Mengatur Pola Hidup Sehat Bagi yang Baru Sembuh dari Kanker

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kebanyakan orang yang baru sembuh dari kanker diwajibkan untuk mengikuti saran makan makanan yang sehat dan menjalani pola hidup yang sehat. Ini bertujuan agar tubuh mereka kembali sehat dan mencegah risiko kambuhnya kanker. Apa saja diet dan pola hidup yang harus dilakukan orang yang baru sembuh dari kanker?

Pola hidup sehat bagi orang yang baru sembuh dari kanker

1. Diet sehat

makanan rendah kalori

Makan sayur dan buah

Makanan seperti sayuran dan buah-buahan segar wajib dikonsumsi bagi para cancer survivor, sebutan bagi orang yang sembuh dari kanker.  Sebagian besar sayuran dan buah-buahan seperti wortel, anggur, tomat, ceri, dan pisang dapat langsung dimakan. Makanan ini harus selalu dicuci bersih dengan air untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel.

Sayuran dan buah-buahan mengandung serat dan kaya akan senyawa sehat yang dikenal dengan fitokimia. Sebagian besar sayuran dan buah-buahan juga memiliki nutrisi yang lebih baik untuk diawetkan jika produk makanan ini masih segar dan mentah.

Gandum utuh

Gandum utuh alias whole wheat mengandung nutrisi penting di dalamnya. Gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang membantu memberikan energi, serat, vitamin, dan mineral seperti asam folat pada tubuh. Gandum utuh memiliki kandungan gizi yang berbeda dengan gandum lain, seperti lebih banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat.

Bila produknya terbuat dari sebanyak 51 persen atau lebih gandum utuh, maka produk tersebut boleh diberi label 100 persen gandum. Makan gandum utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Membatasi konsumsi daging merah dan daging olahan

Daging merah hewani  mengandung protein, zat besi, vitamin, dan mineral tetapi juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Konsumsi daging merah dan daging olahan terlalu banyak dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker usus besar.

Daging merah tanpa lemak dapat dijadikan makanan yang seimbang bersamaan dengan ikan, ayam, buah-buahan, sayuran, gandum utuh, dan sumber lemak sehat. Jumlah konsumsi daging yang cukup yaitu dua sampai tiga ons dalam waktu kurang dari tiga kali seminggu. Cara pengolahan daging yaitu dengan dikukus, dipanggang, atau direbus. Hindari menggoreng.

2. Olahraga teratur

mitos olahraga lari

Olahraga teratur dapat  meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh bagi siapa saja, tidak terkecuali bagi orang yang baru sembuh dari kanker. Berikut adalah manfaat yang bisa didapat dari berolahraga:

  • Meningkatnya daya tahan tubuh
  • Menjauhkan risiko depresi dan rasa cemas
  • Jadi tidak mudah lelah
  • Menaikkan tingkat mood
  • Lebih percaya diri
  • Jadi tidak mudah sakit
  • Tidur jadi lebih nyenyak dan berkualitas

Berolahraga rutin bagi orang yang baru sembuh dari kanker tidak harus dilakukan terlalu ekstrem. Ada baiknya Anda fokus pada langkah-langkah kecil untuk membuat hidup Anda lebih aktif. Coba dengan cara naik tangga lebih sering atau parkir lebih jauh dari tujuan Anda dan berjalan kakilah sampai tujuan. Jangan lupa konsultasi dengan dokter sebelum Anda memulai program latihan olahraga apa pun.

3. Membatasi konsumsi minuman berakohol

minum alkohol

Orang yang baru sembuh dari kanker ada baiknya tidak mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali. Asupan berlebihan minuman beralkohol diketahui menyebabkan risiko kanker mulut, faring, laring, kerongkongan, hati, dan payudara. Alkohol juga mengandung kalori berlebihan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca