Benarkah Suplemen Vitamin C Bisa Meningkatkan Stamina?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda salah satu orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C di tengah aktivitas Anda yang padat? Mungkin Anda berpikir bahwa konsumsi suplemen vitamin C dapat meningkatkan stamina sehingga Anda tidak mudah sakit. Tapi, benarkah suplemen vitamin C mempunyai manfaat seperti itu?

Suplemen vitamin C untuk meningkatkan stamina

Aktivitas yang padat membuat banyak orang di zaman sekarang ini hanya mempunyai sedikit waktu untuk beristirahat. Hal ini tentu dapat memengaruhi kesehatan. Ditambah lagi dengan pola makan Anda yang tidak terjaga. Daya tahan tubuh pasti dapat menurun dengan mudahnya, sehingga membuat Anda gampang letih dan sakit. Karena alasan tersebut, banyak orang mengonsumsi suplemen vitamin C. Tapi, apakah benar vitamin C dapat memberi Anda stamina yang lebih?

Salah satu fungsi dari vitamin C sendiri adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda dengan merangsang produksi sel darah putih.  Antioksidan yang juga terkandung dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan energi, sehingga dapat mencegah Anda dari kelelahan. Selain itu, vitamin C juga dapat mendukung fungsi vital dalam tubuh Anda, salah satunya adalah fungsi kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal adalah kelenjar yang mengatur hormon terkait stres dan kelelahan. Vitamin C juga diperlukan dalam penyerapan zat besi sehingga juga dapat membantu Anda terhindar dari anemia. Dengan segala fungsinya tersebut, maka suplemen vitamin C dapat membantu Anda meningkatkan daya tubuh dan mencegah Anda dari kelelahan.

Selain kandungan vitamin C, biasanya suplemen vitamin C juga ditambahkan dengan vitamin B. Vitamin B ini dapat membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi. Hal ini menjadi nilai tambah suplemen karena vitamin B dapat membantu meningkatkan energi Anda, selain dari sumber vitamin C. Oleh karena itu, konsumsi suplemen vitamin C di tengah aktivitas Anda yang padat mungkin dapat membantu Anda menjadi lebih berstamina.

Apakah kita butuh suplemen vitamin C?

Tidak semua orang membutuhkan suplemen vitamin C. Suplemen vitamin C biasanya mengandung vitamin C dengan kadar tinggi, mencapai 1000 mg atau lebih. Padahal, kebutuhan vitamin C Anda per hari tidak sampai sebanyak itu. Berdasarkan Institute of Medicine’s, kebutuhan vitamin C Anda adalah 90 mg per hari untuk pria dan 75 mg vitamin C per hari untuk wanita. Jika Anda mengonsumsi vitamin C lebih dari jumlah ini, maka ini merupakan hal yang percuma. Mengapa? Karena kelebihan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh Anda hanya akan dikeluarkan lagi oleh tubuh Anda.

Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin C Anda hanya dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari (setidaknya 5 porsi per hari). Beberapa sumber makanan vitamin C adalah jeruk, kiwi, pepaya, strawberi, brokoli, kale, dan masih banyak lagi. Anda bisa menambahkan sayuran dan buah-buahan tersebut ke setiap menu makanan Anda setiap hari. Contohnya saja, tambahkan strawberi dan kiwi ke dalam sereal pagi Anda.

Namun, jika Anda mempunyai masalah dalam mencukupi kebutuhan vitamin C Anda per hari, di samping aktivitas Anda juga padat setiap harinya, mungkin Anda membutuhkan asupan vitamin C tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Suplemen vitamin C mungkin Anda butuhkan, tapi dengan kadar 500 mg vitamin C saja sepertinya sudah cukup untuk Anda. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum Anda memutuskan untuk mengambil suplemen.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Manfaat Cordyceps Militaris, Jamur yang Berkhasiat bagi Kesehatan Terutama untuk Pernapasan

Mari mengenal jamur cordyceps yang sejak dulu digunakan sebagai pengobatan tradisional Cina dan berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Fakta Unik 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

3 Suplemen Penambah Hormon Testosteron untuk Para Pria

Selain mengubah gaya hidup lebih sehat, ternyata ada lain yang disebut-sebut bisa dipakai untuk menambah hormon testosteron, yaitu konsumsi suplemen.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Pria, Hidup Sehat 16/05/2020 . Waktu baca 6 menit

Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Selain mengatur porsi makanan, ternyata ada beberapa suplemen yang bisa digunakan sebagai penambah berat badan. Ini dia daftarnya!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 09/05/2020 . Waktu baca 3 menit

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ketika bulan puasa, banyak orang yang mudah sakit dan merasa cepat lemas. Karena itu, Anda butuh minum vitamin C dan zinc untuk mengatasinya. Mengapa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hari Raya, Ramadan 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
cara agar tidak gampang sakit

Ini Tips Tidak Gampang Sakit dan Berisiko Tertular COVID-19 saat New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
manfaat alkylglycerol dari minyak lever ikan hiu untuk sistem imun tubuh

Alkylglycerol, Bahan Alami untuk Perkuat Sistem Imun

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit