home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Alasan untuk Rutin Minum Jus Buah Bit Sebelum Berolahraga

4 Alasan untuk Rutin Minum Jus Buah Bit Sebelum Berolahraga

Akhir-akhir ini, manfaat buah bit semakin banyak dikenal. Bagi Anda yang berprofesi sebagai atlet atau sekadar gemar berolahraga, bit ternyata juga menawarkan khasiat menakjubkan untuk performa Anda. Inilah mengapa banyak atlet olimpiade rutin minum jus buah bit sebelum mulai olahraga.

Namun, apakah manfaat tersebut benar terbukti secara ilmiah?

Apa saja zat gizi yang terkandung dalam jus buah bit?

jus buah bit
Sumber: Insprired Taste

Buah bit merupakan bahan pangan rendah kalori yang mengandung berbagai zat gizi penting.

Dengan mengonsumsi buah ini, Anda bisa mendapatkan asupan 100 kalori ditambah karbohidrat, protein, serat, dan antioksidan.

Jika Anda mencari sumber vitamin dan mineral, buah bit harus ada dalam daftar teratas Anda. Pasalnya, buah berwarna merah pekat ini kaya akan folat (vitamin B9), vitamin C, mangan, kalium, serta zat besi.

Selain zat gizi makro dan mikro, buah bit juga mengandung antioksidan seperti betain, nitrat, dan vulgaxanthin.

Berbagai senyawa ini berperan dalam pembelahan sel, fungsi hati, dan pembuatan karnitin yang penting untuk membentuk otot atlet.

Mengenal Berbagai Jenis Minuman Olahraga dan Fungsinya

Manfaat minum jus buah bit sebelum olahraga

Sudah saatnya Anda yang gemar berolahraga rutin minum jus buah bit, paling tidak satu gelas per hari. Dengan minum jus buah bit setiap hari, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat berikut ini.

1. Menambah stamina

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari University of Exeter dan Peninsula Medical School, Inggris, minum jus buah bit mampu meningkatkan stamina dan ketahanan fisik.

Para peserta penelitian ini diminta untuk rutin minum jus buah bit selama 6 hari berturut-turut sebelum melakukan olahraga berat.

Setelah itu, ternyata peserta mampu berolahraga kira-kira 16 persen lebih lama dari sebelum mereka rutin minum jus bit.

Hal ini lantaran bit kaya akan nitrat yang bisa berubah menjadi nitrat oksida dalam tubuh.

Nitrat membantu memaksimalkan pemakaian oksigen selama Anda beraktivitas. Maka dari itu, tubuh tidak mudah kehilangan oksigen dan Anda tidak cepat lelah saat olahraga.

2. Meningkatkan kekuatan otot

latihan untuk menguatkan otot punggung

Selain menambah stamina, jus bit juga baik untuk membentuk kekuatan otot.

Sebuah penelitian oleh para pakar dari Washington University School of Medicine, Amerika Serikat, berhasil membuktikan hal ini.

Dua jam setelah minum jus buah bit, para peserta penelitian rupanya menunjukkan peningkatan kekuatan otot hingga sebesar 13 persen. Lagi-lagi, manfaat ini berasal dari kandungan nitrat yang tinggi.

Meminum jus buah bit sebelum olahraga akan memberikan tubuh Anda asupan nitrat.

Nitrat mampu melancarkan aliran darah pada pembuluh vena dan arteri. Darah yang penuh oksigen pun akan meningkatkan fungsi serta kekuatan otot Anda.

Jadi, buah bit adalah salah satu makanan yang membantu membentuk otot.

3. Meningkatkan performa saat berolahraga

Sebuah penelitian lain dalam European Journal of Applied Physiology pun menemukan manfaat buah bit untuk performa atlet.

Pada penelitian tersebut, minum jus buah bit sebelum berlari mampu meningkatkan kecepatan lari para atlet hingga 1,5 persen.

Temuan lainnya pada 2014 pun mencatat bahwa para atlet yang minum segelas jus bit sebelum bersepeda mengalami peningkatan kecepatan sampai 3 persen.

Tak hanya itu, para atlet sepeda juga dapat mengayuh pedal lebih kuat dari sebelumnya.

Khasiat ini berasal dari kandungan nitrat dalam buah bit. Nitrat bekerja dengan menjaga volume oksigen dalam darah dan meningkatkan aliran darah menuju otot.

Dengan cara ini, tubuh mampu mempertahankan performanya saat melakukan aktivitas fisik.

4. Berpotensi membantu performa atlet di ketinggian

kebiasaan yang bikin cepat kurus

Berolahraga di ketinggian terasa lebih berat, sebab otot Anda harus beradaptasi dengan kadar oksigen yang lebih tipis.

Anda mungkin akan lebih cepat lelah saat berolahraga atau terengah-engah ketika melakukan latihan rutin.

Ada sebuah penelitian kecil yang mempelajari efek minum jus buah bit sebelum olahraga di ketinggian.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kadar nitrat darah para atlet meningkat meskipun tidak ada perubahan dalam performa lari.

Nah, penelitian tentang manfaat buah bit bagi atlet di ketinggian memang masih menunjukkan hasil yang sangat beragam.

Meski begitu, kadar nitrat darah yang meningkat mungkin saja memiliki potensi lain bagi para atlet.

Banyak atlet atau penggemar olahraga minum jus buah bit sebelum mulai beraktivitas fisik. Rupanya ini karena buah bit mengandung zat gizi dan antioksidan yang membantu meningkatkan performa fisik.

Namun, minum jus saja tidaklah cukup untuk membuat Anda mahir olahraga dalam sekejap.

Tetap lakukan latihan secara rutin, cukupi kebutuhan gizi untuk olahraga, dan jadikan jus buah bit sebagai suplemen yang mendukung kinerja tubuh Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Betaine Information | Mount Sinai – New York. (2021). Retrieved 24 August 2021, from https://www.mountsinai.org/health-library/supplement/betaine

Dietary Nitrate and Physical Performance. (2021). Annual Review Of Nutrition. Retrieved from https://www.annualreviews.org/doi/10.1146/annurev-nutr-082117-051622

Thompson, C., Wylie, L., Fulford, J., Kelly, J., Black, M., & McDonagh, S. et al. (2015). Dietary nitrate improves sprint performance and cognitive function during prolonged intermittent exercise. European Journal Of Applied Physiology, 115(9), 1825-1834. doi: 10.1007/s00421-015-3166-0

Clifford, T., Howatson, G., West, D., & Stevenson, E. (2015). The Potential Benefits of Red Beetroot Supplementation in Health and Disease. Nutrients, 7(4), 2801-2822. doi: 10.3390/nu7042801

Domínguez, R., Cuenca, E., Maté-Muñoz, J., García-Fernández, P., Serra-Paya, N., & Estevan, M. et al. (2017). Effects of Beetroot Juice Supplementation on Cardiorespiratory Endurance in Athletes. A Systematic Review. Nutrients, 9(1), 43. doi: 10.3390/nu9010043

Josh Timothy Arnold, Samuel James Oliver, Tammy Maria Lewis-Jones, Lee John Wylie, and Jamie Hugo Macdonald. Beetroot juice does not enhance altitude running performance in well-trained athletes. Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism. 40(6): 590-595. https://doi.org/10.1139/apnm-2014-0470

Muggeridge, D., Howe, C., Spendiff, O., Pedlar, C., James, P., & Easton, C. (2014). A Single Dose of Beetroot Juice Enhances Cycling Performance in Simulated Altitude. Medicine & Science In Sports & Exercise, 46(1), 143-150. doi: 10.1249/mss.0b013e3182a1dc51

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x