Cara Tepat Memasak Kulit Ikan Salmon Supaya Nutrisinya Tetap Terjaga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ketika makan ikan salmon, hampir semua orang hanya menyantap bagian dagingnya saja dan membuang kulitnya karena dirasa tidak berguna. Eits, jangan salah, kulit ikan salmon juga tak kalah bergizi, lho! Namun sebelum Anda menyantapnya, Anda harus tahu dulu cara pengolahan yang tepat saat memasak kulit salmon agar tetap sehat dan lezat.

Kandungan gizi dan manfaat kulit ikan salmon

kulit ikan salmon

Dilansir dari Healthline, ikan salmon termasuk jenis ikan yang padat nutrisi, baik pada daging maupun kulitnya. Dilihat dari kandungan gizinya, setiap satu porsi (18 gram) kulit ikan salmon goreng mengandung 100 kalori, 7 gram lemak, dan 10 gram protein.

Ikan salmon juga mengandung 4,023 miligram (mg) asam lemak omega-3, termasuk di bagian kulitnya. Jenis asam lemak inilah yang membuat tubuh ikan salmon tetap hangat saat berada di laut.

Bukan hanya bermanfaat bagi ikan salmon itu sendiri, kandungan asam lemak omega-3 ini juga terkenal bermanfaat bagi tubuh manusia. Asam lemak omega-3 diperlukan tubuh untuk meningkatkan kesehatan jantung, melindungi otak dari degenerasi, menjaga kulit tetap kenyal dan sehat, serta menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

Karena nutrisinya yang melimpah inilah, ikan salmon menjadi salah satu jenis ikan yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, setara dengan Badan POM di Indonesia. Bahkan, FDA menganjurkan masyarakat untuk makan ikan salmon setidaknya 2-3 porsi setiap minggu untuk meraih manfaat ikan salmon secara maksimal.

Begini cara tepat memasak kulit ikan salmon

Bukan cuma dagingnya, kulit ikan salmon juga aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi, sebaiknya pastikan dulu ikan salmon yang Anda dapatkan dalam kondisi yang baik. Sebab bagaimanapun, salmon rentan terkontaminasi oleh polychlorinated biphenyls (PCBs), suatu zat karsinogen yang dapat memicu kanker dan cacat lahir.

Itulah sebabnya, penting untuk mengolah kulit ikan salmon dengan tepat sebelum memakannya. Hal ini bukan cuma bermanfaat untuk menghindari zat kontaminan pada salmon, tapi juga memaksimalkan penyerapan nutrisi dari salmon itu sendiri.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan saat memasak kulit ikan salmon, yaitu masak kulit salmonnya saja atau dimasak bersamaan dengan daging salmon. Namun ada baiknya, masak salmon yang masih dilapisi oleh kulitnya ketimbang mengulitinya terlebih dahulu.

Memasak salmon yang masih dilapisi oleh kulit dapat menjaga kandungan nutrisi dan minyak di dalam daging salmon. Selain itu, kulit salmon juga dapat melindungi lapisan daging di bawahnya agar tidak gosong saat dimasak.

Tidak masalah juga kalau Anda ingin memasak kulit salmon goreng yang renyah dan kering. Selain dimasak sebagai lauk pauk, kulit salmon goreng juga bisa dijadikan camilan sehat nan mengenyangkan, lho!

Supaya lebih sehat dan nutrisinya tetap terjaga, perhatikan cara menggoreng kulit ikan salmon berikut ini.

  1. Pisahkan kulit dari daging ikan salmon.
  2. Potong kulit salmon menjadi kecil-kecil, panjangnya sekitar 2,5 sentimeter (cm). Tepuk-tepuk kulit salmon dengan tisu kertas sampai kulit salmonnya kering.
  3. Masukkan minyak zaitun atau minyak canola ke dalam wajan. Gunakan api sedang-tinggi dan tunggu sampai panas.
  4. Masukkan potongan kulit ikan salmon yang sudah kering ke dalam wajan.
  5. Goreng kulit salmon sampai matang dan renyah. Jangan lupa dibolak-balik supaya kedua sisinya matang merata dan tidak gosong.
  6. Angkat kulit salmon yang sudah matang, lalu tiriskan di atas tisu. Biarkan selama beberapa saat untuk menghilangkan minyak berlebih.
  7. Tambahkan sedikit garam atau bumbu BBQ secukupnya sesuai selera.
  8. Sajikan sebagai lauk atau camilan.

Bagi Anda yang punya tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya tidak perlu lagi menambahkan garam atau bumbu lainnya ke dalam sajian kulit salmon. Sebab, kulit salmon sendiri sudah mengandung natrium tinggi yang bisa semakin menaikkan tekanan darah Anda.

Selain digoreng, kulit ikan salmon juga bisa dimasak dengan cara dipanggang supaya lebih sehat dan mengurangi penggunaan minyak. Proses persiapannya pun tak jauh berbeda dengan saat Anda ingin menggoreng kulit salmon.

Caranya, potong kulit ikan salmon menjadi bagian kecil-kecil, lalu panggang dengan minyak zaitun dan potongan tomat atau kentang di dalam oven. Rasanya dijamin tak kalah lezat dan bergizi tentunya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Antara Dada dan Paha Ayam, Mana yang Lebih Banyak Gizinya?

Paha ayam lebih murah dan lebih mudah untuk diolah. Di sisi lain, dada ayam lebih ekonomis karena dagingnya lebih banyak. Bagaimana dari sisi kesehatannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Nutrisi, Hidup Sehat 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Nutrisi memegang peranan yang besar untuk mencegah kemungkinan risiko COVID-19. Yuk, cari tahu nutrisi utama yang perlu ditambahkan dalam menu harian Anda.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 30 Juli 2020 . Waktu baca 9 menit

13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

Banyak yang mengira makan makanan sehat itu susah dan perlu banyak usaha, jadi orang yang sibuk tidak akan bisa. Padahal, kenyataannya tidak begitu.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juli 2020 . Waktu baca 12 menit

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Dori Lokal (Patin), Plus Resep Sehatnya untuk Variasi Menu Makan

Suka makan fillet ikan dori goreng di kafe-kafe kekinian? Psst... Tahu tidak kalau sebenarnya ikan dori itu tidak boleh dimakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 19 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
wanita aktif karena rutin berolahraga dan mengonsumsi suplemen cegah osteoporosis

Cari 3 Kandungan Suplemen Ini untuk Cegah Osteoporosis

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
lansia bermain di pantai berkat kesehatan yang baik, seperti menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan probiotik

Begini Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan Lansia

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
multivitamin gummy dewasa

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
diet tinggi serat

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit