5 Nutrisi Makanan yang Wajib Anda Konsumsi Agar Patah Tulang Cepat Sembuh

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/06/2019
Bagikan sekarang

Patah tulang bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti cedera atau kondisi tulang yang rapuh. Bila Anda mengalami patah tulang, mungkin Anda akan diminta untuk menjalani operasi. Namun, selain pengobatan yang dilakukan tim medis, Anda juga bisa melakukan hal lain untuk mempercepat penyembuhan tulang yang patah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang tepat. Lalu nutrisi apa saja yang dapat membantu penyembuhan patah tulang?

5 nutrisi yang diperlukan jika Anda mengalami patah tulang

Pada dasarnya semua makanan yang sehat dan bergizi mampu untuk membuat kondisi cepat pulih. Namun ada beberapa zat gizi yang diperlukan dalam jumlah lebih agar kondisi tulang cepat membaik dan luka cepat kering. Lalu apa saja nutrisi tersebut?

1. Protein

Protein adalah zat gizi makro yang sangat penting untuk membangun jaringan baru di dalam tubuh. tentunya, Anda membutuhkan nutrisi ini untuk membangun dan memperbaiki jaringan tulang menjadi normal kembali. Selain itu, protein juga membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih banyak, sehingga membuat tulang menjadi lebih padat dan kuat.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Tufts Unversity mengungkapkan bila diet tinggi protein dapat mempercepat penyembuhan tulang yang rapuh dan patah. Konsumsi protein harian untuk orang dewasa sehat adalah sekitar 56-65 gram per hari. Namun dalam penelitian tersebut, peserta studi diberikan protein sebanyak 79 gram per hari. Anda dapat mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti daging sapi, daging ayam, telur, susu dan kacang-kacangan.

2. Kalsium

Nutrisi yang terpenting lainnya adalah kalsium. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, maka hampir semua kalsium akan disimpan di dalam tulang. Dan hal ini yang membuat tulang Anda padat dan kuat. Memang, tugas utama dari kalsium dalam untuk menjaga kesehatan tulang.

Jadi, Anda membutuhkan makanan yang berkalsium tinggi untuk membuat tulang Anda yang patah menjadi kuat dan padat kembali. Makanan yang mengandung kalsium tinggi yaitu, salmon, brokoli, bayam, kacang almond, susu, dan kacang kedelai.

mitos mengenai susu

3. Vitamin D

Vitamn D tak kalah penting dari kalsium dam protein. Fungsi utama vitamin D juga untuk menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. Tak hanya itu, vitamin larut lemak ini membantu dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh, sehingga dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tulang yang rusak.

Sebenarnya, Anda bisa mendapatkan vitamin D dari matahari. Setidaknya Anda butuh kurang lebih selama 10 menit terpapar matahari untuk menghindari kondisi kekurangan. Namun Anda juga dapat menemukannya di dalam makanan, contohnya susu, telur, dan ikan laut.

4. Vitamin K

Meski vitamin K lebih banyak berperan dalam mencegah perdarahan dan mempercepat penyembuhan luka, namun vitamin K juga mampu meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan Anda. Sama dengan vitamin D yang bersifat larut lemak, vitamin K membuat tulang yang patah kembali pulih dan tersambung dengan sempurna. Anda bisa menemukan vitamin K di dalam makanan seperti, brokoli, kale, alpukat, telur, dan kembang kol.

5. Vitamin C

Mungkin Anda lebih sering mendengar vitamin C sebagai antioksidan dan berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Namun ternyata vitamin ini juga baik dalam memperbaiki jaringan tulang yang rusak dan membuat penyerapan kalsium serta mineral lain maksimal di dalam tubuh.  Anda dapat menemukan vitamin C dengan kadar yang tinggi pada bayam, brokoli, tomat, jeruk, mangga, kiwi, dan pepaya.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 09/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020