruasi pertama, mungkin anak perempuan akan merasa lebih tegang dan emosional. Anda menjadi lebih mudah marah atau lebih mudah menangis dari biasanya tanpa alasan yang jelas. Ini wajar karena tubuh Anda sedang mengalami perubahan hormon yang akhirnya memengaruhi kondisi emosional Anda.

4. Perubahan fisik lain yang menyertai atau mendahului menarche

Perkembangan payudara mungkin dimulai antara usia 8 sampai 13 tahun dan berlanjut sampai masa pubertas. Perkembangan payudara dimulai dengan daerah datar di sekitar puting susu yang menjadi membesar dan beberapa jaringan payudara terbentuk di bawah puting susu. Saat perkembangan payudara selesai, masing-masing payudara dan areola tidak lagi nampak bengkak. Payudaranya mungkin juga menjadi lebih sensitif. Hal ini biasanya disebut dengan premenstrual syndrome (PMS).

Selain itu, sebelum atau saat menarche, Anda juga akan mengalami lonjakan pertumbuhan tinggi badan, yang kadang juga disertai dengan kenaikan berat badan.

Penambahan berat badan ini normal dan merupakan bagian dari pubertas. Tanpa mendapatkan berat badan ini, Anda tidak bisa tumbuh lebih tinggi, mengembangkan payudara, atau mendapatkan menstruasi pertama Anda.

Rambut di ketiak Anda juga mulai tumbuh, dan kelenjar penghasil minyak juga mulai berkembang. Maka tak jarang saat masa menuju menstruasi pertama, Anda mulai berjerawat saat kelenjar ini tersumbat. Beberapa anak perempuan juga mungkin mengalami jerawat saat menstruasi pertamanya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Kuku yang cantengan tak hanya mengerikan untuk dipandang mata, namun bisa terasa menyakitkan dan mungkin bernanah. Begini cara mengobatinya.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tanggal kedaluwarsa

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit