Menimbang Badan Setiap Hari Membantu Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda sedang melaksanakan program untuk menurunkan berat badan? Sebenarnya, ada hal yang sangat mudah yang bisa menurunkan berat badan, yaitu dengan menimbang berat badan secara rutin. Bahkan menimbang berat badan secara rutin masuk ke dalam 4 pilar gizi seimbang yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Apa buktinya menimbang badan membantu menurunkan berat badan?

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa menimbang berat badan secara berkala dapat membantu penurunan berat badan secara cepat. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan Cornell University. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Obesity ini melibatkan sebanyak 162 orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas diperhatikan pola dan perilaku makannya selama 2 tahun. Kemudian dari total responden tersebut, peneliti membaginya menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang diminta untuk menimbang berat badannya setiap hari, dan kelompok yang satunya tidak menimbang badan. Di akhir penelitian terlihat kelompok yang diminta untuk melakukan penimbangan setiap hari memiliki penurunan sebanyak 2 hingga 5 kg per bulan dibandingkan dengan kelompok satunya yang hanya mengalami penurunan 0,5 hingga 4 kg.

Penelitian lain juga mengemukakan hal yang sama, penelitian yang dilakukan selama 6 bulan ini menemukan bahwa sebanyak 91 orang dewasa yang obesitas, yang melakukan penimbangan berat badan setiap hari, mengalami rata-rata penurunan berat badan sebanyak 6,13 kg dalam waktu 6 bulan. Tidak hanya itu saja, diketahui juga bahwa dengan kebiasaan ini mereka mengurangi asupan kalorinya per hari.  

Dari sebuah survei yang dilakukan oleh National Weight Control Registry, diketahui jka terdapat 20% dari total populasi yang berhasil menurunkan berat badan dan menjaganya agar tidak naik kembali, salah satunya dengan cara menimbang berat badan setiap hari. Hal ini diperkuat dengan kebiasaan makan dan pola hidup yang baik dan sehat, sehingga berat badan mudah kembali normal.

Berat badan mudah naik dan turun

Pada dasarnya, berat badan kita sangat mudah untuk meningkat maupun menurun, bahkan pada orang yang kurus sekalipun. Penurunan atau peningkatan berat badan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti asupan cairan, asupan lemak atau zat gizi lain, hormon, dan massa otot. Seorang atlet mungkin saja memiliki berat badan yang sama seperti orang yang mengalami overweight, yang membedakan adalah massa ototnya. Selain itu, ketika Anda kekurangan minum atau mengalami dehidrasi, maka berat badan akan turun secara signifikan. Namun sesaat setelah Anda makan atau minum, berat badan Anda akan bertambah kembali. Untuk itu, melakukan penimbangan berat badan sangat penting agar bisa mengontrol berat badan yang mudah berubah-ubah.

Menimbang berat badan meningkatkan kontrol terhadap diri

Berdasarkan penelitian yang telah disebutkan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan cara sering-sering menimbang berat badan. Kebiasaan untuk menimbang berat badan dapat membentuk kontrol terhadap pola makan dan pola hidup. Mungkin sebelumnya Anda tidak menyadari jika Anda sudah kelebihan berat badan atau bahkan obesitas. Dengan melakukan penimbangan berat badan pertama kali, Anda akan sadar dan tahu berapa berat badan Anda.

Atas dasar tersebut, Anda akan melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan yang berlebihan tersebut, entah itu mengurang kalori yang masuk ke tubuh, melakukan olahraga, serta mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Kemudian setelah beberapa waktu Anda melakukan program, Anda menimbang kembali dan melihat perubahan angka pada timbangan yang menurun dari timbangan sebelumnya, dan ini akan menimbulkan kepuasan tersendiri. Sebaliknya, jika penimbangan tidak ada perubahan apapun, hal ini akan memacu Anda untuk terus melakukannya hingga berhasil. Kebiasaan menimbang setiap hari juga bisa membuat Anda lebih ketat dengan pantangan-pantangan yang seharusnya Anda hindari ketika melakukan diet, melakukan olahraga lebih sering dan rutin, membatasi kalori yang masuk, serta meningkatkan kontrol diri.

Bagaimana cara menimbang badan untuk mendukung penurunan berat badan?

Berikut adalah tips untuk menimbang berat badan agar membantu penurunan berat badan, yaitu”

  • Lakukan penimbangan berat badan pada waktu yang sama setiap harinya. Contohnya, Anda bisa menimbang berat badan setiap pagi setelah Anda mandi, sehingga tidak ada berat dari baju atau pakaian Anda yang terhitung.
  • Buat catatan atau bahkan grafik untuk melihat perkembangan perubahan berat badan Anda, ketika sudah satu minggu, Anda dapat melihat apakah grafik tersebut menurun atau meningkat.
  • Sebaiknya menggunakan timbangan digital. Walaupun sebenarnya semua timbangan sama fungsinya, namun jika Anda menimbang dengan timbangan digital maka akan lebih akurat perhitungannya. Timbangan pegas yang sering dipakai mungkin saja tidak akurat lagi karena sering dinaiki dan pegasnya sudah tidak berfungsi dengan baik.

BACA JUGA

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

    Apakah saat ini Anda sedang menjalani program penurunan berat badan? Apakah Anda rutin menjadwalkan untuk olahraga? Jika ya, berhasilkah cara Anda? Terkadang kita sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan ...

    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 29 November 2020 . Waktu baca 7 menit

    10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

    Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

    7 Aturan Diet untuk Wanita di Usia 40 Tahun ke Atas

    Bagi wanita, mengonsumsi ikan salmon 2 kali dalam seminggu merupakan salah satu cara diet di usia 40 tahun ke atas untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Hidup Sehat, Tips Sehat 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

    Penyebab Serangan Jantung Pada Anak Muda

    Tahukan Anda bahwa banyak kasus serangan jantung terjadi pada anak muda di bawah 40 tahun, dan 25% dari mereka meninggal dalam waktu kurang dari 15 tahun?

    Ditulis oleh: Adinda Rudystina
    Hidup Sehat, Tips Sehat 26 November 2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    manfaat garam untuk kesehatan

    6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit
    manfaat tempe

    5 Manfaat Makan Tempe Bagi Kesehatan

    Ditulis oleh: Gadis Rima Astari
    Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit

    Mengenal Quinoa, Makanan Super yang Penuh Gizi

    Ditulis oleh: dr. Anastasia Shinta
    Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 4 menit
    krim muka dari dokter bikin ketagihan

    Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

    Ditulis oleh: Tiara Putri
    Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit