5 Tips Memilih Sunscreen untuk Anda yang Kulitnya Mudah Berjerawat

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 20/09/2019
Bagikan sekarang

Meski dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, beberapa bahan dalam sunscreen mungkin tidak sesuai untuk Anda yang punya kulit mudah berjerawat. Jenis sunscreen tertentu malah bisa menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat baru. Karenanya, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih produk perawatan kulit yang satu ini.

Memilih sunscreen terbaik tanpa risiko berjerawat

Memiliki kulit mudah berjerawat tidak serta-merta membuat Anda harus menghindari sunscreen. Memakai sunscreen tetaplah penting, sebab paparan sinar matahari pada kulit yang tak terlindungi dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih sunscreen untuk kulit berjerawat.

1. Berbahan dasar mineral

sunscreen untuk kulit kepala

Sunscreen terbagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah sunscreen kimia yang mengandung oxybenzone, octinoxate, octocrylene, dan bahan kimia sejenis lainnya.

Sementara, jenis satunya adalah sunscreen mineral yang dibuat dari titanium dioksida dan zink dioksida.

Keduanya aman untuk kulit. Namun, sunscreen mineral dinilai lebih bersahabat untuk pemilik kulit sensitif dan mudah berjerawat.

Ini disebabkan karena bahan-bahan dalam sunscreen kimia dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi begitu terserap oleh kulit.

2. Terdapat label non-komedogenik

Saat membeli sunscreen, pastikan Anda membaca keterangan pada label kemasannya. Pilihlah sunscreen dengan keterangan non-komedogenik. Artinya, produk ini telah dirancang sedemikian rupa agar tidak menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak memilih sunscreen yang mengandung banyak minyak ata parfum apabila Anda cenderung mudah berjerawat.

3. Tekstur ringan dan encer

sunscreen untuk eksim

Sunscreen berbentuk krim dan losion kental cocok bagi pemilik kulit normal serta kering. Sebaliknya, Anda yang memiliki kulit mudah berjerawat justru perlu menghindari jenis sunscreen kental seperti ini.

Carilah sunscreen yang tidak kental dan mudah dioleskan pada kulit. Hindari sunscreen berbentuk krim yang membuat kulit terasa tebal atau lengket.

Pilihlah sunscreen lebih encer berbentuk cairan, gel, atau semprotan. Jenis sunscreen ini sesuai untuk pemilik kulit berjerawat karena mudah terserap tanpa harus menutup pori-pori.

Anda pun bisa menggunakannya pada area tubuh yang ditumbuhi rambut.

4. Memiliki perlindungan yang luas

pakai sunscreen

Matahari memancarkan dua jenis radiasi, yakni UVA dan UVB. Paparan sinar UVA dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini, dan memicu kanker. Sementara itu, sinar UVB adalah sinar yang membuat kulit Anda menjadi gelap dan terbakar.

Beberapa jenis sunscreen hanya melindungi kulit dari satu jenis sinar UV. Namun, sunscreen berspektrum luas cocok untuk pemilik kulit mudah berjerawat karena dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus.

5. Disertai SPF 30

SPF atau Sun Protection Factor menentukan kemampuan produk dalam melindungi kulit dari sinar UVB. Semakin tinggi SPF suatu produk, semakin besar perlindungannya terhadap kulit Anda.

Sunscreen dengan SPF 15 sudah dapat melindungi kulit dari terbakar matahari, baik untuk pemilik kulit normal ataupun berjerawat. Akan tetapi, Anda idealnya memilih produk dengan SPF 30 ke atas untuk mendapatkan perlindungan optimal.

Memilih sunscreen mungkin bukanlah perkara sulit bagi pemilik kulit normal. Namun, Anda yang memiliki kulit mudah berjerawat tentu perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk menghindari efek sampingnya.

Perhatikan kandungan, tekstur, sifat komedogenik, dan kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit. Bila Anda mengalami kendala, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan produk sunscreen yang tepat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Pakai Tabir Surya tapi Kulit Masih Menghitam, Kenapa Begitu?

Tabir surya sudah digunakan, tetapi kulit masih saja bisa menghitam? Berikut beberapa kesalahan saat memakai tabir surya yang mungkin jadi penyebabnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

Kulit Sudah Keriput, Masih Perlukah Pakai Skincare di Usia Senja?

Meski kulit lansia umumnya sudah keriput, bukan berarti tidak perlu merawat kulit. Rejime perawatan kulit untuk lansia tidak serumit milik anak muda, kok!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

5 Poin Penting Dalam Memilih Sunscreen untuk Kulit Eksim

Suncreen wajib digunakan sebelum beraktivitas, apalagi bagi orang dengan masalah eksim. Agar tak keliru, begini cara tepat memilih sunscreen untuk eksim.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Direkomendasikan untuk Anda

arti SPF dan PA dalam sunscreen

Apa Arti SPF dan PA pada Tabir Surya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 12/04/2020
kesalahan memakai sunscreen

4 Kesalahan Umum Memakai Sunscreen Pada Wajah

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 07/02/2020
sabun muka untuk jerawat

Panduan Memilih Sabun Muka Terbaik untuk Wajah Berjerawat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 24/01/2020
makeup spf melindungi kulit

Makeup Mengandung SPF Cukup Untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV ?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 30/12/2019