Jika Dikonsumsi Berlebihan, Ini Efek Samping Minum Jus Seledri

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Minum jus seledri memang menyegarkan, tetapi jika sering dikonsumsi bisa menimbulkan efek samping. Jus seledri memiliki beragam vitamin dan mineral yang bisa memberikan manfaat kesehatan. Misalnya, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit kronik dan peradangan, serta menjaga cairan tubuh.

Meskipun jus seledri membantu tubuh tetap terhidrasi, jus seledri sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Sebab ada risiko kesehatan yang mungkin timbul.

Apa efek samping minum jus seledri?

Ada banyak keuntungan kesehatan yang diperoleh bila Anda minum jus seledri, tapi dalam porsi yang pas. Segelas jus seledri mengandung vitamin C dan K, termasuk mineral folat, potasium, dan antioksidan. Jus seledri dapat mengurangi risiko inflamasi dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Ada kalanya jus seledri menjadi primadona yang dipercaya mampu mendetoksifikasi tubuh. Minum jus seledri sempat digandrungi banyak orang yang mengikuti tren gaya hidup sehat, karena manfaat detoksifikasinya.

Sebetulnya tubuh memiliki cara untuk mengeluarkan beragam racun dengan caranya sendiri. Cara tubuh mengeluarkan racun didukung juga dengan aktivitas fisik dan konsumsi makanan sehat.  

Jus buah maupun sayur yang diminum secara berlebihan akan menimbulkan efek samping, termasuk jus seledri.

Rachele Pojednic, Ph.D, profesor nutrisi dari Simmons College, mengakui bahwa seledri mendukung kesehatan. Namun, mengonsumsi jus daun seledri dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan efek samping dengan meningkatkan reaksi kimia di dalam tubuh.

Melansir laman Eating Well, Rachele mengatakan bahwa seledri sendiri memiliki zat kimia seperti furanocoumarin dan psoralens. Keduanya bersifat fototoksik jika masuk ke dalam tubuh. 

Dalam beberapa kasus furanocoumarin dapat menyebabkan kulit melepuh dan hiperpigmentasi. Sementara itu, psoralen merupakan senyawa kimia yang membuat kulit jadi lebih sensitif. Saat kulit mengalami kontak langsung dengan sinar ultraviolet, dapat meningkatkan risiko dermatitis, kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan penuaan dini.

Selain masalah kulit, Rachele menambahkan, efek samping minum jus seledri secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan liver, serta mempengaruhi metabolisme tubuh. 

Tak hanya efek fototoksik, seledri mengandung 30 mg sodium dalam setiap 40 gram. Saat mengonsumsinya, Anda perlu memperhatikan takaran yang tepat. Sebab jus seledri bisa menimbulkan efek samping yang terkait dengan konsumsi tinggi sodium, seperti kenaikan tekanan darah dan kelebihan cairan tubuh.

Lantas apakah jus seledri dapat tetap diminum? Tentu efek samping jus seledri dihindari bila dikonsumsi dalam porsi yang tepat. 

Membuat jus seledri dengan porsi yang tepat

jus seledri

Porsi yang tepat dalam mengonsumsi jus seledri tentu mendatangkan kebaikan untuk kesehatan tubuh. Healthline merekomendasikan konsumsi harian jus seledri dapat dikonsumsi 473 ml. Bila tertarik untuk mencobanya, Anda bisa  mengikuti cara berikut.

Bahan

  • 8-9 batang seledri yang sudah diberikan dan dipotong
  • 1/2 potong apel hijau (opsional)
  • 1 sendok teh perasan lemon (opsional)

Cara membuat

  • Hancurkan seledri dan apel hijau menggunakan juicer
  • Campurkan perasan lemon
  • Sajikan di dalam gelas dan tambahkan es batu (opsional)

Anda bisa mencoba cara di atas untuk minum jus seledri pada pagi hari. Porsi tersebut dapat menghindari Anda dari efek samping jus seledri.

Namun, perlu diketahui bahwa jus seledri tidak dapat melancarkan sistem pencernaan. Ketika sayur ataupun buah disajikan dalam segelas jus, tak ada serat yang terkandung di dalamnya.

Ada baiknya minum jus seledri atau jus lainnya diiringi dengan asupan beragam sayur dan buah. Sehingga Anda bisa merasakan manfaat seratnya.

Baca Juga:

Sumber