backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Merk Baking Soda Terbaik untuk Segala Keperluan

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 17/10/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Merk Baking Soda Terbaik untuk Segala Keperluan

Baking soda atau soda kue umumnya digunakan untuk mengembangkan adonan kue. Namun, bahan ini juga ampuh untuk keperluan rumah tangga hingga mengatasi masalah kesehatan. Berikut ini beberapa rekomendasi merk baking soda yang dapat Anda coba.

Cara kami memilih produk baking soda yang bagus

manfaat baking soda untuk kecantikan

Baking soda yang juga disebut natrium bikarbonat atau natrium hidrogen karbonat (NaHCO3) adalah bahan tambahan pangan untuk membuat adonan kue lebih mengembang.

Tidak hanya itu, soda kue juga dikenal sebagai bubuk serbaguna yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga hingga kesehatan.

Bubuk ini bersifat abrasif ringan sehingga mampu membersihkan noda pada permukaan perabotan rumah. Soda kue juga ampuh menghilangkan bau dari pakaian dan karpet.

Sementara itu, manfaat baking soda untuk kecantikan dan kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam.
  • Menghaluskan bagian tumit dan telapak kaki yang pecah-pecah.
  • Mencegah rambut lepek dengan mengendalikan produksi minyak pada akar rambut.
  • Menghilangkan bau badan karena mampu bekerja sebagai deodoran alami.
  • Memutihkan gigi dengan mengangkat plak dan kotoran pada permukaan gigi.
  • Mengendalikan pertumbuhan bakteri dan plak pada rongga mulut.

Dalam memilih merk baking soda yang bagus, kami telah melakukan riset dengan membaca ulasan pembeli dari beberapa situs e-commerce di Indonesia.

Kami juga telah memastikan bahwa produk yang kami rekomendasikan ini aman untuk Anda gunakan karena telah terdaftar dan memperoleh izin edar dari BPOM.

9 rekomendasi merk baking soda terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk baking soda atau soda kue yang mudah untuk ditemukan, baik di toko maupun e-commerce favorit Anda.

1. Koepoe Koepoe Soda Kue

Koepoe-Koepoe punya beberapa produk bumbu dan keperluan dapur berkualitas terbaik, salah satunya ialah soda kue sebagai pengembang aneka makanan.

Dengan bahan dan teknik pengolahan yang berkualitas tinggi, Koepoe Koepoe Soda Kue dapat Anda gunakan untuk mengembangkan adonan kue, bolu, biskuit, dan martabak.

Kandungan natrium bikarbonat dalam produk ini juga ampuh sebagai deodoran alami. Bahan ini mampu menyerap bau tidak sedap dan menghambat pertumbuhan bakteri pada tubuh.

Nomor registrasi BPOM: MD 223132001500126

2. Baker’s Pride Pure Baking Soda

Baker’s Pride Pure Baking Soda adalah natrium bikarbonat berkualitas tinggi yang dapat memberikan hasil sempurna pada adonan kue dan roti Anda.

Di sisi lain, produk ini juga bermanfaat sebagai pembersih serbaguna untuk membersihkan dan menghilangkan bau tidak sedap dari perabotan rumah tangga.

Produk baking soda ini dikemas dalam kemasan resealable ziplock. Kemasan ini dapat dibuka dan ditutup kembali sehingga bisa Anda gunakan dalam waktu lebih lama.

Nomor registrasi BPOM: MD 279028099354

3. Cap Djepati Soda Kue Premium

Cap Djepati Soda Kue Premium merupakan bahan pengembang adonan kue yang terbuat dari bahan berkualitas.

Supaya adonan mengembang maksimal, soda kue ini harus ditambahkan dengan asam, seperti dengan putih telur, yoghurt tawar, maupun cuka apel.

Tak hanya untuk adonan kue, produk ini juga bisa Anda gunakan untuk perawatan diri, misalnya memutihkan gigi yang tampak kusam.

Produk ini dikemas dalam botol premium yang punya dua jenis lubang, yaitu satu lubang besar dan beberapa lubang kecil, untuk memudahkan pemakaiannya.

Nomor registrasi BPOM: MD 279028061187

4. Arm & Hammer Pure Baking Soda

Arm & Hammer Pure Baking Soda merupakan produk baking soda terbaik dari Amerika Serikat yang menjadi pilihan utama untuk membersihkan rumah secara alami.

Baking soda ini dapat Anda gunakan untuk menghilangkan noda membandel pada wastafel, panci, dan oven. Produk ini juga efektif menghilangkan bau dari lemari es, sepatu, dan karpet.

Perlu diingat, produk natrium hidrogen karbonat dari Arm & Hammer ini juga memiliki label food grade sehingga aman digunakan untuk keperluan memasak.

Nomor registrasi BPOM: ML 379009329347

5. Cap Cendrawasih Baking Soda

Tak hanya untuk keperluan membuat kue, Cap Cendrawasih Baking Soda juga bisa Anda pakai untuk meredakan ruam dan mengatasi infeksi pada kulit.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Current Microbiology (2014) menyebutkan natrium bikarbonat memiliki sifat antijamur yang mampu membunuh jamur Candida penyebab infeksi.

Untuk mandi dengan baking soda, Anda cukup mencampur ¼–2 cangkir baking soda ke dalam bathtub berisi air hangat dan berendam selama setidaknya 40 menit.

Nomor registrasi BPOM: MD 279013063300

6. Hercules Baking Powder

Selain natrium hidrogen karbonat sebagai pengembang, Hercules Baking Powder juga memiliki kandungan bahan aktif lain, yakni kalsium karbonat dan dinatrium difosfat.

Kedua bahan pada merk soda kue terbaik ini bekerja sebagai “double agent” yang akan melepaskan lebih banyak gas karbon dioksida (CO2) selama pembuatan kue.

Dengan lebih banyaknya gas yang dihasilkan, tekstur kue buatan Anda akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan memakai baking soda biasa.

Nomor registrasi BPOM: MD 578931018363

7. Pakmaya Soda Kue

Pakmaya Soda Kue mengandung natrium bikarbonat berkualitas tinggi yang akan menghasilkan kue yang lezat dan dengan tekstur sempurna.

Produk yang sudah bersertifikat halal MUI dan BPOM ini dapat Anda gunakan untuk membuat kue yang dikukus atau dipanggang, seperti bolu, kue kering, dan martabak.

Nomor registrasi BPOM: ML 379013015084

8. Cap Nonik Soda Kue

Cap Nonik Soda Kue adalah pilihan praktis untuk membuat adonan kue yang lezat dan ringan. 

Produk ini mengandung natrium bikarbonat yang bersifat basa. Oleh sebab itu, sebagian orang kerap kali menggunakan baking soda untuk mengatasi asam lambung naik.

Baking soda punya fungsi yang sama dengan obat antasida untuk menetralkan asam lambung. Produk ini membantu meredakan gejala, seperti perut kembung dan heartburn.

Meski begitu, produk ini tidak boleh Anda gunakan untuk pengobatan jangka panjang. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan resep obat yang tepat.

Nomor registrasi BPOM: MD 223732000200442 

9. Mamata Brand Baking Soda

Selain untuk mengembangkan adonan kue, Mamata Brand Baking Soda juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan memasak Anda sehari-hari.

Penggunaan soda kue ampuh mempercepat proses pengempukan daging, menjaga kesegaran ikan, dan mempertahankan warna hijau dari sayuran saat direbus.

Baking soda dari Mamata Brand juga bisa Anda pakai sebagai pembersih alami untuk berbagai benda, seperti meja, lantai, hingga peralatan masak.

Nomor registrasi BPOM: MD 879002054159

Itulah beberapa rekomendasi merk baking soda terbaik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Soda kue bisa digunakan selama enam bulan hingga satu tahun setelah kemasan dibuka. Agar kualitasnya terjaga, simpan produk ini dalam wadah yang kering dan kedap udara.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 17/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan