Tampil cantik di segala kesempatan adalah keinginan hampir semua wanita‎. Tak heran jika mereka sering mengaplikasikan makeup bahkan saat olahraga. Tapi bagaimana jika olahraga yang ingin dilakukan adalah berenang, menyelam, atau olahraga lainnya yang bersentuhan dengan air? ‎

Hmmm… Anda jangan khawatir! Pasalnya ada cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tampilan makeup agar tetap menawan saat berenang. Yup! dengan memakai produk makeup yang waterproof atau anti air. Berikut ini beberapa tips makeup untuk berenang yang bisa Anda coba!

1. Pakai tabir surya

Saat berolahraga di luar ruangan, pastikan wajah Anda terlindungi dari bahaya sinar matahari sehingga tidak terbakar karena terpapar matahari terlalu lama. Nah, itu sebabnya, tips makeup untuk berenang yang pertama adalah sangat penting untuk menggunakan tabir surya sebelum menggunakan makeup dasar seperti primer ataupun foundation. Setelah memastikan wajah dalam keadaan bersih, Anda bisa mengoleskan tabir surya yang khusus dipakai untuk makeup, ke bagian wajah dan leher secara tipis-tipis.

2. Gunakan primer

Selain itu, tips makeup untuk berenang yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah jangan lupa untuk menggunakan primer untuk menutupi noda di wajah. Penggunaan primer ini merupakan salah satu cara  yang tepat untuk menahan seluruh makeup agar tetap awet di wajah, baik di dalam air maupun untuk digunakan sehari-hari. Namun pastikan bila formulanya waterproof dan water base, ya!

3. Hindari produk makeup bubuk

Produk makeup yang bertekstur krim lebih tahan air daripada makeup yang berbentuk bubuk. Pasalnya produk yang berbentuk bubuk kebanyakan memang ampuh menyerap minyak sehingga lebih mudah menyerap keringat namun sayangnya tidak tahan dengan air. Itu sebabnya, jika Anda ingin melakukan olahraga renang, sebaiknya Anda memakai produk makeup yang berbahan krim untuk blush on dan eyeshadow karena akan lebih tahan lama.

4. Lindungi bibir dengan lip balm

Ketika Anda berenang, jangan lupa pakai perona bibir supaya bibir terlihat lebih segar. Anda bisa melengkapi penampilan Anda dengan menggunakan lipstik yang mengandung SPF. Selain itu, pilihlan pewarna bibir yang terang dengan warna pink dan peach lembut yang mendekati warna bibir alami Anda.  Jangan lupa lindungi bibir dengan produk lip balm atau lip stain, untuk menghindari terkena paparan matahari juga yang bisa menyebabkan pecah-pecah akibat kekeringan.

5. Pilih warna eyeliner yang berani

Jika Anda menyukai tampilan yang berani, Anda bisa mengaplikasikan eyeliner yang berwarna aqua-blue (kebiruan) atau sea-green (kehijauan) yang membuat garis mata Anda lebih hidup. Namun jika Anda tidak suka dengan tampilan yang mencolok, Anda bisa menggunakan eyeliner pada umumnya seperti warna cokelat dan hitam.

6. Aplikasikan bronzer

Anda bisa meningkatkan penampilan Anda dengan menciptakan kilau alami seperti terkena sinar matahari dengan menggunakan bronzer. Untuk hasil yang profesional dan tampak alami, aplikasikan bronzer pada area wajah yang sering terkena sinar matahari seperti di pipi, hidung, pelipis dan dahi Anda.

7. Jangan gunakan produk makeup setiap hari

Menggunakan produk makeup yang mengandung silikon, polimer dan silika memang bisa membuat makeup tahan lama dan tentunya tahan air. Namun jika digunakan setiap hari secara terus-menerus, penggunaan makeup tersebut nantinya akan membuat kulit Anda mengalami iritasi, jerawat, dan bahkan reaksi alergi dalam jumlah banyak akibat kontaminasi penggunaan produk makeup dengan air kolam.

Itu sebabnya, tips makeup untuk berenang yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah, sebaiknya Anda menggunakan produk makeup yang mengandung silikon dan bahan lainnya yang berbasis air secukupnya saja atau hanya saat tertentu.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca