Anda membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin C. Vitamin C disebut-sebut memiliki peran yang cukup penting dalam pertahanan tubuh, menjadi antioksidan, membantu penyembuhan luka, dan membangun kembali sel-sel yang rusak. Bahkan telah ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat mempercepat gejala flu dan pilek hilang.

Tapi, ada yang bilang kalau vitamin C akan hilang jika terlalu banyak minum air, apakah hal tersebut benar?

Vitamin C ada yang bersifat larut air

Tidak seperti vitamin yang larut lemak, vitamin C yang bersifat larut air ini tidak bisa disimpan oleh tubuh terlalu banyak. Setelah dicerna, vitamin C masuk ke dalam pembuluh darah Anda dan larut di dalam darah.

Vitamin C akan terus dikeluarkan oleh tubuh seiring dengan keluarnya urin dan keringat. Setiap Anda minum air yang banyak, tubuh juga akan mengeluarkan  cairan yang jumlahnya cukup banyak. Lalu apakah hal ini memengaruhi jumlah vitamin C karena vitamin ini larut air?

Apakah banyak minum air bisa menguras vitamin C keluar dari tubuh?

Menjaga status hidrasi Anda tetap normal adalah hal sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, tidak masalah jika Anda meminum banyak air putih. Kebiasaan ini justru akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan mencegah berbagai vitamin dan mineral terbuang melalui keringat dan urin.

Jadi begini, tubuh akan tetap mengeluarkan cairan dalam kondisi apapun, entah itu ketika Anda kurang minum atau cukup minum. Saat Anda tidak terlalu banyak minum, tubuh tetap mengeluarkan cairan baik lewat keringat maupun melalui kencing. Vitamin dan mineral yang larut dalam air dapat dikeluarkan melalui cairan ini, termasuk vitamin C.  Jadi, tidak terbukti jika terlalu banyak minum air membuat vitamin C dan vitamin lainnya terkuras oleh tubuh.

Jangan khawatir juga, karena tubuh Anda memiliki pengaturannya sendiri dalam mengatur simpanan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menunjang fungsi tubuh. Saat vitamin C berhasil dicerna dan diserap di dalam tubuh, vitamin ini akan langsung masuk ke dalam aliran darah Anda. Tubuh akan menyimpan vitamin C sesuai dengan kebutuhan dan mengeluarkan sisa yang tidak dibutuhkan melalui urin dan keringat.

Berapa banyak vitamin C yang harus diminum untuk mencegah kekurangan?

Untuk menjaga jumlah vitamin yang larut air seperti vitamin C, maka Anda harus mengonsumsi sumber vitamin C cukup sering dan banyak. Mengingat vitamin ini akan selalu dikeluarkan melalui urin dan keringat. Menurut ketentuan angka kecukupan gizi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, vitamin C diperlukan laki-laki usia dewasa sekitar 90 mcg sedangkan kebutuhan wanita dewasa sebesar 75 mcg.

Anda bisa menemukan vitamin C yang cukup tinggi dalam makanan jenis berikut:

  • Buah-buahan, seperti pepaya, mangga, kiwi, berbagai jenis jeruk, nanas, strawberi, dan anggur.
  • Sayuran: brokoli, kembang kol, bayam, kol, tomat, dan berbagai macam cabai.

Dan jangan lupa untuk minum air putih sesuai kebutuhan – tergantung dengan beban aktivitas – agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca