Menjelang dan selama haid Anda pasti merasakan beragam gejala yang tidak menyenangkan. Salah satunya yang mungkin paling mengganggu adalah mual-mual, bahkan sampai muntah. Jangan khawatir, simak tips berikut untuk mengatasi perut mual saat haid.

Kenapa perut mual menjelang dan selama haid?

Perut mual erat kaitannya pada wanita hamil atau saat Anda sedang sakit. Namun, bisa juga terjadi menjelang atau selama haid. Hampir 85% wanita yang menstruasi mengalami gejala yang tidak menyenangkan ini. Kenapa, ya? Jawabannya adalah perubahan hormon di dalam tubuh.

Setelah ovulasi serta sebelum dan selama menstruasi, zat kimia prostaglandin dilepaskan oleh tubuh. Zat kimia ini berperan dalam sistem reproduksi wanita dan mempercepat penyembuhan luka.

Namun, sebagian besar hormon ini akan mengalir ke lapisan rahim untuk merangsang kontraksi. Sisanya masuk ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, bahkan diare.

Tips mengatasi perut mual saat haid

Perut mual saat haid biasanya mereda jika Anda mengatasi gejala nyeri PMS lainnya. Nah, beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan mual saat haid, antara lain:

1. Hirup udara segar

Salah satu gejala PMS adalah indra penciuman yang lebih sensitif dari biasanya. Nah kadang, aroma berbau menyengat atau tajam bisa membuat perut mual.

Oleh karena itu, cobalah buka jendela kamar lebar-lebar supaya sirkulasi udara dalam ruangan jadi lebih lancar. Bisa juga diakali dengan menyetel kipas angin untuk mengusir bau kurang sedap tersebut. Jika dirasa kurang manjur, sekalian saja pergi sejenak ke luar ruangan dan hirup udara segar.

Anda juga bisa mencoba menghirup minyak esensial, seperti minyak camomile, jahe, atau peppermint. Oleskan sedikit pada perut atau di sekitar kulit bawah hidung.

2. Banyak minum air putih

minum air putih sebelum tidur

Perasaan perut teraduk-aduk bisa membuat Anda muntah. Akibatnya, cairan dalam tubuh akan terbuang dan jadi berkurang. Supaya tubuh Anda tetap terhidrasi dan bertenaga, perbanyak minum air putih.

Selain itu, ada juga bisa menikmati minuman menyegarkan, seperti:

  • Wedang jahe atau teh jahe. Selain menghangatkan tubuh, minuman jahe juga bisa mengatasi mual. Aromanya yang khas dan kuat bisa menyegarkan pernapasan dan pencernaan Anda jadi lebih baik.
  • Teh peppermint. Rebusan air, teh, dengan senggenggam daun peppermint bisa jadi minuman yang cocok untuk perut mual. Sensasi dingin ketika diminum bisa melegakan pernapasan Anda.

3. Makan buah dan biskuit

buah untuk diet keto

Mual dan muntah bisa mengurangi sediaan nutrisi tubuh Anda. Selain banyak minum air, pilihan makanan juga harus tepat. Hindari makanan berbau menyengat yang membuat perut mual.

Ada beberapa makanan yang baik saat perut mual, seperti apel, biskuit, kacang-kacangan, dan pisang. Supaya perut tidak penuh, makanlah dalam  porsi kecil namun lebih sering. Ini membantu menjaga gula darah tetap stabil.

4. Minum obat atau suplemen

minum obat melebihi dosis

Jika Anda sering mengalami mual saat haid, jangan sungkan untuk konsultasi ke dokter. Apalagi jika perut mual dan gejala haid lainnya sangat mengganggu aktivitas Anda. Dokter akan membantu meringankan gejala tersebut, misalnya meresepkan obat atau suplemen, seperti:

  • Antinyeri NSAID seperti ibuprofen atau naproxen
  • Vitamin B6 untuk mengurangi mual yang sering diresepkan pada ibu hamil

5. Coba untuk jalan santai

manfaat jalan mundur

Aktivitas fisik tertentu diyakini dapat meringankan gejala haid, termasuk perut mual. Tidak perlu melakukan olahraga berat yang membuat Anda tidak nyaman.

Cukup dengan jalan santai mengitari kompleks rumah misalnya, dapat mengurangi tekanan pada rahim yang sedang berkontraksi dan memberikan udara segar bagi paru-paru Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca