Berapa Kali Harus Membersihkan Peralatan Rumah Tangga?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Hampir semua peralatan rumah tangga digunakan setiap harinya oleh anggota keluarga. Maka dari itu, menjaga kebersihan peralatan rumah tangga sangatlah penting. Peralatan rumah tangga yang bersih akan membuat tubuh Anda sekeluarga menjadi sehat. Lalu bagaimana cara membersihkan peralatan rumah tangga yang benar? Baiknya sesering apa kita harus membersihkannya?

Membersihkan peralatan rumah tangga di dapur

1. Bak atau tempat cuci piring dan peralatan masak

Bak cuci piring merupakan salah satu pusat bakteri di rumah, beserta peralatan dapur lain seperti spons atau lap. Oleh karena itu, menjaga kebersihan bak cuci piring itu penting. Bersihkan peralatan memasak dari sisa-sisa makanan setiap kali selesai masak. Bersihkan piring kotor serta peralatan masak lainnya yang kotor dengan cairan disinfektan. Setelah peralatan masak dan makan sudah bersih, rendam bak cuci piring dengan air dan sabun atau cairan antibakteri. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan air dan keringkan dengan lap bersih.

2. Spons cuci piring

Spons digunakan untuk mencuci piring, tapi bukan berarti spons bebas dari bakteri yang ada di dapur. Justru spons bisa menjadi sarang bakteri yang ada di dapur. Bakteri akan berkembang biak di tempat yang lembap dan hangat, sesuai dengan kondisi spons cuci piring.

Untuk membunuh bakteri rendam spons di dalam air yang telah diberi cairan disinfektan. Diamkan selama beberapa menit, lalu angkat dan keringkan. Anda bisa juga memanaskan spons di dalam microwave selama satu atau dua menit pada suhu tinggi. Kemudian keluarkan spons dan angin-anginkan hingga dingin. Setelah itu Anda bisa menggunakannya lagi untuk mencuci piring.

Namun, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengganti spons Anda seminggu sekali. Sebenarnya pun daya pakai spons tidak terlalu lama. Anda sebaiknya mengganti spons setiap satu hingga tiga minggu sekali. Jika spons sudah berbau atau rontok, itu tandanya sudah perlu diganti meskipun belum lama digunakan karena kemampuan membersihkannya tidak lagi maksimal.

3. Kompor gas

Kompor gas juga tidak luput dari bakteri, terutama di bagian knop kompor gas yang memungkinkan bakteri berpindah ke jari-jari Anda. Bersihkan kompor dengan melepaskan beberapa bagiannya seperti tungku kompor, knop untuk menyalakan kompor, kemudian bersihkan dengan sabun dan air hangat.

Membersihkan peralatan rumah tangga di kamar mandi

Berbagai bakteri pada tubuh akan hilang terbawa air saat Anda mandi. Namun, tidak semua bakteri terbawa hingga saluran pembuangan. Sebagian bakteri ada yang tetap menempel, terutama di permukaan yang lembap.

Bersihkan bak mandi dan seluruh sudut kamar mandi anda setidaknya seminggu sekali. Cara membersihkan bak mandi dapat menggunakan disinfektan pada lantai kamar mandi dan seluruh bak mandi dan sekitar pancuran air. Sikat permukaannya lalu bilas bersih dengan air. Daerah sekitar keran air dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

Saat membersihkan peralatan rumah tangga, sebaiknya Anda menggunakan masker penutup hidung dan mulut, sarung tangan plastik, dan pakaian lengan panjang. Ini supaya Anda tidak menghirup bahan-bahan kimia berbahaya dari alat pembersih rumah tangga seperti karbol sekaligus mencegah alergi debu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit